Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui Dolanan Anak Guna Mewujudkan Generasi Sadar Budaya
(1) Univeristas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
(2) Univeristas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, L. (2011). Character Education Integration In Social Studies Learning. International Journal of History Edu, 12(1), 392–403. https://doi.org/http://doi.org/10.17509/historia.v12i2.12111
Anggraeni, N. P. L., & Dewi, K. A. P. (2018). Dolanan Sebagai Media Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6.
Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM, 1(June), 45–50.
Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Ilmu Budaya Cakrawala, 7(2), 188–192.
Balai Bahasa DIY. (2014). Berita Pustaka:Informasi Kepustakaan. Balai Bahasa DIY.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2007). What Works in Character Education. Journal of Research in Character Education, 5(1), 29–48.
Berkowitz, M. W., & Hoppe, M. A. (2009). Character education and gifted children. Journal of High Ability Studies, 20(2), 131–142. https://doi.org/10.1080/13598130903358493
Doni, F. R. (2018). Dampak Game Online bagi Penggunanya. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13.
Hadi, S. (2014). K.H. A. Wahid Hasyim dan Konsep Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 33–46.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304
Ismuha, Khairudin, & Djailani, A. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1), 10–24.
Kamil, I. (2020, August 12). Kementerian PPPA Catat Ada 4.116 Kasus Kekerasan Anak dalam 7 Bulan Terakhir. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/12/15410871/kementerian-pppa-catat-ada-4116-kasus-kekerasan-anak-dalam-7-bulan-terakhir?page=all#:~:text=Berdasarkan sistem informasi online perlindungan,laki-laki menjadi korban kekerasan.
Lusiana, E. (2012). Membangun Pemahaman Karakter Kejujuran melalui Permainan Tradisional Jawa pada Anak Usia Dini di Kota Pati. Universitas Negeri Semarang.
Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Marzuki. (2011). Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika dalam Islam. Debut Wahana Press-FISE UNY.
Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkualitas. Jurnal Lentera, 17(2), 171. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lj.v17i2.439
Murtiningsih, S. (2004). Pendidikan Alat Perlawanan. Resist Book.
Nugrahastuti, E. E. (2016). Nilai - Nilai Karakter pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 268.
Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 5–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2
Praheto, B. E. (2016). Pengembalian Nilai Luhur Budaya Bangsa melalui Dolanan Bocah di Sekolah Dasar. 3–4.
Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital, 15(1), 71–82.
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Sari, M. K. (2016). Membangkitkan Kembali Tradisi Dolanan Anak sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 86–87.
Sari, T. P. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi, 13(2), 75.
Schumacher, E. F. (2014). Small is Beautiful: Economics as if Peole Mattered. Harper Perennial.
Sudrajat, Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter melalui Permainan Tradisional di Paud Among Siwi, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Jipsindo, 1(2), 45–46.
Sukamto, F. E. W. K. F. (2018). Penanaman Nilai Karakter Melalui Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Mejagong. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 1(1), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.51874/jips.v1i01.8
Sumarni, S. (2011). Modal Sosial dan Impikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–22.
Sutejo, K. D. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media Pendidikan Karakter. 3–4.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
UNDP. (2016). Human Development Report 2016. Unitednation Publication.
Wahid, A. N., & Saddhono, K. (2017). Ajaran Moral Dalam Lirik Lagu Dolanan Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(2), 172–177. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.107
Wildensyah, I. (2012). Bermain Belajar. Garuda Mas Sejahtera.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8652
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Elvara Norma Aroyandini, Suwanto, & Nur Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |