Pengaruh persepsi siswa atas sekolah sebagai pusat kebudayaan dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (survey pada smp swasta kec. Cilandak)

Axl Antora Abimanyu(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh persepsi siswa atas sekolah sebagai pusat kebudayaan dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 117 siswa kelas IX SMP Swasta di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selata. Berdasarkan hasil Penelitian disimpulkan bahwa: (1) Persepsi siswa atas sekolah sebagai pusat kebudayaan dan motivasi berprestasi siswa secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan siswa SMP Swasta Kec. Cilandak Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh= 229,349 dengan kontribusi sebesar 80,10% terhadap Y; (2) persepsi siswa atas sekolah sebagai pusat kebudayaan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan siswa SMP Swasta Kec. Cilandak Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 11,177 dengan kontribusi X1 sebesar 66,80% terhadap Y , dan; (3) motivasi berprestasi siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan siswa SMP Swasta Kec. Cilandak Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.011 < 0,05 dan th = 2,584 dengan kontribusi X2 sebesar 13,3% terhadap Y. Kata Kunci: Presepsi Siswa, Sekolah sebagai Pusat Kebudayaan, Motivasi Berprestasi Siswa, Prestasi Belajar Siswa 

Full Text:

PDF

References


Muri Yusuf. 2005. Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan. Padang. UNP.

Anna Logsdon, Achievement Testing - Testing Achievement in Learning Disability Diagnosis, h.1, 2010,

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Atkinson, J. & Raynor, J. (1978). Personality, motivation & achievement. New York : Halstead Press, John Willey & Sons.

Azwar, Syaifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, JP. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers (Raja Grafindo Persada).

Daharnis. 2012. Assesment dalam Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP.

Dimyati & Mudjiono. (1992). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.

Djaali, H. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hil




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i2.7741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Axl Antora Abimanyu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.