Teknik Animasi Frame by Frame pada Karakter Ikan Badut dalam “Game Edukasi: Petualangan Ikan Badut”
(1) 
(2) STMIK STIKOM INDONESIA - DENPASAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Game edukasi merupakan sebuah permainan digital yang diciptakan untuk membantu proses pendidikan. Materi pendidikan yang dikemas dalam bentuk game bisa berupa materi-materi yang diajarkan di sekolah. Game edukasi saat ini semakin pesat perkembangannya karena dipengaruhi oleh banyak pengembang game yang bermunculan. Pengembang game saat ini didukung oleh teknologi yang maju serta teknik-teknik animasi yang beragam untuk menciptakan game. Salah satu teknik yang digunakan dalam Game Edukasi: Petualangan Ikan Badut adalah teknik animasi frame by frame. Frame by frame merupakan teknik dalam animasi yang menggunakan beberapa gambar berbeda dalam setiap frame. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan teknik animasi frame by frame pada karakter game edukasi yaitu, Ikan Badut. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan implementasi. Hasil yang diperoleh yaitu implementasi teknik animasi frame by frame menggunakan sembilan gambar agar memperoleh gerakan animasi Ikan Badut. Sketsa desain hingga animasi Ikan Badut langsung dikerjakan pada software pengolah animasi yaitu Adobe Flash CS6.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andri Setiawan, Henry Praherdhiono, Sulthoni. 2019. “Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran Vol 6: 41.
Anik Vega Vitianingsih. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal INFORM Vol. 1: 25.
Darmayasa, Ngakan Putu. 2020. “Game Edukasi Dua Dimensi Pengenalan Hewan Berdasarkan Cara Berkembangbiaknya.” Tanra 8.
Dewi Syahidah, Indah Mastuti, Cindy Christine Mudeng, Ketut Mahardika. 2019. “Respon Tingkah Laku Ikan Cantang (Ephinephelus Fuscoguttatus-Lanceolatus) Terhadap Anesthesia.” Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA.
Donny Trihanondo, Irfansyah. 2010. “Karakter Game Berbasis Tokoh Raut Golek Sunda.” Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia 2.
Hadikurniawati, Eddy Nurraharjo dan Wiwien. 2015. “Implementasi Frame by Frame Animation Technique Pada Aktivitas Game ‘Tebak’ Berbasis Android.” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK 20: 6.
I Gede Adi Sudi Anggara, I Made Marthana Yusa, I Nyoman Jayanegara. 2021. “Implementasi Rigging pada Karakter ‘I Angsa’ dalam Film Animasi 2D ‘I Empas Teken I Angsa.’” Jurnal Desain, 8 (3): 249-261. http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i3.9366
Komputer, Wahana. 2010. Tutorial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS4. Semarang: Andi Offset.
Lakoro, Alberta Berlian Pusposari dan Rahmatsyam. 2016. “Perancangan Karakter Game RPG Berdirinya Kerajaan Singosari Untuk Aplikasi Permainan Dengan Gaya Visual Chibi.” JURNAL SAINS DAN SENI ITS 5: 6.
Loka Pengelolaan SD Pesisir & Laut Sorong, and Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. 2018. “Tentang Ikan Badut (Amphiprioninae) Yang Menggemaskan.” 2018. https://kkp.go.id/djprl/lpsplsorong/artikel/5457-tentang-ikan-badut-amphiprioninae-yang-menggemaskan.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rachman, Sielvia. 2012. “Perancangan Mobile Game Edukatif ‘Mewarnai Gambar’ Dengan Adobe Flash Cs5.” Repository.Amikom.Ac.Id.
Rahmat Kurniawan, Abdu Ghafar Razaq, Evy Poerbaningtyas. 2021. “PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENUNJANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Desain, UNindra PGRI 8.
Ricky, Putra W. 2020. Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.
Yenti Juniarti, Setiyo Utoyo, Gilang Ramadan. 2021. “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Dalam Membentuk Karakter Anak.” Jurnal Widya Wacana 16.
Yulianti, Ika. 2021. “Perancangan Desain Karakter Jole Berbasis Lokal Flores, Indonesia.” Journal of Animation & Games Studies 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.11482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ngakan Putu Darma Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.