Desain Buku Ajar Tari Orek-Orek Ngawi Dalam Bentuk Pop Up

Martha Tisna Ginanjar Putri(1*)

(1) Universitas Indraprasta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tari Orek-Orek merupakan tarian khas Jawa Timur dari Kabupaten Ngawi yang sering   ditampilkan pada acara-acara besar di Ngawi. Tari Orek-Orek Ngawi mulai dikenalkan pada anak-anak sekolah terutama sekolah dasar di ekstrakulikuler dan di sanggar. Selama ini anak-anak kurang memahai makna dari Tari Orek-Orek karena kurangnya referensi buku tenetang Tari Orek-Orek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar Tari Orek-Orek Ngawi yang semula dalam bentuk buku ketikan mesin ketik manual menjadi buku yang lebih menarik dalam bentuk pop up. Cara mendesain buku Tari Orek-Orek Ngawi menggunakan model pengembangan yang mengacu pada Four-D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi Three-D. Model ini terdiri dari 3 tahap pengembangan, yaitu Define, Design dan Develop (pendefinisian, perancangan, dan pengembangan). Dalam proses perancangan buku ajar beracuan pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 2007 tentang Kelayakan Kegrafikaan. Buku ajar Tari Orek-Orek Ngawi dalam bentuk pop up merupakan buku yang dibuat untuk mengenalkan tari khas Jawa Timur, yaitu Tari Orek-Orek Ngawi. Buku ini ditujukan untuk memberikan materi kepada anak Sekolah Dasar di Kabupaten Ngawi.

Keywords


desain; buku ajar; tari orek-orek; kelayakan kegrafikaan;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


"Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Penyusunan Buku Ajar." Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007.

Elvinawati, Elvinawati. "Optimalisasi Pembelajaran Kimia Pemisahan Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dan Model Peta Konsep." EXACTA, vol. 9, no. 1, pp. 23-28, http://repository.unib.ac.id/503/.

Hanifah, Tisna Umi. "Pemanfaatan Media Pop-up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung)." BELIA: Early Childhood Education Papers, vol. 3, no. 2, 2014, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3727

Muqodas, Idat. "Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar." Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 9, no. 2, 2015, pp. 25-33, https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3250.

Muslich, Masnur. Melaksanakan Ptk Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. PT. Bumi Aksara, 2010.

Nurmawati et al. "Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bagi Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kutoharjo Ii Rembang." Universitas Terbuka, 2000. http://repository.ut.ac.id/3271/http://repository.ut.ac.id/3271/.

Sukartiningsih, Wahyu. "Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme." Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 2, 2005, pp. 61-118.

Tim Proyek Pembinaan Jawa Timur. Tari Orek-Orek Ngawi. Provinsi Jawa Timur, 1994.

Trianto. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustakaraya, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v7i01.5322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Martha Tisna Ginanjar Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics