Persepsi Pemilih terhadap Desain Media Luar Ruang Saluran Komunikasi Politik pada Pilkada 2020 di Riau

Muhammad Badri(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Media luar ruang merupakan saluran komunikasi politik yang umum digunakan di Indonesia, termasuk pemilihan kepala daerah (Pilkada). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemilih terhadap media luar ruang yang digunakan untuk branding calon kepala daerah pada Pilkada 2020 di Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 225 pemilih di Riau. Studi ini menemukan bahwa hasil terpaan media luar ruang yang memuat iklan politik calon kepala daerah masih tinggi, dengan skor tertinggi adalah baliho, disusul spanduk dan poster. Berdasarkan perbandingan persepsi konsep desain, gambar, warna, tipografi, dan kreativitas pesan diperoleh data bahwa reklame lebih baik dalam konsep desain, penyajian warna, dan penggunaan tipografi. Sedangkan gambar yang ditampilkan di spanduk dinilai lebih baik. Dalam aspek kreativitas, pesan baliho dan poster dinilai lebih baik dari pada spanduk. Pada aspek pengaruh desain media luar ruang terhadap penggunaan hak pilih, pengaruh terbesar diberikan oleh poster dan paling sedikit spanduk meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Secara umum temuan penelitian ini menunjukkan fenomena bahwa media luar ruang masih efektif sebagai saluran komunikasi politik, meskipun media digital dan saluran komunikasi politik berbasis media sosial juga banyak digunakan

Keywords


komunikasi politik; media luar ruang; desain grafis; pemilihan kepala daerah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, Fadhly, Purmaningrum Maeni, and Erna Nurmalinda. 2020. "Analisis Narasi Visual Poster Asian Games 2018 Versi Panahan (Mel Ahyar)." Jurnal Desain 7 (2): 126-135. https://doi.org/10.30998/jd.v7i2.5832.

Ahmad, Irdam. 2011. "Spanduk dan Stiker sebagai Media Komunikasi untuk Melaporkan Peristiwa Kependudukan." Jurnal ilmu komunikasi 9 (1): 28-39. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3413.

Andu, Christine Purnamasari, and Sartika Dwi Hardiyanti. 2019. "Pengaruh Baliho Terhadap Pilihan Politik Masyarakat Kelas Menengah Pada Pilkada Di Kota Makassar." Jurnal Representamen 5 (02). http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/view/2941.

Aprillia, Helsa, and Baitullah. 2019. "Persuasif Pada Spanduk Pilkadadi Kabupaten Merangin Tahun 2017-2018." Jurnal Tunas Pendidikan 2 (1): 82-91. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/196.

Arnheim, Rudolf. 2011. Art and Visual Perception: A Psychology of the Creative Eye. University of California Press.

Asri, Rahman, Gusmia Arianti, and Alma Mandjusri. 2019. "Pengaruh online personal branding tokoh politik terhadap minat pemilih pemula." Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi 5 (1): 58-69. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i1.1166.

Bramantha, Octavianus. 2017. "Kajian Struktur Poster'Hope'Barrack Obama." NARADA: Jurnal Desain Dan Seni 4 (3): 275-287. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/3226.

Creswell, John W. 2016. RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif Dan Campuran. Translated by Achmad Fawaid and Rinayanti Kusmini Pancasari. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, Ferry. 2018. "Modalitas Visual Komunikasi Politik Iklan Pilkada Kota Bandung 2018." Mediator: Jurnal Komunikasi 11 (1): 56-65. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3155.

DeVito, Joseph A. 2017. Essentials of Human Communication. Ninth ed. Boston: Pearson.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haryadi, Toto, and Godham Eko Saputro. 2018. "Tinjauan Desain Iklan Dalam Sudut Pandang Majas Visual (Studi Kasus: Iklan Media Billboard di Kota Semarang)." Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) 3 (1): 97-115. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i1.1213. //journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1213.

HS, Isbandiyah. 2008. "Wajah Spanduk Solidaritas Gempa Yogyakarta: Tinjauan Dari Perspektif Komunikasi." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 11 (3): 331-356. https://jurnal.ugm.ac.id/jsp/article/view/10991.

kumparan. 2018. "Media Luar Ruang Masih Efektif Untuk Kampanye." Kumparan, 27 Juni, 2018. https://kumparan.com/bandungkiwari/media-luar-ruang-masih-efektif-untuk-kampanye/full.

M. Harifin, Kurniawati. 2013. "Pengaruh Personal Branding Dan Positioning Terhadap Perilaku Pemilih Dalam Pemilukada Di Kabupaten Bonebolango." Politika: Jurnal Ilmu Politik 3 (1): 18. https://doi.org/10.14710/politika.3.1.2012.15-32. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/politika/article/view/4825.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Muntazori, Ahmad Faiz. 2020. "Dakwah Visual: Ekspresi Keimanan Seorang Muslim dalam Poster Digital." Human Narratives 1 (2): 88-102. https://doi.org/10.30998/hn.v1i2.351.

Needham, Catherine, and Gareth Smith. 2015. "Introduction: Political Branding." Journal of Political Marketing 14 (1-2): 1-6. https://doi.org/10.1080/15377857.2014.990828.

Nielsen. 2019. "Media Luar Ruang Sebagai Strategi Marketing." Nielsen Global Media. Last Modified 26 Juni. https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2019/media-luar-ruang-sebagai-strategi-marketing/.

Prawita, Riztama, Wirania Swasty, and Patra Aditia. 2017. "Membangun Identitas Visual Untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah." Jurnal Sosioteknologi 16 (1): 27-42. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3.

Purnengsih, Iis. 2017. "Makna dan Pesan dalam Baliho Pemilu Legislatif 2014." Jurnal Desain 4 (03): 231-248. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/1604.

Rahman, Nadya Nur, Rahayu Sri Utami, and Agung Zainal Muttakin Raden. 2018. "Analisis Tipografi pada Spanduk Pemasaran Perumahan." Jurnal Desain 5 (03): 250-257. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2572.

Ramadeni, Sari, and Didit Widiatmoko Soewardikoen. 2017. "Identitas Visual Dan Media Promosi Wisata Edukasi Jendela Alam." Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) 2 (1): 113-128. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.767. //journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/767.

Scammell, Margaret. 2015. "Politics and Image: The Conceptual Value of Branding." Journal of Political Marketing 14 (1-2): 7-18. https://doi.org/10.1080/15377857.2014.990829.

Schill, Dan. 2012. "The Visual Image and the Political Image: A Review of Visual Communication Research in the Field of Political Communication." Review of Communication 12 (2): 118-142. https://doi.org/10.1080/15358593.2011.653504.

Setianto, Dodi. 2016. "Perkembangan Visual Poster Pemilu Di Indonesia." Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa Dan Desain 1 (1): 15-24. https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/406.

Surya, Roberta Zulfhi, Dwi Yuli Prasetyo, and Ratna Witasari. 2017. "Peningkatan Value Baliho dengan Pendekatan Short Term Memory pada Baliho Calon Bupati Indragiri Hilir Provinsi Riau." Journal of Industrial Engineering and Management Systems 8 (1): 79-90. https://journal.ubm.ac.id/index.php/jiems/article/view/136.

swastika. 2019. "Macam-macam Media Iklan Outdoor." Swastika Advertising. Last Modified 17 Oktober. https://swastikaadvertising.com/macam-macam-media-iklan-outdoor/.

Yuliyanto, Muchamad. 2016. "Evaluasi Alat Peraga Kampanye Pemilihan Umum Di Era Demokrasi Elektoral." Jurnal Ilmu Sosial 13 (1): 33-41. https://doi.org/10.14710/jis.13.1.2014.33-41.

Yunanda, Sigit Eka. 2020. "Pandemi Covid-19, Partisipasi Masyarakat Naik Di Pilkada Serentak Riau." Riau Online, 14 Desember, 2020. https://www.riauonline.co.id/riau/read/2020/12/14/pandemi-covid-19-partisipasi-masyarakat-naik-di-pilkada-serentak-riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Badri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics