Kuasa Patriarki dan Mitos Budaya Pada Desain Poster Film Yuni
(1) 
(2) UPN Veteran Jawa Timur
(3) Universitas Airlangga
(*) Corresponding Author
Abstract
Poster merupakan salah satu media promosi yang digunakan para pembuat film untuk mempromosikan karya film yang akan ataupun sedang dirilis. Pada sebuah poster terdapat elemen gambar dan teks, yang terdiri dari judul, sub judul, credit title dan simbol-simbol lainnya. Poster film Yuni, versi penayangan di bioskop, berhasil memenangkan kategori desain poster terpilih pada ajang penghargaan Piala Maya 10 yang diselenggarakan tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti makna pesan yang ditampilkan poster film Yuni melalui pilihan warna, tipografi, foto dan keseimbangan layout. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang mengacu pada teori segitiga makna. Peneliti menganalisis keterkaitan antara sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretan). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebuah poster film digunakan untuk menarik perhatian dan memberikan petunjuk pada calon penonton tentang cerita yang akan ditampilkan pada sebuah film. Pada poster film Yuni, peneliti menemukan adanya petunjuk tentang sosok tokoh utama yang terbelenggu pada kuasa patriarki dan mitos budaya tradisional tentang perempuan Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arviani, Heidy. 2007. Representasi Identitas Gender di Suku Maori Dalam Film Whale Rider (Analisis Semiotika Relasi Kuasa Antara Tokoh “Paikea Apirana” dan “Koro”). Universitas Airlangga, Surabaya: Skripsi https://repository.unair.ac.id/17435/8/17435.pdf
Beauvoir, Simone De. 2003. Second Sex: Kehidupan Perempuan. Pustaka Promethea
Budiman, Kris. 2005. Semiotika Visual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Burhan, Ahmad Syauqi. Anggapuspa, Meirina Lani. 2021. Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia. Jurnal Barik Vol.3 No. 1 Tahun 2021, hal. 235-247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/44780/37980
Canva.com, Arti Warna dan Simbolisme Bagaimana Menggunakan Kekuatan Warna pada Merek Anda. Canva.com: https://www.canva.com/id_id/belajar/arti-warna-dan-simbol-dari-merk/
Kusuma, Ade. 2009. Perlawanan Tokoh Utama Perempuan Terhadap Budaya Patriarki Dalam Film. Insight: Journal of Communication & Media Studies Edisi Ke-3 No.100/113.1.7/KD/2009
Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Murniati, A. Nunuk P. 2004. Getar Gender: Buku Pertama. Magelang: Indonesia Tera
Nelmes, Jill. 2012. Introduction to Film Studies: Fifth Edition. New York: Routledge
Rahmawari, Dina. 2020. Arti Warna Yang Anda Sukai Menurut Psikologi Warna. SehatQ: https://www.sehatq.com/artikel/arti-warna-menurut-psikologi-warna
Samara, Timothy. 2007. Design Elements: AGraphic Style Manual. Rockport Publishers.
Sharon, Gracia. 2021. Menelusuri Gaya Fashion Unik di Film Yuni, Sekaligus Mengetahui Makna Ceritanya. Bazaar Indonesia: https://harpersbazaar.co.id/articles/read/12/2021/16515/menelusuri-gaya-fashion-unik-di-film-yuni-sekaligus-mengetahui-makna-ceritanya
Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sulisya, Prima. Menebak Kepribadian Berdasarkan Warna Favorit, Ini Daftarnya. The Asian Parent Indonesia: https://id.theasianparent.com/psikologi-warna
Susanti, Khikmah., Raharja, Duane Masaji. 2017. Strategi Komunikasi Pada Poster Film Cin(t)a Sebagai Daya Tarik. Jurnal Desain Vol. 04 No.02 Januari 2017 hal. 85-91 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/1151/1063
Website Resmi Provinsi Banten. 2022. Profil Provinsi. https://www.bantenprov.go.id/profil-provinsi
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ade Kusuma, Windri Saifudin, Muhammad Qodarul Fittron
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.