Desain Pengembangan Prasarana Guna Menunjang Digital Branding Wisata Pesisir (Studi Kasus: Desa Kalanganyar, Sidoarjo, Jawa Timur)

Yerry Kahaditu Firmansyah(1), Megahnanda Alidyan Kresnawati(2*), Ade Kusuma(3), Prayudi Prayudi(4)

(1) UPN "Veteran" Jawa Timur
(2) UPN "Veteran" Jawa Timur
(3) UPN "Veteran" Jawa Timur
(4) UPN "Veteran" Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap negara memiliki strategi yang berbeda- beda dalam menghadapi tantangan global. Digital branding adalah sebuah strategi yang banyak digunakan guna memberikan informasi identitas diri sebuah negara di tengah panggung dunia yang semakin kompetitif, terutama terkait kekuatan kinerja ekonomi, aktivitas eksport-import, investasi dan pariwisata. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah mempublikasikan “Wonderful Indonesia” sebagai bagian dari nation branding untuk menguatkan diri di antara negara Asia lainnya.Untuk mendukung hal tersebut diperlukan upaya peningkatan wisata di Jawa Timur terutama di Desa Kalanganyar, Sidoarjo akan dilakukan penataan agar lebih menarik pengunjung. Desa Kalanganyar merupakan salah satu desa di wilayah pesisir kabupaten Sidoarjo yang memiliki potensi wisata mangrove dan wisata pesisir. Konsep pengembangan desa wisata yang dilakukan dengan melibatkan dan menempatkan masyarakat lokal yang memiliki kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan daerahnya sendiri untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal dan keberlanjutan kebudayaan lokal dan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi pengembangan, pengelolaan, dan penataan desa wisata di kawasan pesisir Desa Kalanganyar, Kabupaten Sidoarjo yang nantinya akan dikenalkan melalui dunia digital. Adapun kegiatan dalam penelitian ini adalah melakukan penaatan lahan, zonifikasi lahan, dan pengembangan area wisata.


Keywords


Digital branding; Desa Kalanganyar; Pengembangan Area Wisata

Full Text:

PDF

References


Abadi, Totok Wahyu. 2013. Perspektif Kepariwisataan Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo: Perwira Media Nusantara.

Kiswantoro, Amin dan Dwiyono. 2019. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap KepuasanWisatawan Di Umbul Ponggok, Klaten. Jurnal Khasanah Ilmu Vol.10 No.2 September 2019. https://ejournal.bsi.ac.id.

BPS. 2012. Informasi Kependudukan Indonesia 2012. Badan Pusat Statistik.

Dodwani, Bhavana, and Shruti Agarwal. 2017. "Digital Branding." International Journal of Research and Development - A Management Review (IJRDMR) 6 (1): 31-36. http://www.irdindia.in/journal_ijrdmr/pdf/vol6_iss1/7.pdf.

Gunn, Clare A. 2002. Tourism Planning. New York City: Taylor and Francis.

Hadiwijoyo, Suryo S. . 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Pertama ed. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Juliana, dkk. 2020. Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Pengunjung di Restoran The Garden Pantai Indah Kapuk. Jurnal Cakrawala. Volume 20 No. 1 Maret 2020. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Keller, K. L. 2003. Strategic brand management: Building, measuring & managing brand equity. New Jersey: Prentice Hall, Person Education Inc.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran (Marketing Management). 13 ed. USA: Pearson Prentice Hall.

NN. Mangrove dan Manfaatnya. dalam https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/page/541-mangrove-dan-manfaatnya. Diakses 12 Desember 2021.

Ratnasari, Ririn, and Mastuti Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran. Bogor: Jasa Ghalia Indonesia.

Suchaina, Suchaina. 2014. "Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana dan Prasarana terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati." Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 2 (2): 89-109. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1072.

Suharto, E. . 2017. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukandar, Citra Satrya Utama Dewi, Muliawati Handayani, Chuldyah J. Harsindhi, Arsyil Wisuda Maulana, Supriyadi, and Ali Bahroni. 2016. Profil Desa Pesisir Provinsi Jawa Timur Volume II (Selatan Jawa Timur). Surabaya: Bidang Kelautan, Pesisir, dan Pengawasan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wahab, Salah. 2003. Manajemen Kepariwisataan, Alih Bahasa Fans Gromang. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yerry Kahaditu Firmansyah, Megahnanda Alidyan Kresnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics