Poster Kecanduan Game terhadap Anak Usia Dini

Fanny Azka Fadillah(1*), Muhammad Iqbal(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan perancangan poster dampak bermain game terhadap anak usia dini adalah sebagai media penyuluhan untuk orang tua agar memperhatikan dan membimbing anak dalam bermain game. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena anak yang kecanduan bermain game, yang ditandai dengan adanya dorongan untuk melakukan secara terus menerus yang disertai penarikan diri, ketidak mampuan mengatur waktu, mempunyai masalah dengan pengaruh interpersonal dan kesehatan. Akan tetapi, game tidak hanya memiliki dampak negatif, tetapi juga terdapat dampak positif jika anak bermain game jika dimainkan dalam porsi yang pas. Tulisan berdasar studi pustaka ini menguraikan dampak yang terjadi pada anak jika bermain game, baik dari sisi negatif maupun sisi positif. Selain itu tulisan ini juga menguraikan panduan orang tua untuk membimbing anaknya ketika bermain game. Karena Dalam tumbuh kembang anak pasti mengalami masa eksplorasi, namun masa ini juga membutuhkan pengawasan dari orang tua. Pengawasan itu bertujuan untuk mengarahkan anak agar memperoleh manfaat dari eksplorasi secara tepat.

Keywords


dampak; game; anak; kecanduan; poster;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Istiqomah, Kholifah. "Dampak Game Pada Kepribadian Sosial Anak (Studi Kasus Kelas V Sd Islam Al-Madina Semarang)." vol. Undergraduate (S1), Skripsi, UIN Walisongo, 2016. http://eprints.walisongo.ac.id/6197/http://eprints.walisongo.ac.id/6197/.

Kurniawan, Drajat Edy. "Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta." Jurnal Konseling GUSJIGANG, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 97-103, https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1120.

Latif, Mukhtar et al. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori & Aplikasi. Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Nur, Haerani. "Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional." Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1, 2013, pp. 87-94, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290.

Rizawayani, Rizawayani et al. "Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur Atom Di Sma Negeri 12 Banda Aceh." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 127-133, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435.

Shalwa et al. "Pembuatan Poster Keanekaragaman Fitoplankton Di Danau Biru Singkawang Pada Sub Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 5, 2015, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10162.

Tridhonanto, Al. Optimalkan Potensi Anak Dengan Game. PT. Elex Media Komputindo, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i01.5469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fanny Azka Fadillah, Muhammad Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics