Redesain Logo UMKM A4 Photography

Ismail Bambang Subianto(1), Dhika Quarta Rosita(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


UMKM A4 Photography perlu melakukan redesain pada logonya agar usahanya mudah diingat, dapat dikenali dan memiliki daya saing. Tujuan penelitian ini untuk meredesain logo yang tepat bagi UMKM tersebut. Produk jasa tersebut adalah A4 Photography dimana bergerak dibidang jasa fotografi. Perancangan ini menggunakan metode tahap persiapan (meliputi pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara) dan tahap penciptaan meliputi pra produksi (konsep visual dan konsep media), produksi (alternatif desain dan final desain). Teknik pengumpulan data yakni studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain logo yang paling sesuai merepresentasikan A4 Photography adalah logo kombinasi sederhana dimana menggabungkan huruf a dan 4, dengan closed counter di huruf a yang menyerupai lensa kamera. Tahapan penciptaannya adalah mengevaluasi desain yang ada sebelumnya, menggali informasi dengan observasi dan wawancara, merumuskan creative brief, riset, eksplorasi ide dan merancang konsep, memvisualisasikan kata kunci, membuat alternatif desain, serta menyempurnakan desain akhir. Diharapkan melalui logo baru ini, brand UMKM A4 Photography dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.


Keywords


redesain; logo; UMKM; fotografi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, Fauzan, Zubaidah, dan Riri Trinanda. 2018. "Redsain Logo Usaha Roti Dan Kue Anita Payakumbuh." DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual 7 (2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/9125

Arifudin, Dani, Linda Heryanti, dan Dian Pramesti. 2021. "Pelatihan desain mockup dan logo sebagai branding produk untuk meningkatkan nilai jual bagi UMKM." JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (5): 2640-2651. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5304

Creativany, Made Artlissa, AA Gde Bagus Udayana, and Anak Agung Gede Rai Remawa. 2020. "Kajian Estetika, Fungsi Dan Makna Logo Sukla Satyagraha Di Denpasar." Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain 24 (2): 64-72. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1216

Dawami, Angga Kusuma. 2017. Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Jurnal Magenta, 1 (02): 133–141. http://jurnal.trisaktimultimedia.ac.id/index.php/magenta/article/view/14

Firmansyah, Mochammad Al Hadad dan Masnuna (2021) Desain Logo Umkm “Klu-Wen” Sebagai Solusi Penjualan Di Masa Pandemi Agar Dikenal Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Desain (SNADES) 2021: 359–365. http://repository.upnjatim.ac.id/2933/

Grazer, Brian, dan Charles Fishman. 2015. A Curious Mind: The Secret to a Bigger Life. New York: Simon & Schuster.

Illa, Mas Totok, and Septian Adi Nugraha. 2020. "Pengaruh Promosi, Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Pemakaian Jasa Fotografi." JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis 3 (1): 120-133. http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v3i1.69

Januariyansah, Sapitri. 2017. "Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien." Universitas Negeri Yogyakarta.

Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern (Edisi Revisi). Bandung: Rekayasa Sains.

Karyadi, Bambang. 2017. Belajar Fotografi. Nahl Media.

Listya, Ariefika. 2019. "Konsep dan pengunaan warna dalam infografis." Jurnal Desain 6 (01): 10-19. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Luzar, L. C. 2011. Hasil dan Pembahasan Terminologi Warna. 2(9): 1084–1096.

Muntazori, Ahmad Faiz, Ariefika Listya, and Muhammad Iqbal Qeis. 2019"Branding Produk UMKM Pempek Gersang." Jurnal Desain 6 (3): 177-185. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252

Oscario, Angela. 2013. Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1): 191-202: https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Rosita, Dhika Quarta. 2022. Analisis Tipografi Pada Logotype Dan Konten Instagram @Souri.Bkk Signature Box. 9(3): 415–425. https://doi.org/10.30998/jd.v9i3.11983

Rosyid, Saifur. 2015. "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Fotografi Komersial Roshvisual.

Soewignjo, Santosa. 2013. Seni Mengatur Komposisi Warna Digital. Yogyakarta: Taka Publisher

Sofyan, Syaakir. 2017, "Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia." Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum 11(1): 33-64. https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/blc/article/view/298

Somantri, Gumilar Rusliwa. "Makara Human Behavior Studies in Asia Memahami Metode Kualitatif." Scholarhub. Ui. Ac. Id 9(2): 57-65.

Sukma, N. A. 2013. Analisa Makna dan Visual Logo Pariwisata Jakarta. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Yekti Herlina. 2003. Kreativitas Dalam Seni Fotografi. Nirmana, 5(2): 214–228. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16106

Zainudin, Ahmad. 2021. “TIPOGRAFI”. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik 7 (1): 1-131. http://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/312.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.17361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ismail Bambang Subianto, Dhika Quarta Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics