Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis

Ariefika Listya(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena media infografis dalam dunia digital yang sedang marak ini cukup menarik perhatian untuk diteliti lebih lanjut. Infografis saat ini dipilih sebagai media publikasi informasi dari suatu instansi baik laporan hasil penelitian pemerintah maupun swasta sampai dengan iklan komersial dari berbagai brand. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan estetika yang menganalisis aspek formalistik khususnya warna. Data diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan warna dan media infografis serta observasi dengan mengamati 20 media infografis yang berbeda yang diunduh dari internet. Hasil penelitian menunjukkan warna berperan penting dalam pertimbangan konseptual terkait apa konten dan temanya, siapa target audiennya, dan apa kesan dan identitas yang ingin ditampilkan dalam perancangan media infografis. Penggunaan warna juga cukup vital dalam media infografis mencakup menciptakan keberbedaan antar konten dan kategori, menciptakan kesatuan, memberikan penekanan pada konten tertentu yang ingin ditonjolkan, dan menciptakan kontras antara figure dengan ground sehingga pesan dalam infografis dapat dengan mudah dimengerti oleh target audiens


Keywords


konsep; penggunaan; warna; media; infografis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifianto, P. F. (2018). Analisis visual infografis produk “Samsung Galaxy Note Edge”. Aksa Jurnal Komunikasi Visual, 1 (2) hlm. 118-132.

Dur, B. U. (2014). Data visualization and infographics in visual communication design education at the age of information. Journal of Arts and Humanities (JAH), 3 (5) hlm. 39-50.

Saptodewo, F. (2014). Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain,1 (3) hlm. 193-198.

Soewignjo, S. (2013). Seni mengatur komposisi warna digital. Yogyakarta: Taka Publisher.

Lankow, J., Ritchie, J., Crooks, R. (2014). Infografis: Kedasyatan cara bercerita visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ariefika Listya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics