Panduan Dasar Konsep Perancangan Mainan Robot Edukasi untuk Media Belajar Anak Usia Dini dengan Pendekatan Persepsi Orangtua
(1) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Orang tua dan guru merupakan lingkungan terdekat bagi perkembangan anak usia dini. Perkembangan kecerdasan kognitif, emosional, dan motorik pada anak usia dini dibangun dari lingkungan dengan stimulus bermain sebagai cara anak belajar. Bermain sebagai kegiatan pembelajaran memerlukan media yang tepat untuk menyampaikan tujuan dari materi yang diajarkan, meskipun dilakukan dengan bermain. Perancangan mainan robot edukasi harus mampu mengakomodir kebutuhan sebagai media bermain sekaligus media pengajaran. Mainan yang menarik bagi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu akan memotivasi mereka untuk bereksplorasi dan berkreasi. Mainan yang bisa mereka kendalikan dengan perintah melatih anak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Hal ini difasilitasi dengan merancang mainan menggunakan teknologi robot sederhana sebagai media pengenalan teknologi. Merancang mainan dengan konsep yang dipandu oleh kebutuhan pengguna dan mengikuti peraturan SNI yang berlaku akan memastikan mainan digunakan dengan aman. Selain itu, pendekatan teknis yang diperoleh dari prinsip-prinsip desain mainan menggunakan teknologi membantu desainer mengembangkan ide konsep desain
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Athina, F. 2015. Perancangan Desain Permainan Anak sebagai Pengenalan Makanan Sehat dan Fungsinya bagi Tubuh. Calyptra, 4(2), 1–18. http://www.journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1974
B. Octaviani, G., Tri Ardianto, D., & Erandaru. 2011. Perancangan Media Permainan Edukatif Pengenalan Jajanan Tradisional untuk Anak Usia 9-12 Tahun di Surabaya. Perancangan Media Permainan Edukatif Pengenalan Jajanan Tradisional Untuk Anak Usia 9-12 Tahun Di Surabaya, 1–11.
Chiasson, S., & Gutwin, C. 2005. Design Principles for Children ’ s Technology.
Eliasa, E. I. 1988. Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.
Khobir, Abdul. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view /262
Kurnia, R. 2012. Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Educhild, 01(1), 77–85
Mintorogo, J. M., Adib, A., Wijayanti, A., & Petra, U. K. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN ALPHABET BERBASIS ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK ANAK USIA 2-4 TAHUN.
Murtiningsih, D. 2013. Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21.
Piotrowski, J. T., Vossen, H. G. M., & Valkenburg, P. M. 2015. Media and Child Development. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 14). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92145-7
Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. 2020. Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5779
Pratiwi, Wiwik. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Rohmah, N. 2016. Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.
Vinet, L., & Zhedanov, A. 2011. Persepsi guru paud terhadap kegiatan bermain peran sebagai stimulasi kemandirian anak usia dini. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 135–142.
Windayana, H. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492
Yus, A., & Ray, D. (2017). “Persepsi Orang Tua dan Guru Tentang Bermain dan Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Tematik, 6(4), 1–9. file:///C:/Users/ACER/Downloads/8494-17322-2-PB.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i3.11938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bertha Bintari Wahyujati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.