Konsep City Branding dan Identifikasi Nilai Lokal pada Kota-Kota Indonesia dalam Mendukung Nation Branding Indonesia

Firmanda Satria(1*), Fadillah Fadillah(2)

(1) Institut Teknologi Bandung
(2) Institut Teknologi Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Tiap negara memiliki strategi yang berbeda dalam menghadapi tantangan global. Nation branding adalah sebuah strategi yang banyak digunakan guna memberikan diferensiasi identitas diri sebuah negara di tengah panggung dunia yang semakin kompetitif, terutama terkait kekuatan kinerja ekonomi, aktivitas eksport-import, investasi dan pariwisata. Tidak berbeda dengan Indonesia, pemerintah mempublikasikan “Wonderful Indonesia” sebagai bagian dari nation branding untuk menguatkan diri di antara negara Asia lainnya. Mengingat Indonesia merupakan negara yang luas dengan keberaragaman budaya dan kekayaan alam, pemerintah melihat hal ini sebagai potensi yang sangat besar untuk mendukung nation branding tersebut. Pemerintah kemudian mengerahkan kota-kota lain untuk juga merancang city branding yang diharapkan mampu menguatkan nation branding itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tahapan perancangan city branding beberapa kota di Indonesia dan penggunaan identitas visual yang khas untuk turut menguatkan nation branding Indonesia. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara nara sumber dan telaah kajian pustaka terkait city branding beberapa kota, penelitian ini melihat tahapan yang dilakukan sebuah kota dalam merancang city branding, yang dalam hal ini diwakili oleh salah satu aspek city branding yaitu tagline kota dan logo kota. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tahapan perancang city branding yang dilakukan kota-kota di Indonesia masih belum melalui tahapan yang terstandar terutama dalam hal pengikutsertaan masyarakat untuk ambil bagian dalam proses perancangan. Selain itu, tampak sudah adanya usaha pemerintah kota untuk menggunakan identitas visual kedaerahannya namun identitas tersebut belum menguatkan nation branding Indonesia.

Keywords


city branding; place branding; nation branding

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adona, Fitri, Sri Nita, Yusnani Yusnani, and Luth Mafrudoh. 2017. "City Branding: Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Padang." Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu (SENDI_U) & Calll For Papers ke-3, Semarang.

Aitken, Robert, and Adriana Campelo. 2011. "The four Rs of place branding." Journal of Marketing Management 27 (9-10): 913-933. https://doi.org/10.1080/0267257X.2011.560718.

Aldianto, Leo, Adi Asmariadi Budi, Grisna Anggadwita, Santi Novani, and Christina Wirawan. 2019. "City Branding vs. Cultural Branding: Towards a Theoretical for Developing Bandung Identity." KINERJA: Journal of Business and Economics 23 (1): 42-53. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/kinerja/article/view/2125.

Alperyt?, Irena, and Margarita Išorait?. 2019. "Developing a City Brand." Journal of Intercultural Management 11 (4): 1-27. https://doi.org/10.2478/joim-2019-0022.

Braun, Erik. 2012. "Putting City Branding into Practice." Journal of Brand Management 19 (4): 257-267. https://doi.org/10.1057/bm.2011.55.

Chaerani, Ratu Yulya. 2011. "Pengaruh City Branding Terhadap City Image (Studi Pencitraan Kota Solo:‘The Spirit of Java’)." JRK (Jurnal Riset Komunikasi) 2 (4). https://www.academia.edu/download/36651757/ipi49056.pdf.

Foroudi, Pantea, Suraksha Gupta, Philip Kitchen, M. Foroudi Mohammad, and Bang Nguyen. 2016. "A Framework of Place Branding, Place Image, and Place Reputation: Antecedents and Moderators." Qualitative Market Research: An International Journal 19 (2): 241-264. https://doi.org/10.1108/QMR-02-2016-0020.

Hidayat, Muhammad Rauf, and Thamrin. 2019. "Analisis Proses City Branding’ Taste Of Padang’ sebagai Brand Destinasi Pariwisata Sumatera Barat." Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha 1 (1): 241-258. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5517.

Kasapi, Irisi, and Ariana Cela. 2017. "Destination Branding: a Review of the City Branding Literature." Mediterranean Journal of Social Sciences 8 (4): 129-142. https://www.mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/10000.

Kavaratzis, Mihalis, and Mary Jo Hatch. 2013. "The Dynamics of Place Brands: An Identity-Based Approach to Place Branding Theory." Marketing Theory 13 (1): 69-86. https://doi.org/10.1177/1470593112467268.

Kemenpar. 2016. Pedoman Aplikasi Brand & Design (Brand and Design Application Guidelines). Jakarta: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. https://www.indonesia.travel/content/dam/indtravelrevamp/en/brand-guidelines/brand-guideline.pdf.

Kurniawan, Luthfi. 2015. "Proses City Branding Yogyakarta (Studi Kualitatif pada Merek "Jogja Istimewa"." Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie 3 (03). https://www.neliti.com/publications/254550/proses-city-branding-yogyakarta-studi-kualitatif-pada-merek-jogja-istimewa#cite.

Moilanen, Teemu, and Seppo Rainisto. 2009. How to Brand Nations, Cities and Destinations. London: Springer. https://link.springer.com/book/10.1057%2F9780230584594.

Morgan, Nigel, Annette Pritchard, and Roger Pride. 2004. Destination Branding: Creating the Unique Destination Proposition. second ed.: Butterworth-Heinemann.

Nawangsari, Ertien Rining, and Herlina Suksmawati. 2019. "Evaluation of Public City Branding Policies' Sparkling Surabaya'." Journal of Social and Political Sciences 2 (4): 876-891. https://doi.org/10.31014/aior.1991.02.04.126.

Zenker, Sebastian, and Erik Braun. 2017. "Questioning a “one size fits all” city brand: Developing a branded house strategy for place brand management." Journal of Place Management and Development 10 (3): 270-287. https://doi.org/10.1108/JPMD-04-2016-0018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadillah Fadillah, Firmanda Satria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics