Serial Animasi Astronomi Berbasis Edutainment untuk Siswa Sekolah Dasar: Episode Planet Merkurius

Muhammad Khoirul Murtadlo(1), Didit Prasetyo(2*)

(1) 
(2) Institut Teknologi Sepuluh Nopember
(*) Corresponding Author

Abstract


Astronomi sebagai salah satu kelimuan dalam sains, dapat membuka wawasan anak terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di langit serta dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Planet merkurius sebagai planet urutan pertama dari matahari dapat menjadi langkah awal siswa untuk mempelajari astronomi khususnya materi mengenai sistem tata surya. Namun, materi astronomi yang cukup sulit membutuhkan media kreatif untuk membantu visualisasi siswa dalam memahami materi. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat animasi 3D mengenai planet Merkurius menggunakan konsep edutainment sebagai media pembelajaran alternatif untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah studi literatur, studi eksisting, studi video, kuesioner, dan depth interview. Perancangan ini menghasilkan animasi berdurasi 7 menit untuk first half dari episode pilot berjudul “Taman Siswa+”. Dengan menggunakan konsep edutainment, siswa dapat belajar materi planet Merkurius secara menyenangkan. Animasi ini memadukan penggunaan aset 3D untuk interaksi antar tokoh dan aset 2D untuk menjelaskan konten edukasi sebagai penyegar visual.

Keywords


edukasi; animasi; astronomi; merkurius; edutainment

Full Text:

PDF

References


Aziz, J. (2020). Perancangan Motion Graphics Sebagai Sarana Edukasi Astronomi Di Indonesia (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Barak, M., Ashkar, T., & Dori, Y. J. (2011). Learning science via animated movies: Its effect on students’ thinking and motivation. Computers & Education, 56(3), 839-846. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.10.025

Beane, A. (2012). 3D animation essentials. John Wiley & Sons.

Bimo Walgito, B. W. (2004). Pengantar Psikologi Umum.

Bluth, D. (2004). The Art of Storyboard. Milwaukie, US: Dark Horse Comics.

Chaisson, E., & McMillan, S. (2017). A Beginner’s Guide to the Universe. 8th editio. USA: Pearson Education Inc.

Elzulfiah, R., Mahanti, D. E., Ramadhan, F., & Nasbey, H. (2015). Kajian Perkembangan Pendidikan Astronomi Untuk SMA di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL) (Vol. 4, pp. SNF2015-IV).

Field, S. (2005). Screenplay: The foundations of screenwriting. Delta.

Gater, W. (2020). The Mystery of Universe. First ed. New York: DK Publishing.

Hamruni. (2009). Edutainment Dalam Pendidikan Islam Dan Teori-Teori Pembelajaran Quantum. 2nd ed. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hart, J. (2013). The Art of the Storyboard: A filmmaker's introduction. Taylor & Francis.

IDS. (2016). “Memahami Lebih Dalam Pengertian Animasi 3D.” IDS. 2016. https://ids.ideosocial.com/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/.

Imas, S. (2012). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta.

Ismail, S. F. Z. H., Shahrill, M., & Mundia, L. (2015). Factors contributing to effective mathematics teaching in secondary schools in Brunei Darussalam. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 474-481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.169

Liu, C., & Elms, P. (2019). Animating student engagement: The impacts of cartoon instructional videos on learning experience. Research in Learning Technology, 27.

Malasan, H. L. (2021). “Guru Dan Pembelajaran Astronomi di Indonesia.” Media Indonesia. 2021. https://mediaindonesia.com/humaniora/422710/guru-dan-pembelajaran-astronomi-di-indonesia.

Maran, S. P. (2005). Astronomy For Dummies. 2nd editio. USA: Wiley Publishing, Inc.

Marpaung, W. (2015). Pengantar Ilmu Falak. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muharram, R. M. (2017). Apa Pentingnya Belajar Astronomi?. Infoastronomy. https://www.infoastronomy.org/2017/04/apa-pentingnya-belajar-astronomi.html.

Sabandar, S. (2020). Alasan Komunitas Jadi Tulang Punggung Kemajuan Sains Antariksa Indonesia. Liputan6. 2020. https://www.liputan6.com/regional/read/4315997/alasan-komunitas-jadi-tulang-punggung-kemajuan-sains-antariksa-indonesia.

Studio, Dream Farm. (2021). 3D Animation Pipeline: A Start-to-Finish Guide. Dream Farm Studio. 2021. https://dreamfarmstudios.com/blog/3d-animation-pipeline/.

Susilo, R. D., & Yuliane, Y. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Luar Angkasa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(03), 215-225.

Thomas, F., & Johnston, O. (1981). The Illusion of Life - Disney Animation. 1st Hyperi. USA: Walt Disney Productions.

Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 59-65.

Zaman, B. (2016). Edutainment dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 117-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.16421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Khoirul Murtadlo, Didit Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics