Perancangan Alternatif Sign System Sebagai Informasi Lokasi Penjualan di Pasar Legi Kota Gede

M.S. Andrijanto(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pasar tradisional adalah tempat transaksi secara langsung antara konsumen dengan penjual. Fungsi pasar tradisional saat ini tidak hanya tempat terjadinya jual beli, tetapi juga sudah berkembang sebagai tempat yang multifungsi dan bertemunya masyarakat sosial dan budaya. Salah satu permasalahan pokok di Pasar Legi Kotagede adalah kurangnya signage atau tanda yang memudahkan para pembeli untuk mencari tempat maupun arah jalan ke lapak pedagang, yang menyebabkan ketidak nyamanan bagi pembeli terlebih bagi pengunjung yang baru datang ke Pasar Legi Kotagede Yogyakarta. Sign system adalah sebuah sistem penandaan yang sesuai dengan kebudayaan warga masyarakatnya, selain sebagai petunjuk, penamaan, penyampaian informasi singkat, dapat juga berupa aturan-aturan atau norma-norma yang dipakai dan diakui pada tempat tertentu dan dapat dimengerti oleh warga masyarakatnya (Kartika, 2010: 223). Perancangan sign system pada pasar Legi Kotagede menggunakan salah satu ornamen yang terdapat pada petunjuk tempat di wilayah Kotagede, ornamen yang peneliti gunakan adalah ornamen Lung-lungan. Motif Lung-lungan (sulur) adalah motif ukir berupa tumbuh-tumbuhan berujud sulur atau tumbuhan yang menjalar dengan untaian daun dan pucuk batang muda. Bentuk motif Lunglungan bervariasi, adapun jenis pohon-pohon yang sering distilir untuk hiasan.  Lunglungan adalah teratai (padma), daun kluwih, bunga melatih, pohon bunga dan daun markisah, buah keben, tanaman rambat atau tanaman-tanaman yang bersifat melata dan beringin (Ismunandar dalam Dorno, 2014:72).


Keywords


pasar tradisional; sistem rambu; ornamen lung-lungan;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ensiklopedia Kota Gede. (2009). Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Gustami, Sp. (2004). Proses Penciptaan Seni Kriya: Untaian Metodologis. Yogyakarta: Program Pascasarjana S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni ISI Yogyakarta

Kartika, R. (2010). Konsep Visual Sistem Sarana Isyarat Petunjuk (Sign System) Di Kampus Syahdan Binus University. Jurnal Humaniora Vol. 1. No. 2.

Oktavia, G. (2007). Redesain Pasar Jongke Surakarta. Skripsi S-1.Fak. Teknik .Jurusan Arsitektur, Universitas Atma Jaya.

Ratna, N.K., (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Retnowati. (2011). Bentuk Interaksi antar Pedagang Aksesori Di Emperan Toko(Perko) MALIOBORO Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Rukiah, Y. dan Andrijanto, MS. (2017). Pasar Legi Kotagede Yogyakarta Perancangan Alternatif Perangkat Jualan Di Pasar Legi Kotagede. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti Vol 14 – No. 1 – September 2017. Jakarta.

Sadillah, Emiliana dkk. (2011). Eksistensi Pasar Tradisional. Yogyakarta: Balai Pelestarian Sejarahdan Nilai Tradisional.

Setianto, (2008). Masa Depan Pasar Tradisional, Bahan Presentasi CPMU-USDRP Ditjen Cipta Karya.

Soepratno. (1997). Ornamen Ukir Tradisional Jawa II. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tanuwidjaja, G. (2012). Kualitas Elemen Arsitektur sebagai Penunjang Kemudahan Wayfinding dan Orientasi di Gedung Universitas Kristen Petra. Surabaya

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/historic-and-heritage-sight/kotagede/

http://www.kotagedeheritage.org/index.php/profil-kotagede/situs-sejarah.html

www.kompasiana.com

http://mesjidgedhe.or.id/filosofi-ukiran-dan-ornamen/

http://eprints.uny.ac.id/17241/1/Jeksi%20Dorno%2010207244022.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 M.S. Andrijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics