Analisis Visualisasi Iklan Minuman Segar melalui Pendekatan Relasi Unsur Objek (Studi Kasus: Iklan Sprite Versi Kenyataan Yang Menyegarkan)
(1) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author
Abstract
Peranan visualisasi dalam iklan sangat penting guna membentuk pesan yang kreatif bagi konsumen. Bagi produk-produk seperti makanan dan minuman, iklan menjadi salah satu media promosi yang sangat lumrah digunakan. Salah satunya adalah brand minuman terkenal SPRITE. Brand minuman segar ini telah banyak menampilkan iklan-iklan kreatif dengan tampilan unsur-unsur visual yang menarik. Sebagai upaya memberikan sumbangsi pemikiran dalam visualisasi pesan dalam konteks komunikasi visual. Brand Sprite menjadi objek yang menarik untuk dibahas melalui pandangan toeritik visualisasi relasi unsur. Teoritik relasi unsur dapat memberikan pemaknaan analitik tentang bagaimana pembentukan pesan melalui relasi unsur-unsur yang dimiliki, baik analitik maupun sinaktik. Versi Iklan Sprite yang akan dibahas adalah versi “kenyataan yang menyegarkan”. Beberapa penelitian sebelumnya telah membahas versi iklan tersbut melalui analisis SEMIOTIKA. Pada penelitian ini akan membahas lebih kepada bagaimana relasi unsur visual pada komunikasi visual iklan Sprite versi “kenyataan yang menyegarkan”. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data Observasi dan analisis Video iklan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Allport, Gordon Willard. Personality: A Psychological Interpretation. Henry Holt and Company, 1961.
Bogdan, Robert C and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, 1998.
Budiman, Kris. Semiotika Visual: Konsep Isu. Dan Problem Ikonisitas. Jalasutra, 2011.
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Pustaka Pelajar, 2010.
Denzin, Norman K. and Yvonna S. Lincoln. The Sage Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications, 2009.
Kirk, S. et al. Educating Exceptional Children. 5th edition, Houghton Mifflin Company, 1986.
Mitaharoh, Lailatul. "Efektifitas Iklan Sprite Versi Cak Lontong Kenyataan Yang Menyegarkan Menggunakan Metode Epic." Management, vol. Sarjana (S1), Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jember, 2017.
Sugiharto, I. Bambang. Untuk Apa Seni? Pustaka Matahari, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i3.6383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Irfandi Musnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.