Perancangan Film Pendek sebagai Media Informasi Mengenai Strategi Alternatif Mengembangkan Usaha Micro Kecil Menengah

Asrullah Ahmad(1*), William Liu(2), Martinus Eko Prasetyo(3)

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) Universitas Bunda Mulia
(3) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini ditujukan kepada masyarakat khususnya pengusaha UMKM yang masih terjebak dengan dampak pandemi terhadap usaha, keseharian masyarakat indonesia sudah terpengaruh oleh Covid-19 yang menyebabkan timbulnya pemikiran untuk mengurangi pergi keluar rumah semenjak pemerintah menerapkan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang menyebabkan adanya perubahan pola pembelian konsumen yang mengabaikan harga, lebih mementingkan nilai produk dan melakukan berbagai transaksi via online di masa pandemi ini. Terdapat strategi agar pelaku UMKM dapat survival. Yaitu dengan perbaikan kualitas layanan dan produk, Pemanfaatan teknologi secara optimal, dan mempersiapkan bisnis untuk lebih berkembang. Sebagai upaya dalam menyampaikan informasi, media audio visual film merupakan media informasi yang semakin berpengaruh dan diminati oleh masyarakat. Metode penelitian analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif merupakan metode yang digunakan penulis dalam artikel ini. Dapat disimpulkan bahwa dalam memberikan sebuah informasi untuk menghimbau masyarakat mengenai strategi dalam mengatasi dampak pandemi terhadap usaha dapat tersampaikan melalui media film pendek.


Keywords


Short film, Pandemic, COVID-19, MSME

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfathoni, Muhammad Ali Mursid, and Dani Manesah. 2020. Pengantar Teori Film. Deepublish.

Andayana, Made Ngurah Demi. 2020. “Perubahan Perilaku Konsumen dan Eksistensi UMKM di Era Pandemi Covid-19.” Glory, Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial.

Awaloedin, Dipa Teruna, Sazali, Nurhilaludin, and Muthia Hanifa. 2020. “Strategi Menghadapi Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Usaha Kecil Dan Menengah.” Universitas Nasional. https://doi.org/http://repository.unas.ac.id/id/eprint/843.

Effendy, Heru. 2014. Mari Membuat Film - Panduan Menjadi Produser. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Erlyana, Yana, and Michael Bonjoni. 2017. “Perancangan Film Pendek ‘Tanya Sama Dengan.’” JURNAL RUPARUPA 3 (2).

Everlin, Shierly, and Reinhard Andersen. 2015. “KAJIAN VISUAL DESAIN TENTANG JEANS DALAM BENTUK BUKU.” JURNAL RUPARUPA 4.

Ghee, Wee Yu, Mohamed Dahlan Ibrahim, and Hasliza Abdul-Halim. 2015. “Family Business Succession Planning: Unleashing the Key Factors of Business Performance.” Asian Academy of Management Journal 20: 103–26.

Halim, Bobby, and Yosef Yulius. 2020. “Hubungan Peletakan Kamera (Angle) Dalam Iklan Berbentuk Video.” JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA 5: 24.

Hamzah, Lies Maria, and Devi Agustien. 2019. “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Pembangunan. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45.

Javandalasta, Panca. 2021. 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher.

Kusrianto adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Mabruri, Anton. 2010. Manajemen Produksi Program Acara Televisi. Depok: Mind 8 Publishing House.

McQuail, Denis. 2010. McQuail’s Mass Communication Theory. 6th ed. SAGE Publications.

Mokhber, Mozhdeh, Tan GI Gi, and Siti Zaleha Abdul Rasid. 2017. “Succession Planning and Family Business Performance in SMEs.” Journal of Management Development. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/JMD-12-2015-0171.

Mona, Nailul. 2020. “Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia).” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 2. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. “COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.

Prasetyo, Martinus Eko. 2021. “Kajian Komposisi Visual pada Film Serial Netflix Drama Fiksi Ilmiah Berjudul The 100 Karya Jason Rothenberg.” JURNAL TITIK IMAJI 4.

Pyromalis’s, Vassilios D., and George S. Vozikis’s. 2009. “Mapping the Successful Succession Process in Family Firms: Evidence from Greece.” International Entrepreneurship and Management Journal. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1007/s11365-009-0118-3.

Sandita, Sandita. 2019. “Makna Pesan Melalui Teknik Kamera pada Film Pendek Indonesia.” University of Muhammadiyah Malang.

Santoso, Riky. 2019. “Beberapa Macam Teknik Pengambilan Gambar.”

Soeparto, Wahyudi Henky. 2019. “Pencapaian Kinerja Perusahaan Keluarga Melalui Tingkat Kesiapan Suksesor dan Hubungan Antar Anggota Keluarga dan Bisnis.” Accounting and Management Journal 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33086/amj.v3i2.1412.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono, Sugiyono. 2010. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D.” ALFABETA Bandung.

Suyoto, Agustinus. 2008. “Dasar-dasar Apresiasi Drama.”

Taylor, Steven. 2019. The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease. Cambridge Scholars Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asrullah Ahmad, William Liu, Martinus Eko Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics