Aktivasi Nala Carita sebagai media promosi batik Kediri

Daigo Tanu Saputra(1*), Paulina Tjandrawibawa(2)

(1) universitas ciputra surabaya
(2) Universitas Ciputra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap batik terkesan kuno, formal, dan tua. Nala Carita hadir dengan batik Kediri untuk menjawab permasalahan dengan menyampaikan pesan “Bercarita Budaya Dalam Gaya”, dimana batik akan dibuat lebih modern dan memiliki cerita di setiap motifnya sekaligus meningkatkan eksistensi batik Kediren sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana merancang brand activation beserta media promosinya yang sesuai bagi Nala Carita untuk meningkatkan awareness batik Kediri pada Gen Z. Media utama yang digunakan dalam aktivasi dan media promosi adalah Instagram karena sesuai dengan target audiens Nala Carita yaitu generasi Z yang berusia 18 - 25 tahun. Untuk mendukung perancangan ini, peneliti mengumpulan data sekunder sebagai landasan teori dengan sumber buku, jurnal, dan artikel. Selain itu penulis juga menggunakan data primer berupa validasi uji coba desain dengan metode kualitatif dan kuantitatif yaitu: wawancara kepada 4 orang expert user, wawancara kepada 3 orang extreme user, dan menyebarkan kuisioner online melalui google form kepada 56 responden. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa  diperlukan pemilihan daya desain dan warna yang sesuai untuk target audiens,  pemilihan layout dan copywriting harus diperhatikan agar menarik dan tidak membuat bosan. Selain itu, penggunaan fitur instagram juga diperlukan untuk berinteraksi dengan konsumen, pembuatan konten yang sedang trend juga diperlukan untuk menigkatkan awareness dan menjangkau lebih banyak audiens. Perancangan Nala Carita menghasilkan strategi aktivasi bagi brand Nala Carita berupa konten edukasi, video promosi, dan media promosi lainnya.


Keywords


Strategi Media Sosial; Aktivasi Merek; Kesadaran Merek; Nala Carita; Batik Kediri

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Arief, F. P. (2019). Perancangan Brand Campaign untuk Bisnis Foto Video Event Fay Motion Beserta Media Promosinya. Tugas Akhir. Desain Komunikasi Visual, Universitas Ciputra Surabaya.

Hasanudin, D., & Adityawan, O. (2020). Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface (UI). PANTUN: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 5(2).

Limandono, J. A. (2017). Pengaruh content marketing dan event marketing terhadap customer engagement dengan sosial media marketing sebagai variabel moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2015). Value proposition design: How to create products and services customers want. John Wiley & Sons.

Populix. (2022). Social Media Habit and Internet Safety. Populix, June 9. https://info.populix.co/report/social-media-habit-and-internet-safety-2/.

Pratomo, E. R. (2020). The use of Advertising and Social Media in Today's Teenage Lifestyle. VCD, 5(1), 35-45.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396.

Putri, S. S. I. (2019, September). Pelestarian Batik Melalui Wisata Edukasi Berbasis Budaya Visual Nusantara di Wilayah Kediri. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2019 (pp. 407-412). State University of Surabaya.

Ridho, M. A. (2020). Designing brand activation through Instagram for Semandtik. VCD, 5(2), 95-106.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya membangun customer engagement melalui media sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179-186.

Suhartono, N. P. (2021). Social Media Strategy: The Use of Social Media in Stationery Business to Reach Gen Z. VCD, 6(2), 109-119.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

Sutedja, M., & Fairuz, A. (2021). Fotografi Monokromatik Hitam Putih Dalam Dunia Fotografi Modern. Widyakala Journal, 8 (Special Issue), 46-51.

Tjandrawibawa, P. (2018). Motif Tekstil Sebagai Value Proposition Koleksi Brand Fesyen yang Marketable.

Wulandari, A. (2011). Batik Nusantara: Makna filosofis, cara pembuatan, dan industri batik. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.17736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 daigo tanu saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics