Pilah sampah melalui media edukasi kreatif: pendekatan design thinking

Marcellino Chandra(1*), Yana Erlyana(2)

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya volume sampah di Indonesia yang tidak diimbangi dengan solusi yang tepat untuk menanganinya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengadaan tempat pembuangan akhir sampah (TPST), seperti TPST Bantargebang. Namun, TPST ini memiliki permasalahan penyusutan kapasitas ruang sampah dan belum menerapkan sistem pengelolaan yang baik. Pendidikan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah, termasuk pada anak usia dini. Salah satu cara yang menarik untuk mengedukasi anak usia dini adalah dengan menggunakan media edukasi bermain. Media edukasi bermain ini perlu dirancang dengan memperhatikan visual yang menarik bagi anak. Perancangan ini bertujuan untuk merancang media edukasi bermain berbasis visual dan warna untuk menumbuhkan kebiasaan memilah sampah pada anak usia dini. Perancangan ini menggunakan metode design thinking dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi pustaka disertai dengan pengujian menggunakan metode focus group discussion. Media edukasi kreatif ini menggunakan unsur simbolik penggunaan warna sesuai dengan kategori penggolongan tempat sampah yaitu hijau dan kuning dengan hasil bahwa media edukasi kreatif ini dapat membantu anak-anak untuk mengingat dan memudahkan anak-anak dalam mebedakan sampah organik dan non-organik. Sehingga dapat disimpulkan melalui peracangan ini yang membawa pendekatan visual dan media pembelajaran interaktif, media ini dapat menjadi alternatif solusi dalam pendidikan mengenai sampah sejak dini.

Keywords


Media Edukasi; Visual; Sampah; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Anggraini, L., Nathalia, K., Dewi, Kultsum, A., Hamshire, Forsyth, W., Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2017). Desain Komunikasi Visual : Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi (Vol. 3, Issue 2).

Armadi, N. M. (2021). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Mengelola Sampah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. https://doi.org/10.52318/jisip.2021.v35.1.2

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Erlyana, Y., & Nadya, N. (2018). Analisis Desain Kemasan Mi Instan Edisi Khusus Indomie Tempo Doloe. Titik Imaji, 1(1). https://doi.org/10.30813/.v1i1.1087

Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi SMP Negeri 2 Toma. Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Mardiana, S., Berthanilla, R., Marthalena, M., & Rasyid, M. R. (2019). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Pengelolaan Pembuangan dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Kaligandu Kota Serang. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v1i2.1910

Rohita., & Asnawiyah, D. (2021). Pemahaman Orangtua Mengenai Sampah Non Organik Dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25308

Rumondor, G., & Erlyana, Y. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Jejak Kuliner Khas Kawanua Sebagai Media Informasi. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1). https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1135

Rupnidah, Suryana, & Dadan. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1).

Sudharma, K. J. A., & Juniari, N. L. M. (2023). Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pemilahan Sampah Melalui Penerapan Zero Waste. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5363

Supriadi, O. A., & Arianti, A. S. (2021). Kajian Visual Desain Karakter Maskot “Dimas-Ti.” Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 8(1). https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19917

Wongso, L., & Erlyana, Y. (2020). Perancangan Light Novel Sitti Nurbaya Dengan Ilustrasi Cat Air. Jurnal Titik Imaji, 3(1).

Wulandari, A. M., & Purba, R. (2021). Perancangan Board Game Edukatif Tentang Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal FSD, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i3.24282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Marcellino Chandra, Yana Erlyana, Yana Erlyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.