IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PROGRAM TAHFIZ PONDOK PESANTREN ATTAUFIQ PETAPAHAN

Nopira Safitri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi metode talaqqi dan sistem murajaah terstruktur dalam menghasilkan kualitas hafalan Al-Qur'an yang tinggi di Pondok Pesantren Attaufiq Petapahan. Keberhasilan luar biasa pesantren ini menjadi anomali positif mengingat berbagai kendala teoretis yang umumnya dihadapi lembaga tahfiz, seperti minimnya waktu murajaah terstruktur, perbedaan kemampuan kognitif santri, dan kesulitan penerapan tajwid yang tepat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan ustadz dan santri, serta dokumentasi program tahfiz. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dengan triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi diimplementasikan melalui penyetoran individual dengan penilaian multidimensi mencakup kelancaran, tajwid, dan tahsin, didukung kompetensi ustadz yang mumpuni dan pendekatan pembelajaran personal-adaptif. Sistem murajaah terstruktur dilaksanakan pada waktu wajib setelah salat subuh, asar, dan magrib dengan bimbingan intensif ustadz dalam format halaqah, menggunakan variasi teknik murajaah (tartil, hadr, bil ghaib, binnadhar) dan terintegrasi dengan ibadah harian. Kedua komponen ini membentuk ekosistem pembelajaran komprehensif yang menghasilkan hafalan berkualitas tinggi dan terjaga dalam jangka panjang. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis berupa model pembelajaran tahfiz terintegrasi dan kontribusi praktis sebagai best practice yang dapat direplikasi lembaga tahfiz lainnya, sejalan dengan pencapaian SDGs goal 4 tentang pendidikan berkualitas.


Keywords


Metode Talaqqi; Sistem Murajaah Terstruktur; Kualitas Hafalan Al-Qur'an

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2024). Kompetensi ustadz dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an: Analisis pedagogik dan spiritual. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 45–62. https://doi.org/10.15642/jpi.2024.15.1.45-62

Aziz, A. (2023). Efektivitas metode pembelajaran tahfiz di pesantren modern. Islamic Education Journal, 8(2), 112–128. https://doi.org/10.21274/iej.2023.8.2.112-128

Bakar, A. (2023). Peran ustadz dalam membentuk karakter santri penghafal Al-Qur'an. Jurnal Studi Islam, 14(3), 201–218. https://doi.org/10.18326/jsi.v14i3.201-218

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publications.

Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.

Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023a). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023b). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023c). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.

Hakim, L. (2024). Urgensi murajaah dalam mempertahankan hafalan Al-Qur'an. Al-Quran Studies Journal, 7(2), 156–174. https://doi.org/10.24042/aqsj.v7i2.156-174

Hamid, A. (2023). Best practice lembaga tahfiz unggul di Indonesia. Jurnal Pendidikan Pesantren, 11(2), 89–106. https://doi.org/10.19109/jpp.v11i2.89-106

Hasanah, U. (2024). Model pembelajaran tahfiz terintegrasi: Studi multi kasus. Indonesian Journal of Islamic Education, 12(1), 34–52. https://doi.org/10.15575/ijie.v12i1.34-52

Hidayat, R. (2022). Pengaruh program KIAI terhadap kemampuan membaca Al-Quran dan pemahaman tajwid mahasiswa. Jurnal Studi Keislaman, 8(3), 189–208.

Ma'ruf, A. (2023). Sistem murajaah dalam pembelajaran tahfiz: Kajian teoritis. Journal of Quranic Studies, 8(1), 67–84. https://doi.org/10.17811/jqs.8.1.2023.67-84

Mansur, H. (2023). Faktor-faktor keberhasilan pembelajaran tahfiz Al-Qur'an. Tarbiyah Journal, 10(3), 234–251. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v10i3.234-251

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif. UI Press.

Mubarak, Z. (2023). Kondisi psikologis santri dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an. Psikologi Pendidikan Islam, 13(2), 178–195. https://doi.org/10.19109/ppi.v13i2.178-195

Muzakki, A. (2024). Inovasi metode pembelajaran tahfiz di era digital. Islamic Education Innovation, 9(1), 23–41. https://doi.org/10.21043/iei.v9i1.23-41

Nasution, S. (2023). Problematika penerapan tajwid dan tahsin dalam pembelajaran tahfiz. Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 12(2), 189–207. https://doi.org/10.15408/jiqt.v12i2.189-207

Nurdin, A. (2023). Peran bimbingan baca Al-Quran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–18.

Qosim, M. (2024). Sinergi metode pembelajaran dalam program tahfiz. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan, 7(1), 45–63. https://doi.org/10.31958/alf.v7i1.45-63

Rahman, F. (2024). Kompetensi pedagogik ustadz tahfiz Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 98–116. https://doi.org/10.14421/jpai.2024.16.1.98-116

Salim, A. (2024). Model pembelajaran tahfiz berbasis pesantren. Pesantren Studies Journal, 8(2), 134–152. https://doi.org/10.18860/psj.v8i2.134-152

Sholeh, M. (2024). Implementasi sistem murajaah dalam praktik pembelajaran tahfiz. Journal of Islamic Education Practice, 10(1), 56–73. https://doi.org/10.21111/jiep.v10i1.56-73

Syarifuddin, A. (2023). Perbedaan kemampuan kognitif santri dalam menghafal Al-Qur'an. Kognitif: Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 223–241. https://doi.org/10.24036/kognitif.v14i2.223-241

Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Rajindra, R., & Fadli, N. (2023). Spirituality as a paradigm of peace education. Multicultural Islamic Education Review, 1(1), 26-35.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Masdul, M. R., & Anwar, S. (2024). Strengthening Islamic Education Values through Kaili Da'a Local Ethnic Cultural Symbol. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 113-122.

Wahab, A. (2023). Teori dan praktik murajaah dalam pembelajaran tahfiz. Al-Bayan: Journal of Qur'an Studies, 9(2), 167–185. https://doi.org/10.18592/albayan.v9i2.167-185

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.26923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.