Karakter Kadita dalam Mobile Legends Bang-Bang: Kajian Etnografi Visual

Yuni Zaharani(1*), Pandu Pramudita(2), Puri Kurniasih(3), Gatot Sukendro(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(4) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Nyi Roro Kidul merupakan mitologi yang tersebar di daerah pesisir pantai selatan pulau Jawa. Moonton mengadaptasi figur ini menjadi konsep visual sebagai karakter game online berbasis android, yaitu Mobile Legends Bang Bang pada hero Kadita dengan role sebagai mage. Karakter mitologi ini muncul sebagai daya tarik tersendiri dalam era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter Nyi Roro Kidul yang divisualisasikan pada hero Kadita. Banyak karakter-karakter yang digunakan dalam video game diciptakan secara imajinatif dan tidak memiliki kedekatan secara sosial-budaya dengan pemain-pemain asal Indonesia. Studi ini akan menunjukkan hasil adaptasi dari karakter visual Nyi Roro Kidul ke dalam hero Kadita. Etnografi visual menjadi metode yang memberi pengalaman kebudayaan Jawa tentang konsep visualisasi Nyi Roro Kidul. Untuk menganalisis perubahan media dan transformasi bentuk visual Nyi Roro Kidul dalam hero Kadita digunakan teori adaptasi. Penelitiani ini mendapatkan hasil bahwa terdapat adaptasi karakter Nyi Roro Kidul pada hero Kadita dalam game tersebut. Analisis ini diharapkan menstimuli akademisi desain komunikasi visual untuk merancang karakter-karakter tokoh digital berdasarkan atas folklor yang terdapat di Indonesia.


Keywords


adaptasi; etnografi visual; kadita; mobile game; nyi roro kidul

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adams, Ernest. 2013. Fundamentals of Game Design. 3rd ed.: Pearson Education.

Alexander Alland, Jr. 1975. "Adaptation." Annual Review of Anthropology 4 (1): 59-73. https://doi.org/10.1146/annurev.an.04.100175.000423.

Brathwaite, Brenda, and Ian Schreiber. 2009. Challenges for game designers. Nelson Education.

Budiningtyas, Raden Rara Erna Sadiarti, Heddy Shri Ahimsa-Putra, Janianton Damanik, and Sumijati Atmosudiro. 2018. "Myth of the Queen of the South Sea and Kasunanan Palace as a Tourism Attraction of Baluwarti, Surakarta." International Journal of Pure and Applied Mathematics 119 (15): 2101-2112. https://acadpubl.eu/hub/2018-119-15/4/620.pdf.

Coogan, Peter MacFarland. 2006. Superhero: The secret origin of a genre. MonkeyBrain.

Endraswara, Suwardi. 2013. Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yogyakarta: Ombak.

Ilminisa, Ranggi Ramadhani, Wahyudi Siswanto, and Yazid Basthomi. 2016. "Bentuk karakter anak melalui dokumentasi folklor lisan kebudayaan lokal." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (6): 996-1001. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6353.

Jackson, Jane. 2015. "Ethnography." In Research Methods in Intercultural Communication, edited by Zhu Hua, 239-254.

Kockel, Ullrich, Máiréad Nic Craith, and Jonas Frykman. 2012. "Introduction: The Frontiers of Europe and European Ethnology." In A Companion to the Anthropology of Europe, edited by Ullrich Kockel, Máiréad Nic Craith and Jonas Frykman, 1-10. Malden, USA: John Wiley & Sons, Inc.

Lakey, Paul N. 2003. "Acculturation: A review of the literature." Intercultural communication studies 12 (2): 103-118.

Pambudi, Buyung. 2018. "Hegemoni Dalam Mitos Nyai Roro Kidul Dalam Novel Sang Nyai 1 Karya Budi Sardjono." Prosiding Seminar Sastra Tema: Resonansi Kata, Graha STKIP PGRI Bangkalan.

Pramudita, Pandu. 2018. "Retaknya Dualitas Struktur Wayang Dalam Karakter Gatotkaca Pada Permainan Dalam-Jaringan Mobile Legends: Bang Bang." Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018, Gedung 7, Kampus B, Universitas Indraprasta PGRI.

Strathern, Andrew, and Pamela J. Stewart. 2008. "Multimedia Ethnography and Digitalization of Archives: A Synergistic Project." Journal of Ritual Studies 22 (1): 73-76. http://www.jstor.org/stable/44368784.

Wessing, Robert. 1997. "A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyai Roro Kidul." Asian Folklore Studies 56 (2): 317-353. https://doi.org/10.2307/1178730.

Yogatama, I Ketut Sidharta, Agi Putra Kharisma, and Lutfi Fanani. 2019. "Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan MOBA (Studi Kasus: Mobile Legends: Bang-Bang!)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3 (3): 2558-2566. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4742.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i1.7710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuni Zaharani, Yuni Zaharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics