Strategi pengembangan fasilitas ruang Sentra Handayani: dampak anak bermasalah sosial

Rachmita Maun Harahap(1*), Muhammad Fauzi(2), Cika Putri Safani(3)

(1) Universitas Mercu Buana
(2) Universitas Esa Unggul
(3) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap tahun, semakin banyak kasus anak yang mengalami masalah sosial. Anak dengan disabilitas adalah salah satu anak yang memiliki masalah sosial. Ketika mereka terpapar kekerasan, kekerasan seksual, penghinaan, pelecehan, narkoba, dan bentuk-bentuk pelecehan lainnya, anak-anak penyandang disabilitas tidak memiliki kemampuan untuk melarikan diri atau memberontak.  Anak-anak dengan masalah sosial membutuhkan tempat rehabilitasi yang mendorong proses terapi atau penyembuhan korban.  Sentra Handayani adalah salah satu fasilitas rehabilitasi di Jakarta. Tujuan dari penelitian arsitektur yang menggunakan pendekatan desain inklusif ini adalah agar setiap anak dapat beraktivitas secara bebas dan produktif, terlepas dari kondisi fisik mereka.  Penelitian ini juga melihat tempat, fasilitas, dan aksesibilitas yang dapat digunakan oleh semua anak, terlepas dari kondisi kesehatan fisik maupun mental mereka. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan juga metode kuantitatif dengan perhitungan skala Likert. Analisis informasi yang dikumpulkan dari dokumentasi, wawancara informan, dan observasi lapangan. Temuan dari penelitian ini antara lain rekomendasi desain inklusif, seperti desain universal dan ruang tuli, yang dapat diimplementasikan secara efektif agar semua anak bermasalah sosial, termasuk anak dengan disabilitas, dapat secara mandiri dan efektif mengunjungi gedung Panti Handayani. Adanya pedoman PUPR Nomor 14/PRT/M/2017 dapat meningkatkan kesadaran akan isu aksesibilitas di kalangan masyarakat umum, terutama di antara pihak-pihak terkait seperti pemerintah, pengelola bangunan, desainer, atau calon desainer arsitektur. 


Keywords


Anak; masalah sosial; disabilitas; Sentra Handayani; Desain Inklusif

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D. (2019). Kajian Furniture Pada Interior Ruang Kelas Penyandang Autis. Narada?: Jurnal Desain Dan Seni, 6(2), 227. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i2.002.

Bauman, H. D. L. (2004). Audism: Exploring the metaphysics of oppression. Journal of deaf studies and deaf education, 9(2), 239-246. https://doi.org/10.1093/deafed/enh025.

Bauman, H-Dirksen L. & Murray, J. J. (2014). Deaf Space: an architecture toward a more livable and sustainable world chapter author (s) Hansel Bauman. Book Title: Deaf Gain. Raising the Stakes for Human Diversity. Published by: University of Minnesota Press.

Bawa, H. M. (2013). Inclusive & Rehabilitative Environment [University of Cape Town]. https://issuu.com/hitenbawa.

Beatrice, A., & Susanto, L. N. F. (2021, June). Pengaruh Perancangan Interior Terhadap Psikologi Pada Sekolah Inklusi Taman Kanak-Kanak di Era New Normal. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 158-174). http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1138.

Borowczyk, J. (2019, February). Rehabilitation Spaces–Architecture for Children with Multiple Disabilities. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 471, No. 7, p. 072017). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1757-899X/471/7/072017.

Chiambretto, A. (2016). DeafSpace individuality+ integration in Gallaudet university by Asta Kronborg Triilingsgaard. Gallaudet University, Washington Dc, Usa.

Creswell, J. W. (2008). Research design qualitative, quantitative and mixed methods approches, SAGE Publications, California.

Gil, T. (2018). The Long-Term Impact of Child Abuse: Its effect on mothering and self estee. Psychology Today.

Gómez, G., & Wakes, S. (2022). An inclusive design framework for novice students doing bioengineering and rehabilitation design. Base Diseño e Innovación, 7(6), 71-92. https://doi.org/10.52611/bdi.num6.2022.782.

Hallahan, D.P. & Kouffman, J. M. (1991). Exceptional Children: Introduction to Special Education (fifth ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Handoyo, Y. A. (2020). Perancangan Interior Vokasi Tunarungu Internasional Di Jakarta Timur Dengan Penerapan Konsep Desain Deaf Space. Skripsi. Univesitas Mercu Buana. https://repository.mercubuana.ac.id/52146/.

Harahap, R. M., & Lelo, L. (2020). Implementasi Elemen Desain Ruang Fisik bagi Mahasiswa Tuli di Perguruan Tinggi Jakarta. Jurnal Desain, 8(1), 1-16. https://doi.org/10.30998/jd.v8i1.6388.

Harahap, R. M., Permatasari, C., Hayati, A., & Bararatin, K. Kajian Ruang Kepegawaian Di Gedung Komisi Nasional Disabilitas Dalam Konsep Desain Inklusif. INKLUSI, 9(2), 167-196. https://doi.org/10.14421/ijds.090203.

Harahap, R. M., Santosa, I., Wahjudi, D., & Martokusumo, W. (2019). Interiority of public space in the deaf exhibition center in Bekasi. Sinergi, 23(3), 245-252. DOI: http://dx.doi.org/10.22441/sinergi.2019.3.009.

Harahap, R. M., Santoso, I., Wahjudi, D., & Martokusumo, W. (2020). Study of interiority application in deaf space based lecture space: Case study: the Center of Art, Design & Language in ITB building. Journal of accessibility and design for all: JACCES, 10(2), 229-261. https://doi.org/10.17411/jacces.v10i2.245.

Kemen PPPA. (2019). Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/f0a66-menemukenali-dan menstimulasi-anak-penyandang-disabilitas.pdf.

Mace, R. L. (1997). Accessible Environments: Toward Universal Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Mardina, R. (2018). Kekerasan Terhadap Anak dan Remaja. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI (p. 12).

Mardiyanto, M., Caesariadi, T. W., & Andi, U. F. Panti Asuhan Anak Di Kota Pontianak Dengan Pendekatan Desain Inklusif. Jmars: Jurnal Mosaik Arsitektur, 10(2), 584-598.. https://doi.org/10.26418/jmars.v10i2.57203.

Moores, D. F. (1982). Educating the Deaf, Psychology Principles, and Practices, Boston: Hooughton Mifflin CompanyManley, S. (2016). Inclusive Design in the Built Environment. Who Do We Design for? Training Handbook, March/April.

Peraturan Menteri PUPR No 14/M/PRT/2017. (2017). Kemudahan persyaratan bangunan, buku Pedoman Kementerian PU RI, Jakarta.

Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Dikti No 46 tahun 2017. (2017): Pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus di perguruan tinggi, Jakarta.

Peraturan Presiden UU No 8 tahun 2016. (2016). Penyandang disabilitas. Jakarta

Peshkin, A. (1993). The goodness of qualitative research Educational Researcher, v. 22, n. 2.

Roring, M. P., Waani, J. O., & Sela, R. L. (2020). Pusat Rehabilitasi Korban Kekerasan Seksual di Kota Manado, Privasi dalam Arsitektur. Jurnal Arsitektur DASENG, 9(2), 10-18.

Safana, C. P., Harahap, R. M., Harahap, T. F., Rosita, V. A., Maulana, A. A., & Almuzaini, A. A. (2021, July). Mokasi Standarisasi Penerapan Konsep Deaf Space Pada Ruang Publik. In Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS) (Vol. 3, No. 1, pp. 466-485). https://ojs.uph.edu/index.php/SNDS/article/view/58.

Sirvage, R. (2012): My point is design. Not to design an environment around me, but to design an environment for all of us. Hales, 2013.

Unicef. (2020). Situasi anak di Indonesia-Tren, peluang, dan tantangan dalam memenuhi hak-hak anak. Unicef Indonesia, 2020.

Wicaksono, & Tisnawati. (2014). Teori Interior. Griya Kreasi.

Worrell, R. A. T. (2011). Architectural communication accessibility for the deaf and hard-of-hearing in office buildings. The Catholic University of America.

Yusman, A. (2019). Peran Balai Rehabilitasi Sosial Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani Jakarta Timur Dalam Penanganan Anak Pelaku Kekerasan Sosial. Skripsi. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rachmita Maun Harahap, Muhammaf Fauzi, Cika Putri Safani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics