Perancangan Motion Comic Bertema Kuliner Cirebon Menggunakan Karakter Topeng Cirebon Dalam Instagram

Vicky Septian Rachman(1*), Hansen Kamarga(2)

(1) Kalbis Institute
(2) Kalbis Institute
(*) Corresponding Author

Abstract


Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki budaya-tradisi yang khas, salah satunya dalam bidang kuliner. Beberapa kuliner seperti Empal Gentong, Sate Kalong dan Mie Koclok merupakan makanan yang memiliki ciri khas dari kota Cirebon. kuliner khas kota Cirebon perlu dilestarikan agar dapat bersaing dengan kuliner modern yang kini semakin diminati. Penelitian ini bertujuan untuk merancang motion comic kuliner Cirebon yang ditargetkan kepada milenial. Penelitian menerapkan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara dan observasi. Perancangan motion comic terdiri dari studi cerita, studi karakter, storyline, storyboard, sketsa, digitalisasi, pewarnaan digital dan motioning. Motion comic yang dirancang diperankan oleh karakter visual topeng Cirebon bergaya visual chibi sebagai pendukung cerita untuk memberikan informasi secara menarik bagi target audiens yang dipilih. Elemen-elemen motion comic ditata sedemikian rupa sesuai format media Instagram yang populer di kalangan milenial. Perancangan dimaksudkan sebagai pemacu agar milenial dapat mengenali kebudayaan dan mampu berkarya dengan memasukan unsur budaya sebagai identitasnya. Oleh karena itu, perancangan motion comic ini merupakan penggabungan tiga unsur yaitu Desain-Budaya-Teknologi


Keywords


motion comic; kuliner Cirebon; topeng Cirebon; budaya Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adhinata, Nico. 2013. "Pembuatan Motion Comic Penjelasan Ilmiah Tentang Peristiwa Sehari-Hari Untuk Siswa Smp." Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2 (2): 1-18. http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/749.

Karamoy, Philipus Nicolaus, Deny Tri Ardianto, and Erandaru Erandaru. 2013. "Perancangan Motion Comic Tokoh Pewayangan Bambang Ekalaya." Jurnal DKV Adiwarna 1 (2): 7. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/621.

Maharsi, Indiria. 2018. "Penciptaan Motion Comic Wayang Beber Jaka Kembang Kuning." DeKaVe 11 (1): 17-23. https://doi.org/10.24821/dkv.v11i1.2485.

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics: The Invisible Art. New York: Harper Collins Publishers.

McCloud, Scott. 2000. Reinventing Comics: The Evolution of an Art Form. New York: Harper Colins Publishers.

Musnur, Irfandi, and Muhamad Faiz. 2019. "Analisis Penyajian Karakter dan Alur Cerita pada Komik Vulcaman-z." Narada : Jurnal Desain dan Seni 6 (2): 317-338. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i2.010.

Natadiningrat, PRA. Arief. "Sejarah Kesenian." Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Accessed 4 November 2019. https://www.cirebonkota.go.id/profil/sejarah/sejarah-kesenian.

Pratiwi, Vira, Nunuy Nurketi, and Faradiba Catur Putri. 2020. "Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar." Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2 (1): 23-32. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183.

Rahman, Fadly. 2018. "Kuliner sebagai Identitas Keindonesiaan." Jurnal Sejarah (1): 43-63%V 2. https://doi.org/10.26639/js.v2i1.118. http://jurnal.masyarakatsejarawan.or.id/index.php/js/article/view/118.

Santri, K. 2008. "Sejarah Keraton." Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Last Modified 3 April. Accessed 4 November 2019. https://www.cirebonkota.go.id/profil/sejarah/sejarah-keraton.

Sari, Sapta. 2019. "Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital." Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 6 (2): 30-42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943.

Sedyawati, Edy, Rahayu S. Hidayat, Dwi Koendoro, and Wagiono. 1998. Pekan Komik & Animasi Nasional 98 (6-12 Februari 1998). Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Selvia, Jasson Prestiliano, and T. Arie Setiawan Prasida. 2020. "Perancangan Motion Comic sebagai Media Edukasi tentang Kepedulian terhadap Gangguan Kecemasan Sosial pada Remaja." Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah 12 (1): 48-65. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23503.

Suparno, Eva, Ilhamsyah, and Sonson Nurusholih. 2015. "Perancangan Promosi Destinasi Wisata Kuliner Khas Cirebon." eProceedings of Art & Design 2 (2): 478-485. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/4106.

Wardhani, Rahmi Kesuma, and Iman Sudjudi. 2014. "Perancangan Video Dokumenter “Autisme”." Visual Communication Design 3 (1). https://www.neliti.com/publications/180546/perancangan-video-dokumenter-autisme#cite.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.7943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vicky Septian Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics