Estetika visual pada company profile Mara Hospitality Bali

Sifa Chodizah(1*), Ni Wayan Nandaryani(2), I Wayan Gede Budayana(3)

(1) Institut Desain dan Bisnis Bali
(2) Institut Desain dan Bisnis Bali
(3) Institut Desain dan Bisnis Bali
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi estetika visual dalam company profile Mara Hospitality, sebuah perusahaan yang berfokus pada manajemen dan penyewaan vila di Bali. Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu memanfaatkan desain yang menarik untuk membangun citra positif dan berkomunikasi secara efektif dengan audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mencakup analisis elemen desain seperti tata letak, pemilihan warna, tipografi, dan gambar pada berbagai media promosi, termasuk brosur, kartu nama, dan feed Instagram. Dengan merujuk pada teori estetika Immanuel Kant, penelitian ini menekankan bahwa keindahan dalam desain tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian, tetapi juga untuk menyampaikan identitas dan nilai-nilai perusahaan secara jelas. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa desain yang harmonis dan profesional dapat menciptakan kesan mendalam serta membangun kepercayaan di kalangan audiens. Selain itu, konsistensi dalam elemen visual di media sosial memperkuat citra Mara Hospitality sebagai penyedia layanan akomodasi yang mewah dan berkualitas.


Keywords


Estetika Visual; Identitas Perusahaan; Hospitality

References


Adidrana, D., Lumenta, A., Sugiarso, B. A., & Tulenan, V. (2013). Perancangan Kartu Nama dengan Augmented Reality sebagai Portofolio Digital. JTEK: Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2(2). https://doi.org/10.35793/jtek.v2i2.1603

Al Haq, S., & Surya Patria, A. (2022). Perancangan Template Feed Instagram Sebagai Media Promosi Café Ulala (Unesa Learning Laboratory) Surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 30–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Cahyani, A. A., Kholik, A., & Rizki, M. F. (2024). Optimalisasi Komunikasi Digital dalam Penerapan Visual Sosial pada Desain atau Layout Website Company profile. Jurnal Syntax Admiration, 5(7), 2447–2461. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i7.1303

Cahya Natalina, C., & Mutmainah, S. (2024). Berkarya Tipografi Bertema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Pelaksanaan P5 di SMPN 22 Surabaya. Jurnal Seni Rupa (Vol. 12, Issue 2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jadaja

Dewi, W. N., Sevtiana, A., Suwandi, S., & Julaeha, T. S. (2022). Perancangan Brand Identity dan Banner Sebagai Media Promosi Bumabee Fashion Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Digit, 12(1), 54. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.217

Dwi Albahi, H. (2021). Kajian Makna dan Konsep Estetik Pada Ilustrasi Harimau Karya Bodilpunk. (Vol. 24). Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(3), 173-184. https://doi.org/10.24821/ars.v24i3.4883

Filieri, L. (2021). Concept-less Schemata: The Reciprocity of Imagination and Understanding in Kant’s Aesthetics. Kantian Review, 26(4), 511–529. https://doi.org/10.1017/S1369415421000480

Firdaus, A. P., Rahmawaty, D., & Nuh, M. (2024). Perancangan Visual Company profile “ Pable ”. Jurnal Desain STDI, 5(1). http://dx.doi.org/10.33376/jdes.v5i1.2558

Ghiyats Abdulhafizh, L., & Djatiprambudi, D. (2020). Perancangan Company profile Jurusan Desain Universitas Negeri Surabaya. In Jurnal Barik (Vol. 1, Issue 1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Gunawan, O. A., & Masnuna. (2023). Perancangan Company profile Sebagai Media Promosi PT Bhineka Advertising. Jurnal Seni Dan Desain, 1(6), 62–69.

Jiang, Q. (2022). Kantian Aesthetics: Free Beauty in Fine Arts. 4th International Conference on Art, Design, and Cultural Studies. https://doi.org/10.54691/bcpssh.v15i.371

Klaudia1, M. I., Ismanto, A., Nayadilaga3, A. R., Desain, P., Rupa, S., Desain, D., & Korespondensi, P. (2023). Analisis Elemen Estetis pada Rancangan Interior Lobby Hotel Royal Safari Garden Bogor. Mezanin: Jurnal Ilmiah Desain Interior, 5(2), 75-80. https://doi.org/10.24912/mzn.v5i2.30460

Kusuma, I. A., Eviana, N., Usaha, P., Pariwisata, W. A., & Jakarta, I. (2022). Strategi Agresif Melalui Pengayaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Kualitas Promosi Di Desa Wisata Sarongge Kabupaten Cianjur. Eduturisma, 7(1). https://ejournal.akpindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1234

Lestari, N., Mair Romegar, Z., & Afrizal Subhan, A. (2021). Company profile Pada Kantor Desa Lumpatan 1 Berbasis Web.

Made, N., Indrayati, S., & Darmayanti, T. E. (2024). Pengaruh Tata Ruang Terhadap Kenyamanan Penghuni: Daerah Babakan Jeruk dan Sukakarya Bandung. Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 12(2).

Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Mudra, I. W., Raharja, I. G. M., & Sukarya, I. W. (2021). Estetika Visual Kriya Keramik Berornamen Wayang Khas Bali. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(1), 53. https://doi.org/10.24114/gondang.v5i1.21036

Natalia, D., Magdalena, E., Pranata, A., & Wijaya Judy, N. (2022). View of Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. https://www.ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/clef/article/view/1111/747

Ningsih, Y. A., Agus, E., & Oemar, B. (2021). Perancangan Company profile PT. Widarecon Multi Berkah Sebagai Media Promosi. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Ongkowidjojo, M. C., Mudra, I. W., & Julianto, I. N. L. (2024). Analisis tata letak dan komposisi pada situs niaga-el dr. evoo®. Jurnal Desain, 11(3), 684-698.

Pasopati, R. U., Firda, E. H., Ayu, E. R., Fahmi, M. A. R., & Salsabiyla, R. (2024). Kant’s Aesthetic Essentiality as Exposed on Selena Gomez’s Who Says. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 3(3), 263–276. https://doi.org/10.54012/jcell.v3i3.253

Rosita, D. Q. (2022). Analisis Tipografi pada Logotype dan Konten Instagram @Souri.Bkk Signature Box. Jurnal Desain, 9(3), 415. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983

Seroja, A., Putra, S., & Camelia, I. A. (2024). Perancangan Media Promosi Untuk Home Industry Batik Cempaka Mojokerto. Jurnal Seni Rupa, 2(4). http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va

Simanjuntak, M. B. B. (2024). Memeriksa Inkonsistensi Estetika Dampak Immanuel Kant versus Gagasan Proto-Naturalisme Non-Deterministik David Hume dalam Etika Kantian. Jurnal Dekonstruksi, 10(2), 31-38. https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v10i02.228

Wahyu Sukayasa, K. (2024). Kajian Struktur Bentuk dan Ruang pada Karya Komposisi 2 Dimensi Sebagai Media Peningkatan Pemahaman Estetika. Candra Rupa: Journal of Art, Design, and Media, 3(2), 90–96. https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i2.799

Wenzel, C. H. (2009). Kant’s Aesthetics: Overview and Recent Literature. Philosophy Compass, 4(3), 380–406. https://doi.org/10.1111/j.1747-9991.2009.00214.x

Widyatmoko, F. (2023). Prinsip Ruang Kosong Pada Tata Letak Isi Buku Cetak. DeKaVe, 16(1). https://doi.org/10.24821/dkv.v16i1




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v1i1.28440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sifa Chodizah, Ni Wayan Nandaryani, I Wayan Gede Budayana


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.