METODE ANALISA PENJEJAKAN MATA DALAM KAJIAN TAMPILAN IKLAN VISUAL XL VERSI NGGA USAH MIKIR

Agung Zainal Muttakin Raden(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode analisa eye tracking dengan visualisasi Gaze Plot dan Heat Map dapat mengukur dan memberikan parameter tingkat keberhasilan efektifitas dan komunikatif iklan visual tersebut dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Melalui metode ini peneliti membatasi ruang lingkup penelitian visual pada kasus iklan XL versi ngga usah mikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap struktur arah mata terhadap karya visual, Fungsi dari eye tracking ini mengarah pada keberhasilan sebuah iklan diantara iklan-iklan kompetitornya dan juga bagi desainer iklan yang ingin mengetahui apakah pesan mereka tersampaikan melalui objek-objek pada iklan.




Keywords


penjejakan mata; iklan; visual

Full Text:

PDF

References


Duchowski, Andrew. T. 2007. Eye Tracking Methodology Theory and Practice, Department of Computer Science, Clemson University.

Karnita, Rosa, Meiralarasari, Della. 2010. Metode Visual Interpretatif Terhadap Tampilan Iklan Media Cetak Sebagai Alternatif Analisis Dari Metode Eye Tracking. J@TI Undip, Vol V, No 1, Januari 2010.

Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Robert Andrei Buchmann, Alin Mihaila, Radu Meza. 2009. Semantic processing based on eye-tracking metrics, WSEAS TRANSACTIONS on COMPUTERS Issue 10, Volume 8, October 2009.

Nielsen, Jakob. Pernice, Kara. Eyetracking Web Usability

Russel, J. Thomas & W. Ronald Lane. 1993. Kleppner’s Advertising Procedure, Twelfth Edition, Prentice Hall International, Englewood Cliffs, New Jersey,

Bovee, L. Courtland, Thill, V. John, Dovel, P. 1995. George & Marian Burk Wood, Advertising Excellence, Mc Graw Hill, Inc.

http://www.wired.com/gadgets/miscellaneous/news/2007/06/eyetracking#ixzz14QahVzjd

http://www.useit.com/alertbox/banner-blindness.html

http://www.eyetracking.ws

http://www.tobii.com

http://www.eyetracking.com.ua/eng/, (2009), Eye Tracking : Don’t guess, Know certainly.

http://www.adsoftheworld.com

http://www.bpl.org

http://www.eyetracking.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Agung Zainal Muttakin Raden

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics