EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PEMANFAATAN ENERGI NUKLIR DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 28 JAKARTA

Dasmo Dasmo(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Media yang berkembang cepat sekarang ini, merupakan produk dari output teknologi yang diciptakan oleh manusia. Kehadirannya kini sebagai alat untuk mempermudah kerja-kerja manusia. Perkembangannya telah meluas secara dimensional dan salah satunya menyetuh aspek dalam bidang pendidikan. Dinamika pendidikan khususnya di Indonesia, penggunaan teknologi berupa media sudah menjadi bagian yang sangat penting untuk ditempatkan sebagai salah satu prioritas dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya. Dalam rangka itulah penelitian ini memberikan gambaran riil untuk mengukur sebuah media kepada para siswa. Media teknologi animasi dengan informasi pengetahuan yang masih selalu berkembang yaitu energi nuklir. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang interpretasi terhadap keilmuan, interpretasi terhadap media dan hasil belajar melalui media pembelajaran interaktif Badan Tenaga Nuklir Nasional.


Keywords


media; pembelajaran; interaktif; nuklir

Full Text:

PDF

References


Ashnawir dan Usman M Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002

Badudu JS dan Sutan Mohammad Zein. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1996.

Dimyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta. 2006.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001

Purwanto, Ngalim., Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Safanayong, Yongky. Desain Komunikasi Visual Terpadu.

Jakarta: Arte Media

Sasmoko. Metode Penelitian. Jakarta: UKI Press. 2004.

Slameto., Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Sudjana, Nana., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Sudjana, D. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production. 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2008.

Syukur, Fatah. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail, 2005.

Uyanto, Stanislaus S. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2009.

Wahyono, Teguh. Belajar Sendiri SPSS16. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2008.

Winkel. WS. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo. 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v2i03.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Dasmo Dasmo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics