Buku pop-up relief fabel Candi Sojiwan sebagai media belajar melukis anak usia dini

Desiana Muryasari(1*)

(1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini berfokus pada perancangan media buku pop-up cerita fabel relief candi Sojiwan sebagai media belajar melukis anak. Pendekatan penelitian menggunakan Research and Development yang melibatkan 30 peserta didik TK Laboratori Pedagogia FIP UNY. Objek penelitian adalah fabel relief candi Sojiwan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data relief candi Sojiwan yang diperoleh melalui pendekatan kualitatif dikembangkan menjadi media pop-up menggunakan model Borg dan Gall. Berdasarkan karakteristik anak usia dini, fabel yang dipilih dalam buku pop-up yaitu Dua Ekor Angsa Menerbangkan Kura-kura. Hasil perancangan berupa buku pop-up bertampilan potrait ukuran 21x29,7cm berjumlah 10 halaman dengan teknik pop-up pyramid, internal stand, v-folding, lift the flaps, quadrilaterals, pop-up house, solid shapes, zig-zag-fold, dan the basic box. Bagian akhir buku pop-up berisikan lembar nilai edukasi yang memuat pesan atau nasihat arif dengan memperhatikan aspek visual. Efektifitas produk buku pop-up dalam pembelajaran melukis berdasarkan expert judgement memperoleh skor persentase 96,53% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil lukisan individu diperoleh 53% peserta didik “Berkembang Sangat Baik” dan 47% peserta didik “Berkembang Sesuai Harapan” sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku pop-up cerita fabel relief candi Sojiwan dapat digunakan dalam pembelajaran melukis.


Keywords


Media; Pop-up; Relief; Fabel

Full Text:

PDF

References


Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2022). Validasi Media Pop-Up Book Materi Mengenal Anatomi Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 294-301. https://doi.org/10.36312/lpi.v3i3.93.

Cahyono, N. H., Barriyah, I. Q., & Susanto, M. R. (2023). Kajian Ikonology Relief Pancatantra Candi Sojiwan: Sebuah Dimensi Multikultur. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 11(2), 142-160. https://doi.org/10.36806/jsrw.v11i2.172.

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku pop-up wayang tokoh Pandhawa pada mata pelajaran bahasa jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1-16. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).

Dipodjojo, A. S. (1983). Cerita binatang dalam beberapa relief pada Candi Sojiwan dan Mendut. Lukman Offset.

Jin, Y., Yang, H., Ji, W., Wu, W., Chen, S., Zhang, W., & Duan, G. (2020). Virology, epidemiology, pathogenesis, and control of COVID-19. Viruses, 12(4), 372. https://doi.org/10.3390/v12040372.

Harpawati, T., & Sugiharto, R. A. (2020). Alih Wahana Relief Cerita Binatang di Candi Sojiwan Ke Dalam Film Animasi Sebagai Pendidikan Budi Pekerti Bagi Anak. Acintya, 12(2), 212-225. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/3585/3161.

Makhmudah, S. (2020). Penanaman nilai keagamaan anak melalui metode bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3928-3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2021). Data Terkait COVID-19 di D.I Yogyakarta. Yogyakarta: Retrivied from https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Sari, S. A. A., Kurniawan, A., & Hapsari, W. W. (2022). Perancangan Pop-Up Book Candi Peninggalan Masa Mataram Kuno di Provinsi Jawa Tengah Kepada Anak Kelas 4-6 Sekolah Dasar. FAD, 10-10. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/1128/1067.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suyadi & Dahlia. (2015). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Triwijaya, S. & Widyaningrum. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book bagi Pembelajaran Cerita Wayang Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3). https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas/article/view/2315.

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187-192.

Widiyanto, W., & Jatmikowati, T. E. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Yasmin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-7. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/yasmin/article/view/3218/2629.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desiana Muryasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics