Literasi Visual Sebagai Dasar Pemaknaan Dalam Apresiasi Dan Proses Kreasi Visual

Santi Sidhartani(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah pesan visual seringkali dianggap lebih menarik untuk dicermati dan lebih mudah dipahami daripada pesan verbal. Sebenarnya, pemahaman dan pemaknaan pesan visual tidaklah sederhana karena sebuah pesan visual dapat memiliki berbagai kemungkinan makna yang tergantung dari latar belakang pengamatnya. Aspek lainnya juga dapat dilihat dari bagaimana cara pesan tersebut disampaikan, terkait dengan aspek-aspek penyusunan (komposisi) dan lainnya. Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai pentingnya pemahaman dan pemaknaan pesan visual yang sangat dipengaruhi oleh kemampuan literasi visual. Dengan didukung penguasaan literasi visual akan membantu seseorang dalam pemaknaan sebuah pesan dan mempengaruhi kemampuan untuk mewujudkan sebuah pesan visual. Apabila dikaitkan dengan dunia pendidikan seni dan desain, maka literasi visual ini akan sangat bermanfaat dalam pengembangan proses apresiasi dan kreasi sebuah karya visual.

 


Keywords


literasi visual; pesan visual

Full Text:

PDF

References


Maryanto, M. D. (2006). Quantum Seni. Semarang : Dahara Prize

Maryanto, M.D. (2015). Art & Levitation, Seni dalam Cakrawala. Yogyakarta: Pohon Cahaya

Jamieson, H. (2007). Visual Communivation, More Than Meets the Eye. United Kingdom: Intellect Books

Palmer, M.S. & Tatiana M. (2015). Learning to See the Infinite: Measuring Viual Literacy Skills in a 1st year Seminar Course. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning. Vol 15 No.1 February 2015 (p 1-9). Indiana University dalam www.iupui.edu/~josotl diakses tanggal 11 Mei 2015

Bamford, A. (2001). The Grammar within the world of Interactive Media. Education Researh Network Conference on Learning (8th, Spetses, Greece). 4-8 Juli 2001:1-10

Bamford, A. (2003) The Visual Literacy White Paper dalam https://www.adobe.com/content/dam/Adobe/en/education/pdfs/visual-literacy-wp.pdf diakses tanggal 11 Mei 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Santi Sidhartani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics