Analisis efektivitas visual pada permainan papan edukasi sejarah Konferensi Asia-Afrika

Ratu Agissna Gustian(1*), Sri Retnoningsih(2)

(1) Institut Teknologi Nasional
(2) Institut Teknologi Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Edukasi menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan dunia karena hal ini membantu dan membangun kesadaran masing-masing individu untuk meningkatkan pengetahuannya mereka. Media visual menjadi aspek penting dalam perkembangan edukasi karena memiliki pengaruh tersendiri dalam menarik minat seseorang dikarenakan gambar dan warna yang cukup banyak disajikan. Salah satu media edukasi yang dapat memaksimalkan elemen visual adalah permainan papan dengan tema edukasi. Namun, gaya desain dalam permainan papan penting untuk diperhatikan agar nantinya pemain dapat menikmati permainan papan dan pesan yang disampaikan pun dapat diingat dengan baik. Penelitian ini akan mengisi kesenjangan yang ada pada penelitian terdahulu dengan mengeksplorasi tentang bagaimana komponen visual yang terdapat pada permainan papan dapat mempengaruhi pemahaman atau kemudahan pemain dalam memainkan permainan. Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas visual dari permainan papan edukasi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan melakukan observasi dan pengumpulan data melalui studi literatur. Observasi dilakukan terhadap peserta BHSG (Bandung Historical Study Games) 2024 yang memainkan permainan papan ‘SKUAAD’. Hasilnya adalah efektivitas visual yang terdapat pada permainan papan edukasi khususnya pada permainan ‘SKUAAD’ terbukti efektif dalam memberikan informasi dan pemahaman tentang sejarah peristiwa Konferensi Asia-Afrika.

Keywords


Permainan Papan; Efektivitas; Visual; Edukasi

Full Text:

PDF

References


Christian, H., Alvin, B., Program, H., Desain, S., Visual, K., Desain, F., & Indrajaya, F. (2022). Analisa Visual Board Game “Ecofunopoly Emisi Karbon”. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (KOMA DKV), 3, 191-198.

Hananto, B. A., & Audiah, J. (2019). Analisa Visual Dari Elemen Permainan Kartu “The Art Of Batik.” Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 136–145. http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa

Handayani, P. (2022). Analisis Visual Berkain Kebaya Wdrupadi [Thesis (S1)]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., & Bety, C. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580–2586.

Lie, G. I., Ibrahim, D., & Laurencia, J. (2023). Analisis Visual Pada Board Game “Gathering a Garden” Berdasarkan Prinsip Desain Komunikasi Visual. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2023, 139–150.

Martin, P., & Susanti, E. (2023). Analisis Desain Permainan Generate the Game of Energy Choices. Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 149–155. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i2.1

Maulidiyah, U. M., Dzulkifli, & Arumsari, A. D. (2022). Efektifitas Alat Permainan Board Game Pada Perkembangan Anak TK. Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), 6(1), 361–367.

Ningtyas, S. I. (2023). Penggunaan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 871. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19392

Prakoso, M. I. R. (2024). Analisis Board Game “Everdell” : Ditinjau Dari Strategi Desain Visual dan Dampaknya Terhadap Pemain. VisART Jurnal Seni Rupa & Desain, 2(2), 390–400. https://ejournal.lapad.id/index.php/visart

Rajković, A. I., Ružić, M. S., & Ljujić, B. (2017). Board Games as Educational Media: Creating and Playing Board Games for Acquiring Knowledge of History *. International Association for Research on Textbooks and Educational Media IARTEM E-Journal, 11(2), 27–29. https://doi.org/10.21344/iartem.v11i2.582

Retnoningsih, S., & Arrumaisha, D. (2023). Board Game MatSym Sebagai Media Edukasi Sejarah Konferensi Asia Afrika bagi Pengunjung Museum KAA Siswa SD & SMP (Usia 10-15 tahun). REKA MAKNA: Jurnal Komunikasi Visual, 3(1), 33-44. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekamakna/article/view/8945

Safitri, W. C. D. (2019). Efektivitas Media Board Game Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 72–78.

Santosa, A. N., Sagung Intan Pradnyanita, S. I. A. A., & Arini Hanindharputri, M. (2019). Kajian Efektivitas Puzzle Game Aksara Bali Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 64–71. https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.

Vanesya, Andreas, & Valentina, A. (2023). Rekomendasi Komunikasi Visual Board Game Edukasi Kue Tradisional untuk Anak-anak. Jurnal Visual, 18(2), 88–96. https://doi.org/10.24912/vis.v18i2.23384




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.27135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ratu Agissna Gustian, Sri Retnoningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.