Perancangan Produk Fashion dengan Teknik Tenun sebagai Upaya Kreatif Mengoptimalkan Pemanfaatan Limbah Benang Rajut (Studi Kasus: Sentra Rajut Binong Jati – Bandung)

Citra Puspitasari(1*), Hasna Adams(2)

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Limbah tekstil padat pasca produksi yang bersumber dari industri tekstil menjadi salah satu material yang keberadaannya melimpah dan selalu memiliki potensi untuk terus diberdayakan secara kreatif. Industri rajut Binong Jati - Bandung selain menghasilkan produk pakaian atau aksesoris berbahan rajut turut menghasilkan limbah benang yang pemanfaatannya beragam. Umumnya limbang benang rajut dijadikan bahan isian suatu produk berbahan tekstil yang memiliki volume seperti; bantal, boneka, dan sebagainya. Lebih jauh limbah benang juga dapat diolah secara lebih kreatif dengan teknik reka rakit tekstil yaitu tenun tapestry untuk produk fashion. Pengolahan secara kreatif ini berpeluang memunculkan industri kreatif di bidang fashion khususnya yang mengangkat value fashion berkelanjutan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kampung Rajut Bingong Jati, limbah benang belum termanfaatkan dengan optimal. Pemilahan berdasarkan warna, jenis, dan ukuran benang masih menjadi bahan pertimbangan. Hal ini mengakibatkan tidak semua limbah benang yang tersedia mampu termanfaatkan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk merancang produk fashion berbahan limbah benang rajut secara lebih optimal. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode kualitatif dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini meliputi studi literatur, wawancara, observasi lapangan, dan eksperimentasi. Penelitian ini menghasilkan prototype berupa produk fashion yang memuat olahan limbah benang rajut menggunakan teknik tenun tapestry yang dapat menjadi salah satu acuan dalam memanfaatkan limbah benang secara kreatif.

Keywords


Produk Fashion; Tenun Tapestry; Limbah Benang

Full Text:

PDF

References


Adams, Hasna H. 2020. PEMANFAATAN LIMBAH BENANG SENTRA RAJUT BINONG JATI MENGGUNAKAN TEKNIK TENUN UNTUK PRODUK FASHION. Tugas Akhir, Bandung: Universitas Telkom1.

Anggriani, NIkhita Dwi. 2018. PENERAPAN OLAHAN LIMBAH KAIN TULLE DENGAN TEKNIK TAPESTRI SEBAGAI DETAIL PADA PRODUK AKSESORIS FASHION. Tugas Akhir, Bandung: Telkom University.

Arumsari, Arini. 2020. Penerapan Ethics pada Industri Fesyen Skala Menengah di Bali. Ringkasan Disertasi, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Damayanti, Kristiana Asih, and Paulina Kus Ariningsih. 2017. "Evaluasi Lingkungan dan Metode Kerja di Sentra Rajut Binong Jati." Ethos (JurnalPenelitian dan Pengabdian Masyarakat) (UNPAR) 262-268. doi:DOI: 10.29313/ethos.v5i2.2350.

Findia, Amiroh Salwa, and Arini Arumsari. 2019. "PEMANFAATAN LIMBAH KONFEKSI DI SOREANG DENGAN INSPIRASI KESENIAN SISINGAAN." Edited by Arini Arumsari. e-Proceeding of Art & Design (Universitas Telkom). https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/153252/pemanfaatan-limbah-konfeksi-di-soreang-dengan-inspirasi-kesenian-sisingaan.html.

Fletcher, Kate. 2008. Sustainable Fashion and Textiles: Design Journey. London: Earthscan.

Hallet, Clive, and Amanda Johnston. 2014. Fabric for Fashion The Complete Guide. London: Laurence King Publishing Ltd. .

Hindryawati, Noor. 2020. Fotokatalisis Dalam Pengolahan Limbah Tekstil. Yogyakarta: Deepublish.

Kennedy, Alicia, Emily Banis Stoehrer, and Jay Calderin. 2013. Fashion Design, Referenced A Visual Guide to the History, Language, and Practice of Fashion. Rockport Publishers.

Murthy, H. V. Sreenivasa. 2016. Introduction to Textile Fibres. WPI India.

Putri, Liandra Khansa Utami, and Dian Widiawati. 2020. "Eksplorasi Reka Struktur Pada Pemanfaatan Limbah Kain Twill Gabardine." Jurnal Rupa VOL 5 NO 2: 102 - 115. doi:https://doi.org/ 10.25124/rupa.v5i2.2944.

Putri, Vienca Andralia Lyana. 2017. Aplikasi Hasil Olahan Limbah Benang Sentra Rajut Binong Jati dengan Teknik Tenun Pada Aksesoris Fesyen. Laporan Tugas Akhir, Bandung: Universitas Telkom.

Rahmat, Eka Jaya, interview by Hasna H. Adams and Devita Amani. 2019. Wawancara Mengenai Kampoeng Rajoet di Sentra Rajut Binong Jati (November 18).

Shany, Hutri Devina. 2016. Eksplorasi Limbah Benang di Kawasan Industri Binong Jati Bandung dengan Teknik Sulam Tangan. Laporan Tugas Akhir, Bandung: Universitas Telkom.

Soelistyowati, and Fika Rahmi Julia. 2020. "PEMANFAATAN SISA KAIN PERCA PADA DESAIN WEARABLE ART DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAPESTRY." SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF. Surabaya: Universitas Ciputra. 82-88. https://www.uc.ac.id/envisi/wp-content/uploads/publikasifpd/ENVISIFPD-2020-P082-SOELISTYOWATI,%20FIKA%20RAHMI%20JULIA-PEMANFAATAN%20SISA%20BAHAN%20PERCA%20PADA%20DESAIN%20WEARABLE%20ART%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20TEKNIK%20TAPESTRY.pdf.

Wim, Adinda Sofiana. 2015. Pengolahan Limbah Benang dengan Teknik Modifikasi Pakan pada Struktur Tenun Polos. Laporan Tugas Akhir, Bandung: Universitas Telkom.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i3.9391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Citra Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics