Strategi Komunikasi Visual pada Iklan Animasi Khong Guan “Sebuah Kenangan Manis”

Aisyi Syafikarani(1*), Mohamad Tohir(2), Adya Mulya Prajana(3)

(1) 
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak besar pada dunia periklanan. Mengharuskan produsen untuk menemukan solusi yang dapat mengatasi hal ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan produser adalah dengan mulai menggeser strategi komunikasi visual dengan menggunakan materi yang sederhana dan efisien seperti yang dilakukan brand Khong Guan melalui iklan animasi "Sebuah Kenangan". Hal ini cukup menarik dan baru bagi khalayak karena telah terjadi pergeseran, dari iklan dalam bentuk video pada umumnya menjadi iklan dalam bentuk media animasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi visual dalam iklan animasi Khong Guan "Sebuah Kenangan". Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan mencari data melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teori analisis visual. Sehingga hasil penelitian ini 1) Dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkecimpung di dunia periklanan khususnya dalam menyusun media iklan animasi sebagai solusi periklanan di masa pandemi Covid; 2) Dapat digunakan sebagai bahan evaluasi strategi komunikasi visual dalam sebuah iklan di masa pandemi.


Keywords


periklanan; animasi; strategi komunikasi; pesan; covid-19

Full Text:

PDF

References


Benmetan, T. (2017, 1 13). Sarung, Cara Jitu Menunjukkan Identitas Bangsa. Diambil kembali dari Good News: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/01/13/sarung-cara-jitu-menunjukkan-identitas-bangsa

Hakim, I. (2020, Desember 11). Ras Mongoloid: Sejarah, Ciri, Budaya, dan Contohnya. Diambil kembali dari Insan Pelajar: https://insanpelajar.com/ras-mongoloid-sejarah-ciri-budaya-dan-contohnya/

Iwan, A. (2015, 6 24). Asal Mula Pakaian Muslim Bernama Baju Koko. Diambil kembali dari https://www.kompasiana.com/aswan67/551f8b94813311612c9df4fb/asal-mula-pakaian-muslim-bernama-baju-koko

Morissan, M. (2010). Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mrt. (2019, 10 8). Kenapa Hujan Identik dengan Galau? Ini Penjelasan Ilmiahnya. Diambil kembali dari okezone: https://lifestyle.okezone.com/read/2019/10/08/481/2114159/kenapa-hujan-identik-dengan-galau-ini-penjelasan-ilmiahnya?page=3

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rizal, J. G. (2020, Mei 20). Viral Video Iklan Khong Guan, Berikut Cerita di Balik Pembuatannya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Iklan Khong Guan, Berikut Cerita di Balik Pembuatannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/2300. Diambil kembali dari Kompas: https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/230025365/viral-video-iklan-khong-guan-berikut-cerita-di-balik-pembuatannya?page=all

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Soenarso, S. A. (2020, Juni 5). Industri media di tengah pandemi Covid-19: Trafik naik, iklan menurun. Diambil kembali dari Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/industri-media-di-tengah-pandemi-covid-19-trafik-naik-iklan-menurun

Sihombing, J. I. (2016). GAMBARAN TIPE WAJAH MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN YANG BERSUKU BATAK TOBA TAHUN 2016. FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN.

Sitinjak, Y. (2020, April 27). Dampak Covid-19, Bisnis Periklanan Terpukul hingga 35%. Diambil kembali dari Iconomics: http://www.theiconomics.com/change-management/dampak-covid-19-bisnis-periklanan-terpukul-hingga-35/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.9194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 aisyi syafikarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics