Media Promosi Iklan Taman Nasional Komodo melalui Animasi 2D

Mohamad Zhofran Ardyan(1*), Anung Rachman(2), Rendya Adi Kurniawan(3)

(1) 
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era revolusi industri keempat atau industri 4.0 ini, teknologi media digital merupakan hal yang sudah lumrah di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan media seperti gadget dan televisi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan menjadi bagian dari kebiasaan hidup yang dilakukan. Media promosi iklan yang paling efektif untuk gadget serta menarik perhatian masyarakat di kalangan yang luas dengan mudah adalah iklan melalui media visual salah satunya adalah video animasi 2D. Sesuai nama dan peruntukan tempatnya, hewan komodo akan menjadi karakter utama dalam iklan animasi 2D yang akan dibuat. Tujuan dari penciptaannya adalah untuk media promosi pariwisata cagar budaya Taman Nasional Komodo demi memajukan sektor pariwisata di Lombok. Metode penciptaan pada pengembangan karakter animasi yang penulis buat menggunakan metode design sprint. Output yang dihasilkan merupakan satu karakter komodo dengan pendekatan style kartunis agar dapat menerapkan teori fleksibilitas pergerakan karakter pada 12 prinsip animasi. Momo The Komodo merupakan julukan yang diangkat dari nama karakter komodo itu sendiri, yaitu Momo.


Keywords


Animasi 2D; Desain karakter; Taman Nasional Komodo; Media Promosi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfatra, Febri Faizin, Mahendradewa Suminto, dan Pandan Pareanom Purwacandra. 2019. “Penciptaan Film Animasi ‘Chase!’ Dengan Teknik ‘Digital Drawing.’” Journal of Animation and Games Studies 5 (1): 033–056. https://doi.org/10.24821/jags.v5i1.2799.

Amaliyyah, Rizqi. 2021. “Perancangan Tata Warna untuk Mengkomunikasikan Emosi Karakter pada Film Animasi 2D ‘Bekal’.” 6.

Anggraini, Widya Meli, dan Dadang Priyanto. 2019. “Video Animasi Dua Dimensi Sebagai Media Promosi.” Jurusan Teknik Informatika Kota Mataram 1 (1): 41–49.

Anung, Rachman, dan Herryprilosadoso Basnendar. 2019. “Karakter Wayang Purwa Sebagai Perancangan Media Promosi Dan Informasi Teknologi Audiovisual Desa Wisata Wayang Kepuhsari, Manyaran, Kabupaten Wonogiri,” 1–86.

Azhima, Fathur Razaq, dan Arief Budiman. 2021. “Endemik Samarinda Gijinka Adaptation Character Design that Raises Endemic Animals” 8 (6): 2122–77.

Kamisin, Asilah, dan Imelda Ann Achin. 2020. “Analisis personaliti karakter protagonis dan antagonis melalui bentuk dan warna dalam filem animasi,” no. 2018.

Lingga, Gede, Ananta Kusuma, Putra Sekolah, dan Tinggi Desain Bali. 2019. “Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube.” Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) 2: 259265.

Maemunah, Mei, Shalsha Jihan Fahira, Dwi Cahyo Nugroho, Yudha Wahyu Alviansyah, Sri Ngudi Wahyuni, Rahma Widyawati, Program Studi Kewirausahaan, et al. 2021. “Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat ‘Gunakan Selalu Masker’ Menggunakan Animasi 2D” 4 (2): 80–85.

M

iyosa, Atmaja Septa. 2022. “Pengembangan Desain Karakter ‘Ikolet’ sebagai Animasi Toilet Umum”. 5: 81–88.

Nuriman, Dede, dan Dwi Yuli Prasetyo. 2021. “Media Promosi UNISI Berbasis Animasi 2 Dimensi.” 1–8.

Parta, I Nyoman. 2019. “Strategi Pemasaran Paket Wisata Pulau Komodo, Oleh PT. Komodo Cipta Wisara Tour And Travel Di Kuta Bali.” Jurnal Untidar.Riset Ekonomi Manajemen 2 (2): 93–101. https://www.neliti.com/id/publications/288823/analisis-marketing-mix-dalam-mendorong-keputusan-pembelian-susu-bubuk-balita-di.

Punusingon, Raymon Reza, Arie S M Lumenta, dan Yaulie D Y Rindengan. 2017. “Animasi Sosialisasi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.” Jurnal Teknik Informatika 12 (1): 8.

Puspitasari, Ragil. 2019. “Komodo Gaya Pop Art Pada Busana Kasual.” Computers in Human Behavior 63 (May): 9–57. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008.

Sulaksono, Djoko. 2019. “Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal Iklan Kecil dalam Surat Kabar Solopos.” 13–21. journal.upgris.ac.id.

Sunardi, Dedi. 2020. “Animasi dua dimensi pengenalan cagar budaya makam serewa sebagai media promosi pariwisata.”

Sunarsi, Denok. 2020. “Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang.” E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 21 (1): 7–13. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473.

Suryani, Ratih, Herlambang Saputra, dan Adi Sutrisman. 2019. “Implementasi Animasi 2D pada Iklan Layanan Masyarakat sebagai Sosialisasi Penyakit DBD.” Rekam 15 (2): 153–66. https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3330.

Sutanto, Ryan P. 2022. “Design Sprint dalam Kuliah: Eksplorasi Metode Pembelajaran Baru pada Mata Kuliah Design Thinking.” Nirmana 21 (1): 8–16. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.8-16.

Tanadi, Lisa, dan Frans Santoso. 2021. “Studi Gerak Animasi Cartoony Sebagai Perancangan Animasi Pendek Bertema Cyberbullying.” Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya 3 (3): 206–23. https://doi.org/10.30998/vh.v3i3.3886.

Yasmin, Salsabila, Yobi Rahendra, Teddy Hendiawan, Angelia Lionardi, Universitas Telkom, dan Usaha Rumah Tangga. 2021. “Desain Karakter Animasi 2D Sebagai Upaya Meningkatkan Perbelanjaan Umkm Kuliner Selama Masa Pandemi 2D Animation Character Design As an Effort To Increase Culinary Msme Shoppings During the Pandemic” 8 (3): 843–56.

Yulianti, Ika. 2021. “Perancangan Desain Karakter Jole Berbasis Lokal Flores, Indonesia.” Journal of Animation and Games Studies 7 (1): 63–72. https://doi.org/10.24821/jags.v7i1.4382.

Yunita, Syavira, dan Yayat Sudaryat. 2020. “Konsep Desain Karakter dari Bunga Nasional Negara Indonesia untuk Animasi 2.” Prodi S1 Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom 7 (2): 1–9. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/viewFile/12246/12035.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i2.13144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohamad Zhofran Ardyan, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics