Interior gedung Sasana Suka Sekolah Karangturi di Semarang dengan konsep biomimikri

Zefania Audrey Santoso(1*), Mariana Wibowo(2)

(1) 
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Gedung serbaguna asrama sebuah sekolah memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Biomimikri merupkan sebuah metode inovasi yang didaptkan melalui inspirasi desain alam. Penggunaan biomimikri pada perancangan interior gedung serbaguna asrama dapat memberikan beberapa keuntungan, terutama untuk menciptakan ruang yang lebih fungsional, nyaman, dan ramah lingkungan. Metode yang digunakan adalah desain thinking dengan tahapan preparation, understanding, ideation, implementation, dan test, serta Final Output. Desain akhir Pada Desain Gedung serbaguna asrama ini menggunakan konsep biomimicry dengan judul The Ravens''s Den. Konsep ini merupakan konsep yang menggunakan metode biomimicry dimana pada konsep ini mengadaptasi kehidupan burung gagak yang merupakan maskot dari logo sekolah karangturi. burung gagak diambil sebagai konsep karena selain merupakan brand image dari sekolah karangturi, burung gagak merupakan burung yang banyak menggambarkan karakter dan nilai sekolah karang turi yang beberapa diantaranya adalah kecerdikan, solidaritas, dan meenjaga kebersihan. maka dari itu hutan yang merupakan habitat burung gagak diambil sebagai konsep untuk merepresentasikan biomimikri dari habitat serta prilaku burung gagak melalui pengaplikasian konsep Biomimikri, desainer dapat membuat sebuah desain bangunan yang awalnya merupakan sebuah lahan kosong yang belum direncanakan menjadi sebuah desain bangunan yang dapat memanfaatkan keadaan disekitarnya serta memiliki manfaat bagi penggunanya.


Keywords


Desain Interior; Gedung Serbaguna Asrama; Biomimikri

Full Text:

PDF

References


Antropometri Indonesia. (2013). Rekap Data Antropometri Indonesia. http://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri

Aryani, S. M. (2011). Minimalist Architecture; Discussion of Its Sustainability in Indonesia. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 1(6), 679-682. http://doi:10.18517/ijaseit.1.6.136

Birren, F. (2016). Color psychology and color therapy; a factual study of the influence of color on human life. Pickle Partners Publishing.

Buku Tahunan SMA Karangturi. (1999). Semarang, Indonesia: Karangturi.

Carroll, L. (2003). Choosing a Health Club in Desain Interior Pusat Kebugaran Bernuansa Dinasti Cina untuk Meningkatkan Semangat Pengguna, by D. Daniel.

Fazri, A. (2015). Pentingnya Ruang Publik untuk Masyarakat Indonesia. Accessed February 21. https://www.kompasiana.com/fazri17/pentingnya-ruang-publik-untuk-masyarakat-indonesia_560b49856223bde407182f15.

Kusumastuti, T., Wardhani, R. K., and Artha, I. S. (2015). Ergonomic Design of Kitchen in Dormitory Based on Anthropometry and Activity Analysis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri 14, no. 2: 121-132.

Noorwatha, I. K. D., dan Yupardhi, T. H. (2018). Retail Design: Buku Ajar Desain Interior Retail. Denpasar: Cakra Media Utama.

Nurhayati, Evi Syamsi, dan Sri Fatmawati. (2018). Biomimikri dalam Arsitektur: Strategi Desain Berkelanjutan Berbasis Alam. Jurnal Arsitektur Lansekap, halaman 77-86.

Santoso, V. B. (2013). Perancangan Interior Jill Stuart Fashion and Beauty Platform di Surabaya. Intra, 1(2).

Sari, S. M. (2003). Peran warna pada interior rumah sakit berwawasan healing environment terhadap proses penyembuhan pasien. Dimensi interior, 1(2), 141-156.

Sugiarto, B., Purwaningsih, W., dan Falah, F. (2020). "Desain Ruang Auditorium Berbasis Sifat Akustik Bangunan." Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 7, no. 2: 119-127.

Sully, A. (2015). Interior Design: conceptual basis. Springer.

Valente, E.M. & Zurlo, F. (2017). Biomimicry and Interior Design: Lessons Learned from Nature. Mediterranean Journal of Social Sciences, halaman 240-247.

Wibowo, A., Kusumo, F. A., and Setiawan, A. (2020). Penerapan Konsep Biomimikri Pada Desain Pusat Edukasi Hutan. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 6, no. 2: 111-117. http://doi:10.30591/jtsl. v6i2.482.

Yulianto, D., Susanto, H., & Triyono, D. (2018). Penerapan Biomimikri Pada Desain Pusat Informasi Hutan Mangrove Taman Nasional Ujung Kulon. Jurnal Arsitektur Lansekap Indonesia, 4(2), 70-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.18563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zefania Audrey Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics