Media animasi 3D surah Al-Ikhlas dan Al-Kautsar sebagai program bimbingan baca tulis untuk anak autis

Rina Nurfitri(1*), Yekti Asmoro Kanthi(2), Ana Rafikayati(3), Ismi Nur Azizah(4)

(1) Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
(3) Universitas PGRI Adi Buana
(4) Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada tahun 2023, jumlah anak autis di Indonesia meningkat signifikan, dengan tambahan 500 anak setiap tahun, yang menunjukkan perlunya perhatian khusus dalam pendidikan mereka. Anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, berinteraksi sosial, serta dalam keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi media animasi 3D berbasis Surah Al-Ikhlas dan Surah Al-Kautsar sebagai program bimbingan baca-tulis untuk anak-anak autis usia 7-10 tahun. Dengan pendekatan naratif dan karakter interaktif, media ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta pemahaman huruf hijaiyah dan pengucapan ayat-ayat Al-Quran. Melalui metode Design Thinking, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner untuk memahami tantangan yang dihadapi anak-anak autis dalam pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa anak-anak merespons positif terhadap media ini, yang menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif. Selain itu, media animasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak-anak autis dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif bagi anak-anak dengan autisme, serta memperbaiki kualitas pembelajaran mereka secara keseluruhan.

Keywords


anak autis; animasi 3D; Surah Al-Ikhlas; Surah Al-Kautsar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdilah, M. M. E., Juniardi, N. F., & Fresy, N. (2021). Metode pose to pose untuk membuat animasi 3 dimensi Islami "Keutamaan Berbuka Puasa". Jurnal Sains dan Informatika, 7(2), 145–154.

Abdurrohman, A., Addin, A., & Nurfitri, R. (2023). Perancangan desain maskot Kabupaten Situbondo dengan pendekatan design thinking. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1), 38–46.

Aisyah, S., Ferdian, O. A., Zubaidah, & Mutia, D. S. (2023). Kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi batik di program studi pendidikan seni rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 12(November).

Amalia, A. (2020). Intervensi musik Mozart untuk menurunkan simtom (gejala) gangguan konsentrasi dengan hiperaktivitas pada anak autis. Psycho Holistic, 2(2), 247–260.

Aprillia, A., Iswari, M., Damri, D., Taufan, J., & Arnez, G. (2024). Mengurangi perilaku memberontak pada anak gangguan spektrum autisme melalui terapi musik klasik di LDPI Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10757–10763.

Azzura, O., & Sukinah. (2023). Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media papan alphabet 8s pada anak autis di SLB Negeri Sambas. Jurnal Pendidikan Khusus, 19(1), 43–53.

Desiningrumrum, R. D. (2007). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Depdiknas.

Kusuma, W. T., Haris, M. S., & Khudori, A. N. (2023). Perancangan audio murottal Al-Qur’an untuk terapi emosi anak autis menggunakan metode human centered design. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(1), 253–262.

Kusumawardhani, R. D. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran inovatif bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 319–327.

Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa, dan umum. Pustaka Abadi.

Mauludiyah, E. R., Handriyantini, E., & Nurfitri, R. (2022). Perancangan motion graphic pola makan ibu hamil sebagai bahan sosialisasi stunting Desa Jambearjo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 6(1), 52–64.

Mulyani, D. C., Pujiyanto, P., & Nurfitri, R. (2020). Perancangan video pariwisata Kawah Wurung Bondowoso sebagai media promosi. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 20–25.

Murtadlo, M. K., & Prasetyo, D. (2024). Serial animasi astronomi berbasis edutainment untuk siswa sekolah dasar: Episode Planet Merkurius. Jurnal Desain, 11(2), 226–239. https://doi.org/10.30998/jd.v11i2.16421

Nasional.tempo.co. (2023). Jumlah anak autis meningkat, diduga salah satu penyebab karena BPA. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1715087/jumlah-anak-autis-meningkat-diduga-salah-satu-penyebab-karena-bpa

Nofitry, R., & Fatmawati. (2020). Ranah Research. Ranah Research, 2(2), 276–282.

Novrita, S. Z., Yusmerita, P., Puspaneli, L., Fridayati, L., & Vebyola, F. (2023). Pengembangan video tutorial teknik batik tulis sebagai media pembelajaran pada mata kuliah batik di Departemen IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 12(1), 91. https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.39760

Nurfitri, R., Adaptian, J. A., & Kanthi, Y. A. (2024). Perancangan video dokumenter proses produksi sasirangan sebagai media edukasi. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 13.

Prayogo, P. N., Sudiati, L. E., & Rofi, M. (2023). Implementasi AI dalam membangun animasi sahabat imajiner anak autis sebagai media pembelajaran. Soscied, 6(2).

Salmihah, C. M., Sham, F. M., Ali, M. M., & Kusrin, Z. M. (2018). Kepentingan pengajaran Al-Qur’an untuk perkembangan psikologi anak-anak autisme. International Journal for Studies on Children, Women, Elderly and Disabled, 4, 24–31.

Saranani, M. S. (2022). Efektivitas model pembelajaran berbasis multimedia dalam pengembangan bahasa anak autisme. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5827–5839. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2280

Sukma, L. A., & Rianto, E. (2013). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menulis anak autis di SD Inklusi Putra Harapan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1), 1–7.

Toding, R. E., Poerbaningtyas, E., & Nurfitri, R. (2022). Perancangan corporate identity CV Arya Wasa sebagai citra perusahaan. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 480–488.

Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Waeo, V., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. A. (2016). Implementasi gerakan manusia pada animasi 3D dengan menggunakan metode pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Wahyu, T. K., Faurika, M. S., Haris, M. S., & Khudori, A. N. (2022). Perancangan audio murottal Al-Qur’an untuk terapi emosi anak autis menggunakan metode human centered design. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(1), 253–262. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.901

Yulius, Y., & Pratama, E. (2021). Metode design thinking dalam perancangan media promosi kesehatan berbasis keilmuan desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i2.26457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yekti Asmoro Kanthi, Rina Nurfitri, Ana Rafikayati, Ismi Nur Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics