Persepsi Netizen Indonesia Terhadap Logo dan Maskot Asian Games 2018
(1) Universitas Trilogi
(*) Corresponding Author
Abstract
Indonesia akan menggelar Asian Games 2018, sebuah ajang olahraga terbesar di benua Asia. Perhelatan ajang olahraga skala regional ini memiliki arti penting bagi tuan rumah penyelenggara, karena momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun citra positif Indonesia di mata negara lainnya. Menariknya, saat desain maskot Asian Games 2018 ini diluncurkan pada 27 Desember 2015, beberapa hari kemudian ia menjadi trending topic di media sosial Twitter. Netizen Indonesia riuh menganggap bahwa desain tersebut tidak layak untuk menjadi maskot ajang sekelas Asian Games. Pemerintah akhirnya menugaskan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk merevisi logo dan maskot Asian Games 2018 tersebut. Penelitian ini berupaya untuk mengukur tingkat kepuasan (atau ketidakpuasan) netizen Indonesia terhadap logo dan maskot Asian Games 2018, serta mengeksplorasi sisi apa yang menyebabkan ketidakpuasan tersebut, sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi proses revisi. Survei dilakukan dengan pendekatan voluntary response sampling dan berhasil mendapatkan 873 responden.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Cha, V. (2013). The Asian Games and Diplomacy in Asia: Korea–China–Russia. The International Journal of the History of Sport, 30 (10): 1176-1187
Chen, N. (2012). Branding national images: The 2008 Beijing summer olympics, 2010 Shanghai World Expo, and 2010 Guangzhou asian games. Public Relations Review, 38 (5): 731-745
Collins, S. (2010). Asian Soft-Power: Globalization and Regionalism in the East Asia Olympic Games. Rethinking Matters Olympic: Investigations into the Socio-Cultural Study of the Modern Olympic Movement (London, Ontario: International Centre for Olympic Studies, The University of Western Ontario, 2010): 163-176
Kim, V, W.E.; Thinavan P.; Kelly T.A. Li. (2013). How Does Logo Design Affect Consumers Brand Attitudes? International Journal of Innovative Research in Management, 2 (1): 43-57
Lutan, R. (2005). Indonesia and the Asian Games: Sport, Nationalism and the ‘New Order’. Sport in Society: Cultures, Commerce, Media, Politics, 8 (3): 414-424
Mahajan, N. (2014). An Exploration of Impact of Logo Redesign on Brand Image. Global Journal of Finance and Management, 6 (3): 209-216
Mohanty, S. S.. (2014). Growing Importance of Mascot & their Impact on Brand Awareness –A Study of Young Adults in Bhubaneswar City. International Journal of Computational Engineering & Management, 17 (6): 42-44
Alan. (2015). 9 Kritik Netizen untuk Desain Maskot Asian Games 2018. Bomee.co. http://boomee.co/buzz/kritik-pedas-netizen-untuk-maskot-asian-games-2018/ . Diakses 31 Mei 2016
Diah, F. (2015). Desain Maskot Asian Games 2018 Dinilai Terlalu Jadul. Detik. http://sport.detik.com/read/2015/12/29/194719/3106912/82/desain-maskot-asian-games-2018-dinilai-terlalu-jadul . Diakses 31 Desember 2015
Dwinarto. (2014). Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018. Sindonews. http://sports.sindonews.com/read/902617/51/indonesia-tuan-rumah-asian-games-2018-1410967410. Diakses 31 Mei 2016
Fachmy, C. (2016). Yuk, Ikutan Survei Logo & Maskot Asian Games 2018 Agar Logo dan Maskot Barunya Nanti Nggak Wagu Lagi. Virala. https://t.co/yjw1F9FCuE. Diakses 7 Januari 2016
Fanani, A K. Maskot Asian Games 2018 mendapat kritik dari seniman. Antara. http://www.antaranews.com/berita/537257/maskot-asian-games-2018-mendapat-kritik-dari-seniman . Diakses 31 Desember 2015
Gunawan. (2015). Maskot Asian Games 2018 ‘Dicubit’ Netizen. Tribun News. http://bali.tribunnews.com/2015/12/30/maskot-asian-games-2018-dicubit-netizen . Diakses 31 Mei 2016
Hauben, M. (1995). The Expanding Commonwealth of Learning: Printing and the Net. Columbia University. http://www.columbia.edu/~hauben/CS/printing.txt . Diakses 30 Mei 2016
Irianto, D. (2016). Maskot Asian Games di Indonesia di-bully, beri masukan, Bro? Lensa Indonesia. http://www.lensaindonesia.com/2016/01/11/maskot-asian-games-di-indonesia-di-bully-beri-masukan-bro.html . Diakses 11 Januari 2016
Khoer, Miftachul. Komunitas Depok Creative Inisiasi Survey Kelayakan Maskot Asian Games 2018. Bisnis Indonesia. http://jakarta.bisnis.com/read/20160112/383/508931/komunitas-depok-creative-inisiasi-survey-kelayakan-maskot-asian-games-2018 . Diakses 12 Januari 2016
“Logo dan Maskot Asian Games 2018 Dinilai Ketinggalan Zaman”. (2016). Tempo.co. https://seleb.tempo.co/read/news/2016/01/11/114735003/logo-dan-maskot-asian-games-2018-dinilai-ketinggalan-zaman. Diakses 31 Mei 2016.
“Netizen olok-olok maskot Asian Games 2018 ‘Drawa’ karena mirip ayam”. (2016). Coconuts Indonesia. http://indonesia.coconuts.co/2016/01/05/netizen-olok-olok-maskot-asian-games-2018-drawa-karena-mirip-ayam. Diakses 31 Mei 2016.
Nistanto, R. K. (2016). Kecewa dengan Maskot Asian Games? Ikuti Survei Ini. Nextren. http://www.nextren.com/read/2016/01/12/095100531/Kecewa.dengan.Maskot.Asian.Games.Ikuti.Survei.Ini. Diakses 12 januari 2016
Noor, R.F. (2015). Drawa, Maskot Asian Games yang Betul-Betul Seadanya. Detik. http://sport.detik.com/read/2015/12/30/074648/3107021/82/drawa-maskot-asian-games-2018-yang-betul-betul-seadanya . Diakses 30 Desember 2015
Orlowski, A. (2001). Michael Hauben, Netizen, dies. The Register. http://www.theregister.co.uk/2001/06/30/michael_hauben_netizen_dies/ . Diakses 30 Mei 2016
Putratama, M. A. R. (2015). Maskot Asian Games Tak Mirip Cenderawasih, Benarkah? CNN Indonesia. http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20151229141524-178-100950/maskot-asian-games-tak-mirip-cenderawasih-benarkah/ Diakses 30 Desember 2015.
Rini, C. L.. (2015). Maskot Asian Games 2018 Menuai Kritikan. Republika On Line. http://www.republika.co.id/berita/olahraga/arena-olahraga/15/12/28/o02n73299-maskot-asian-games-2018-menuai-kritikan
Suharman, T. (2015). Maskot Asian Games Mirip Ayam, Profesional Digandeng. Tempo.co. https://m.tempo.co/read/news/2016/01/07/103733796/maskot-asian-games-mirip-ayam-profesional-digandeng
Surya, R. A. (2016). Ayo Bantu Untuk Maskot Asian Games yang Lebih Baik. Inilah. http://olahraga.inilah.com/read/detail/2266164/ayo-bantu-untuk-maskot-asian-games-yang-lebih-baik . Diakses 12 Januari 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 M. Lahandi Baskoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.