Mengulik Keteguhan Hati Melawan Budaya Patriarki melalui Perancangan Karakter Animasi 2D Roro Mendut

Nur Aula Octavia(1*), Anung Rachman(2), Rendya Adi Kurniawan(3)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan mengenai isu isu ketidaksetaraan gender di Indonesia masih menjadi sorotan dan perhatian publik. Dimana dalam tradisi lama nusantara Melayu dan Jawa, budaya patriarki direpresentasikan sebagai model masyarakat dominan. Budaya patriarki menempatkan posisi derajat laki laki di atas segalanya dan derajat perempuan selalu berada di bawah laki laki.  Hal inilah yang menimbulkan adanya ketimpangan sosial terkhususkan kaum perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan pentingnya kesetaraan gender sebagai upaya pencegahan adanya kasus kasus diskriminatif dan tindak kekerasan kepada perempuan melalui visualisasi animasi 2D karakter Roro Mendut yang memiliki keteguhan hati dalam melawan budaya patriarki. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan wawancara atau interview dan pengumpulan data melalui studi pustaka, yaitu buku dan jurnal. Hasil penelitian ini berupa perancangan animasi 2D Roro Mendut yang sarat akan nilai moral, keberanian, keteguhan hati, perjuangan, dan kebebasan memilih.


Keywords


Animasi 2D; Cerita Rakyat; Gender; Patriarki; Perempuan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditya, Febri Kevin, Ismail Lutfi, and Lutfiah Ayundasari. 2021. "Relevansi Muatan Historis Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sejarah Roro Mendut Versi YB Mangunwiya Di Era Digital." Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia 4, no. 1: 98-113. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/20236/pdf

Al Salgus, Malik, Zaini Ramdhan, and Rully Sumarlin. "Perancangan Desain Karakter Animasi Pendek 2d Tentang Apresiasi Desain Berjudul “apresiasimu”." eProceedings of Art & Design 8, no. 6 (2021). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16773

Alfatra, Febri Faizin, Mahendradewa Suminto, and Pandan Pareanom Purwacandra. 2019. "Penciptaan Film Animasi “Chase!” Dengan Teknik “Digital Drawing”." Journal of Animation and Games Studies 5, no. 1: 033-056. https://doi.org/10.24821/jags.v5i1.2799

Ashshiddiqy, Nur Rohman, Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri, Bagus Putu Wahyu Nirmala, and AA Istri Ita Paramitha. 2021. "Perancangan Mobile Application untuk Startup montirkeliling. com dengan Metode Design Sprint." KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) 10, no. 3: 238-250.

Bernadhed, Bernadhed, Rizky Eko Priono, and Wahyu Nur Cahyo. 2019. "Pembuatan film Animasi 2D “Nogo Geni” dengan Teknik Frame by Frame." INTECHNO Journal-Information Technology Journal 1, no. 4: 34-40. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/INTECHNOJournal/article/view/2380

Budiman, Arif. 2018. "Analisis Aspek Sosial Budaya dalam Cerita Rakyat “Enyeng” di Desa Cipancar Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA." JESA JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL Februari 2.

Edyati, Halida Dwi, and Nugrahardi Ramadhani. 2021. "Perancangan animasi 2d “Pangeran Lembu Peteng” dengan teknik manual drawing." Jurnal Sains dan Seni ITS 9, no. 2: F271-F276. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.58249

Fushshilat, Sonza Rahmanirwana, and Nurliana Cipta Apsari. 2020. "Sistem Sosial Patriarki Sebagai Akar Dari Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan." Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 7, no. 1: 121-127.

Hakim, Fatwa Nurul. 2019. "Internalisasi Nilai Kesetaraan Gender di Era Otonomi Daerah." Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial 43, no. 3: 279-288. https://ejournal.kemensos.go.id/index.php/mediainformasi/article/view/2141

Hasanuddin, Hasanuddin. 2022. “Rancang Bangun Animasi Percakapan Bahasa Inggris Berbasis 2D Menggunakan Teknik Frame By Frame”. Journal of Software Engineering and Information Systems (SEIS) 2 (1), 120-23. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/SEIS/article/view/3323.

Irsasri, Slamet St Y, Retno Winarni, and E. Nugraheni Eko Wardani. 2018. "Mataram Islam and Religiosity in Novel Trilogi Rara Mendut By YB. Mangunwijaya." IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya 16, no. 2: 181-200. https://ojs3.uinsaizu.ac.id/index.php/ibda/article/view/1720

Ixion, Venessa. 2020. "Penerapan Visual Flat Desain pada Tokoh Animasi Motion Graphic Mengenai Pengenalan Budaya Batak" Dalihan Na Tolu". Tugas Akhir Sarjana, Universitas Multimedia Nusantara.

Komnas Perempuan. 2021. “Perempuan dalam Himpitan Pandemi: Lonjakan Kekerasan Seksual, Kekerasan Siber, Perkawinan Anak, dan Keterbatasan Penanganan di Tengah Covid-19”. https://komnasperempuan.go.id/uploadedFiles/1463.1614929011.pdf

Lestari, Putu Ayu Riyanta, and I. Ketut Setiawan. 2019. "Adaptasi cerita rakyat Jayaprana dan Layonsari dalam bentuk animasi 2d." Jurnal Nawala Visual 1, no. 2: 88-94. https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Luhulima, Denissa Alfiany, Nyoman Sudana Degeng, and Saida Ulfa. 2018. "Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak sekolah minggu." JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 110-120. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2376

Mashuri. 2018. “Cerita-cerita Pesugihan di Jawa Pola Kekerabatan Sastra dan Paradoks Teks-Konteks”. http://repositori.kemdikbud.go.id/10112/

Maulana, Randi Al-fazri, Ardy Aprillian Anwar, and Tiara Radinska Deanda. 2021. "Desain Karakter Game Ngabendung Adaptasi Cerita Rakyat Asal Usul Kota Bandung." eProceedings of Art & Design 8, no. 6. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16741

Pratiwi, Fajri Rahma, and Anung Rachman. 2021. "Rancang Bangun Iklan Web Banner Clothing Menggunakan Google Web Designer Pendekatan Metode Design Sprint." Jurnal Tekno Kompak 15, no. 2: 127-141. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1243

Putra, Gede Lingga Ananta Kusuma. 2019. "Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube." In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi), vol. 2, pp. 259-265.

Putri, Alycia, and Lestari Nurhajati. 2020. “Representasi perempuan dalam kukungan tradisi Jawa pada film Kartini karya Hanung Bramantyo”. 42 ProTVF, 4(1), 42–63. http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/24008

Rohmatin, Fatkhu. 2019. “Dekonstruksi Wacana Patriarki dan Kebungkaman Perempuan dalam Manuskrip Hikayat Darma Tasiyah”. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 10(2), 149-162. https://doi.org/10.37014/jumantara.v10i2.598

Safrina, Unsa Faizati, and Achmad Mujab Masykur. (2018). “Bekerja dalam Stigma” (Studi Fenomenologis tentang Pengalaman Bekerja pada Sales Promotion Girl)” Jurnal EMPATI 7, no. 2 (2020): 604-613. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21685

Sakina, Ade Irma. 2017. "Menyoroti budaya patriarki di Indonesia." Share: Social Work Journal 7, no. 1: 71-80. https://doi.org/10.24198/share.v7i1.13820.

Septiana, Hespi. 2019. "Perempuan Jawa Dalam Novel Rara Mendut Karya YB Mangunwijaya." Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 6, no. 1. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Solin, Mutsyuhito. 2018. "Sastra, Listerasi, dan Karakter." In Prosiding Nasional: Seminar Literasi Sastra Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, pp. 1-10.

Wijaya, P. A., Rahmadianto, S. A., & Nugroho, D. P. 2021. “Perancangan Animasi 2D ‘Asal-usul Reog Ponorogo’ Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Pelestarian Budaya Indonesia”. In SAINSBERTEK Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi (Vol. 2, Issue 1). DKV. http://sainsbertek.machung.ac.id/index.php/sbtek/article/view/134

Wijaya, Patricia Abigail, Sultan Arif Rahmadianto, and Didit Prasetyo Nugroho. 2021. "Perancangan Animasi 2d Asal Usul Reog Ponorogo Adaptasi Cerita Rakyat Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Indonesia." Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi 2, no. 1: 108-124. http://sainsbertek.machung.ac.id/index.php/sbtek/article/view/134

Yamin, M. 2020. Pendidikan Kritis terhadap Pesan Terselubung Label Warning Produk Industri Hasil Tembakau (Kretek).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i2.13194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Aula Octavia, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics