Perancangan Buku Ilustrasi sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain
(1) 
(2) Institut Informatika Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Desain merupakan salah satu bidang ilmu pendidikan tinggi di Indonesia yang mengalami peningkatan minat cukup besar. Hal ini turut didukung dengan berlangsungnya revolusi industri 4.0 yang melibatkan peranan desain secara signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja dan gaya hidup. Peningkatan minat terhadap bidang desain di Indonesia belum diikuti oleh keberadaan literatur khususnya buku yang membahas bidang desain secara utuh. Sebagian besar literatur masih sebatas membahas keterampilan teknis. Keberadaan buku yang membahas keterampilan konseptual masih tergolong minim. Hingga saat ini belum ada buku dari penulis lokal yang membahas bidang desain secara terpadu, sebagian justru menampilkan sepotong-sepotong rumpun ilmu di dalamnya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk merancang dan menyusun sebuah buku sebagai literatur bidang desain. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah Research and Development dengan pendekatan model ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Penelitian ini menghasilkan purwarupa berupa buku dengan pendekatan ilustrasi sebagai media sekaligus literatur untuk mengenalkan bidang keilmuan desain secara terpadu dan disajikan secara atraktif sehingga dapat memberikan motivasi belajar dan pemahaman bagi siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dan mahasiswa semester awal yang ingin mengetahui bidang desain dengan lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
desaingrafis. 2013. "Pengertian Desain lingkungan." desain (blog). 5 Agustus 2020. http://123desaingrafis.blogspot.com/2013/12/pengertian-desain-lingkungan.html#:~:text=Desain%20lingkungan%20adalah%20proses%20menangani,kebijakan%20%2C%20bangunan%20%2C%20atau%20produk%20.&text=Desain%20lingkungan%20juga%20dapat%20merujuk,dengan%20menciptakan%20lingkungan%20manusia%20dirancang%20.
Alodia, Audrey Diwantri. 2019. "Desain sebagai Jembatan dan Identitas Perusahaan." Yukomikus. Accessed 5 Agustus 2020. https://yukomikus.com/2019/07/19/desain-sebagai-jembatan-dan-identitas-perusahaan/.
Ambrose, Gavin, and Paul Harris. 2010. Basics Design 08: Design Thinking. Switzerland: AVA Publishing.
Arifin, Syamsul, and Adi Kusrianto. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Rerefensi. Jakarta: Grasindo.
Brown, Tim, and Jocelyn Wyatt. 2010. "Design Thinking for Social Innovation." Development Outreach 12 (1): 29-43. https://doi.org/10.1596/1020-797x_12_1_29.
Buchanan, Richard. 1995. "Rhetoric, Humanism and Design." In Discovering Design: Explorations in Design Studies, edited by Richard Buchanan and Victor Margolin. Chicago: University of Chicago Press.
Chaeruman. 2008. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Giard, Jacques. 2016. The Contextual Nature of Design and Everyday Things. Kendall Hunt Publishing Company.
Ingle, Beverly Rudkin. 2013. Design Thinking for Entrepreneurs and Small Businesses: Putting the Power of Design to Work. Apress.
Lukman, Christine, Alvanov Zpalanzani, Nina Nurviana, Wina Nur Alia, and Arifin Nugraha. 2009. Bahasa Rupa pada Buku Ilustrasi Anak Indonesia Kontemporer: Studi Kasus Seri Cerita Pelangi Gramedia Pustaka Utama (GPU). Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Kristen Maranatha (Bandung). https://repository.maranatha.edu/385/.
Piliang, Yasraf Amir. 2010. "Desain, sejarah, budaya: Sebuah pengantar komprehensif." In Desain, sejarah, budaya, edited by John A Walker. Yogyakarta: Jalasutra.
Sachari, Agus, and Yan Yan Sunarya. 2000. Wacana Transformasi Budaya. Bandung: Penerbit ITB.
Sachari, Agus, and Yan Yan Sunarya. 2001. Pengantar Tinjauan Desain. Bandung: Penerbit ITB.
Saifudin, Fahmi. 2013. "Pemahaman Publik Terhadap Desain Visual Sebagai Alat Komunikasi Yang Efektif." Sinteks: Jurnal Teknik 2 (1). https://jurnal.stt.web.id/index.php/Teknik/article/view/19.
Sakti, Zein. 2018. "Proses Penciptaan Desain dan 5 Prinsipnya." awalilmu.com. Accessed 5 Agustus 2020. https://www.awalilmu.com/2018/08/proses-penciptaan-desain-dan-5-prinsipnya.html.
seputarpengetahuan.co.id. 2017. "Pengertian Desain, Fungsi, Tujuan, Jenis, Prinsip, Manfaat & Metode." Portal Media Pengetahuan Online Seputar Pengetahuan (blog), seputarpengetahuan.co.id. 5 Agustus 2020. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-desain-fungsi-tujuan-jenis-jenis-prinsip-manfaat-metode.html.
Thabroni, Gamal. 2019. "Pengertian Desain (Lengkap) berdasarkan Pendapat Para Ahli." serupa.id. Accessed 4 Agustus 2020. https://serupa.id/pengertian-desain/.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.7930
Refbacks
Copyright (c) 2021 Benny Rahmawan Noviadji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.