Pembuatan Media Komunikasi Menggunakan Motion Graphic untuk Sosialisasi Job Family pada Bank Indonesia

Fairuz Siregar(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran sosialisasi Job Family melalui pembuatan motion graphic sebagai media komunikasi  berbasis video yang unik dan mudah dipahami oleh pegawai Bank Indonesia. Manfaat dari sosialisasi Job Family menggunakan motion graphic ini adalah terciptanya pengetahuan dasar tentang kebijakan Job Family sehingga, selanjutnya pegawai akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang jalur karier, pengembangan karier serta peran dan fungsi pegawai berdasarkan  Job Family. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Luther, yang meliputi tahapan Concept; Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Berdasarkan paparan pembuatan media komunikasi untuk sosialisasi Job Family menggunakan motion graphic, dapat disimpulkan bahwa video motion graphic menjadi salah satu terobosan baru dari berbagai media komunikasi yang digunakan dalam rangka sosialisasi. Motion graphic yang telah dibuat berdurasi 1 menit 28 detik dengan format video mp4 yang memiliki kapasitas ukuran sebesar 49 MB dengan menggunakan perangkat lunak Adobe After Effect CS6. Motion graphic ini tersusun dari 6 scene dan 1 musik latar. Motion graphic media komunikasi untuk sosialisasi Job Family ini dibuat dengan durasi yang singkat dan materi yang padat, sehingga dapat mudah dimengerti dan dipahami.


Keywords


motion graphic; sosialisasi job family

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Armstrong, M. (2002). Employee Reward. Wildside Press. CIPD Publishing.

Andrews, S. (2009). Human Resource Management. Tata McGraw.

Pirngadi, T. (2016). Majalah Fokus Bank Indonesia. Jalur Karier Sesuai Passion Edisi 31- 33. DSDM BI.

Baran, S. J. dan Davis, D. K. (2010). Teori Komunikasi Massa Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Nuruddin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajagrafindo.

Albig, W. (2007). Public Opinion. Read Books.

Satu, V. (2009). Panduan Belajar dan Evaluasi Sosiologi. Jakarta: Grasindo.

Boardman, A. (n.d.). What is Motion graphic. Retrieved from alboardman.

Gumelar, M.S. (2012). Academic Writing. Penerbit Lulu.com. pp. 55

Krishna, P., Machda, F. & Syukri, J. (2010). Sejarah Motion graphic . History of Motion Design, pp. 5-6

Indonesian Motion Magz. (2010). Motion by Design. History of Motion Design.

Jones, D. (2013). Motion graphic . Retrieved from Prezi: https://prezi.com/hxplssqvccjn/motion-graphics

Kusrianto, A. (2006). Macromedia Flash Proffesional 8. Jakarta: Gramedia.

Shaw, A. (2015). Design for Motion: Motion Design Techniques and Fundamentals. Taylor & Francis Group.

Rachmat, F. M. (2014). Rancang Bangun Media Promosi SMP Pius Cilacap. Jurnal Skripsi, pp. 7-8.

Darmayekti, G. (2007). Tracing Foto Menggunakan Gradient Mesh. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fairuz Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics