Video profil animasi 3D sebagai identitas brand parfum XYZ

Jessica Avelia Setiawan(1*), Yana Erlyana(2)

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara dengan brand lokal terbanyak, namun kurangnya inovasi yang dilakukan oleh perusahaan dan brand lokal menjadi salah satu alasan mengapa brand lokal masih kurang diminati. Penggunaan video profil terutama dalam bentuk animasi sangat berpengaruh untuk identitas sebuah produk yang membentuk citra brand. Penelitian ini menggunakan brand lokal TYKHE sebagai subjek penelitian. Mengingat TYKHE masih dalam tahap pengembangan, maka dibutuhkannya video profil yang sesuai pada citra brand sebagai identitas dari brand tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pembuatan video profil dalam bentuk animasi 3D dan media pendukungnya. Metodologi penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan keseluruhan proses pembuatan animasi. Proses penelitian terdiri dari tahap perencanaan konsep, perancangan, dan pembuatan animasi dengan memanfaatkan software 3D. Analisis yang didapat yaitu animasi 3D dan media pendukungnya dapat menunjang identitas pada sebuah brand, sebagai bentuk inovasi baru dalam pengembangan industri kreatif brand lokal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan media alternatif kreatif baru dalam dunia brand dan juga animasi di Indonesia.

Keywords


Animasi 3D, Produk XYZ, identitas brand, video profil

Full Text:

PDF

References


Aditya. (2009). Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Andal. Andi Publisher. https://Www.Bukukita.Com/Komputer-Dan-Internet/Desain-Grafis/71614-trik-dahsyat- menjadi-animator-3d-andal.html

Al Farabi, M. M. (2020). Analisis Semiotika pada Iklan Animasi Oreo Penuh Keajaiban “Aladin dan Ahli Sihir”. Gestalt, 2(1), 13-26. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33005/Gestalt.V2i1.49

Anwar, M. C. (2022). Kenapa Produk Lokal Kalah Bersaing Dengan Produk Impor? https://Money.Kompas.Com/Read/2022/06/12/160528126/Kenapa-Produk-Lokal-Kalah-Bersaing-Dengan-Produk-Impor?Page=All

Anzari, P. P., Wicaksono, L. H., Pratiwi, S. S., & Santi, D. (2021). Pembuatan Video Profil Sebagai Penguat Identitas dan Sarana Promosi di UKM Verte Bleue Spirulina Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(2), 161-167. https://Doi.Org/10.31328/Js.V4i2.2702

Ardiansyah, R. Y., Daniar, A., & Nisa, D. A. (2021). Analisa Efektifitas Penggunaan Animasi 3d Dalam Iklan The New Macbook Pro 2021. https://Www.Youtube.Com/Watch?V=9tobl8u7dqo

Azel, F. E., & Kusdibyo, L. (2022). Prosiding the 13th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35313/Irwns.V13i01.4372

Blazer, L. (2020). Animated Storytelling: Simple Steps for Creating Animation & Motion Graphics. Peachpit Press. https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Diooyaeacaaj

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to The Social Sciences. https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Introduction_To_Qualitative_Research_Met.Html?Id=1fs1aaaaiaaj&Redir_Esc=Y

Buttigieg, A. (2021, September 13). What Is The 3D Animation Pipeline? Artstation.Com. https://Www.Artstation.Com/Blogs/Abuttigieg/Wzaz/What-Is-The-3d-Animation-Pipeline

Cooper, J. (2021). Game anim: Video game animation Explained. Crc Press.

Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa Dan Rara Di Channel Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar Sd Bagan Batu. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30596%2Finteraksi.V3i2.3349

Denham, T. (2020). What Is 3D Hard Surface & Organic Modeling? https://Conceptartempire.Com/Hard-Surface-Organic-Modeling/

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Jurnal S1 Manajemen, 114. https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/196142693.Pdf

Hadi, E. K. (2021). Perancangan Animasi 3D" Remember" dengan Metode Pose to Pose. Nuansa Informatika, 15(2), 14-20. https://Journal.Uniku.Ac.Id/Index.Php/Ilkom

Hananto, B. A. (2020, March). Tinjauan tipografi dalam konteks industri 4.0. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 3, pp. 132-139). Online. http://Senada.Std-Bali.Ac.Id

Hanindo. (2021, Desember 20). Company Profile Dengan Animasi Video – Apakah Lebih Efektif? (Pegadaian). Hanindo.co.id. https://Www.Hanindo.Co.Id/Post/Company-Profile-Dengan-Animasi-Video-Apakah-Lebih-Efektif

Harahap, M. I. (2021, Juni 11). Alasan Pentingnya Membuat Video Company Profile. Entrepreneurcamp.Id. https://Entrepreneurcamp.Id/Alasan-Pentingnya-Membuat-Video-Company-Profile/

Hertanto, E. (2017). Perbedaan skala likert lima skala dengan modifikasi skala likert empat skala. Metodologi Penelitian, 2(2-3). https://Www.Academia.Edu/34548201/Perbedaan_Skala_Likert_Lima_Skala_Dengan_Modifikasi_Skala_Likert_Empat_Skala

Humas. (2022, Maret). Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Pemerintah Dorong Peningkatan Penggunaan Produk Lokal. Setkab.Go.Id. https://Setkab.Go.Id/Dongkrak-Pertumbuhan-Ekonomi-Pemerintah-Dorong-Peningkatan-Penggunaan-Produk-Lokal/

Indonesia, K. P. (2020). Indonesia Berpotensi Lahirkan Banyak Global Brand. Investor Daily.

Infojabodetabek.Com. (2023). Luas Wilayah Dan Jumlah Penduduk Jabodetabek. Infojabodetabek.Com. https://Www.Infojabodetabek.Com/Luas-Wilayah-Dan-Jumlah-Penduduk-Jabodetabek/

Juwitasari, A. (2022, Juli 6). Langkah Aksi Membangun Brand Untuk Meningkatkan Nilai Dan Citra Positif Produk/Perusahaan. Ukmindonesia.Id/. https://Www.Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Langkah-Aksi-Membangun-Brand-Untuk-Meningkatkan-Nilai-Dan-Citra-Positif-Produkperusahaan

Kerlow, I. V. (2009). The Art Of 3D Computer Animation and Effects. John Wiley & Sons.

Konnurmath, G., & Chickerur, S. (2023). An Investigation into Power Aware Aspects of Rendering 3D Models on Multi-Core Processors. Procedia Computer Science, 218, 887–898. https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2023.01.069

Laksmiwati, D., Junaidi, E., & Hakim, A. (2019). The Applying of Chemistry Laboratory Based on Maritime Culture. Creative Education, 10(6), 1116-1124. https://Doi.Org/10.4236/Ce.2019.106084

Maharani Jasmine, A., & Benaya Loen, R. (2020). Penggunaan Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Meningkatkan Promosi Pada PT Avoir Industry (The Use Of Company Profile Video As A Means of Information and Increase Promotion at PT Avoir Industry). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(2), 125-132.

Mardiastuti, A. (2022). Mengenal Rumus Slovin, Kapan Digunakan dan Contoh Soal. Retrieved from. https://Www.Detik.Com/Jabar/Berita/D-6253944/Mengenal-Rumus-Slovin-Kapan-Digunakan-Dan-Contoh-Soal

Migotuwio, N. (2020). Desain Grafis: Kemarin, Kini, Dan Nanti. Alinea Media Dipantara.

Nahda, A. S., & Afif, R. T. (2022). Kajian Semiotika dalam Animasi 3D Let’s Eat. Jurnal Nawala Visual, 4(2), 81-86. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35886/Nawalavisual.V4i2.434

Oktavia, R. N. (2021). Perkembangan Media Sosial Di Kalangan Generasi Muda. https://Kpi.Iainkediri.Ac.Id/Perkembangan-Media-Sosial-Di-Kalangan-Generasi-Muda/

Pangestika, W. (2022). Digital Marketing: pengertian dan jenis strategi penerapan bisnis. Retrieved from mekari jurnal: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya

Paramitha, A. I. (2014). Kisah Ayu Intan Permani. https://Docobook.Com/Animasi-3d-Kisah-Ayu-Intan-Permani-Jurnal-Skripsi.Html

Pratama, R. A., Samodra, J., & Sutrisno, A. (2022). Video Animasi Compositing Kiat-Kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jolla: Journal of Language, Literature, And Arts, 2(10), 1483–1503. https://Doi.Org/10.17977/Um064v2i102022p1483-1503

Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265). https://Eprosiding.Idbbali.Ac.Id/Index.Php/Senada/Article/View/147

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi. https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Yqwveaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=PP1&Dq=Pengantar+Desain+Komunikasi+Visual&Ots=Z98_Tle4qL&Sig=Ltzx7k6anfupcrk5f-Fneuxdzfw&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Pengantar%20Desain%20Komunikasi%20Visual&F=False

Samara, T. (2004). Typography Workbook: A Real-World Guide to Using Type In Graphic Design. Rockport Publishers. https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Denl7kwym4ec

SEO Management. (2022, Juli 13). Rumus Slovin: Pengertian, Notasi, Dan Contoh Soal. Sampoernaacademy.Sch.Id. https://Www.Sampoernaacademy.Sch.Id/Id/Rumus-Slovin/

Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125-136. http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Abdimas

Setyadinoto, A. L. (2020). 3D Modeling. Dalam Game Lab Indonesia. https://Www.Gamelab.Id/News/259-Mengenal-3d-Modelling#:~:Text=3D%20Modelling%20adalah%20proses%20untuk%20menciptakan%20objek%203D,Dalam%20tiga%20dimensi%20%28baik%20benda%20mati%20maupun%20hidup%29.

Suanto, W., & Martyastiadi, Y. S. (2020). Modular technique of 3D modeling and procedural texturing for 3D Game Environment Design of “Jurnal Pahlawan”. In International Conference Intermedia Arts Creative Technology (pp. 5-12). https://Doi.Org/10.5220/0008525200050012

Sugiono, A. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (1 Ed.). Alfabeta.

Waeo, V., Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. (2016). Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Wijoyo, S. A. (2020). Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Dengan Metode Matriks Bcg Dan Swot. https://Eprints.Umm.Ac.Id/40862/

Winarni, R., & Astuti, E. R. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Sisiwa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 69-79. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V4i2.2249




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jessica Avelia Setiawan, Yana Erlyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics