Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Ganesa Satria Depok
(1) universitas indraprasta pgri
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Clinical supervision were really needed by the teachers to increase their job performance of education profesionalism. The principal can develop their teachers by clinical supervision about manage the teaching process. Clinical supervison may be divided by some activities, there are meeting the teacher, observation, evaluation and analysis. . The method of this research is descriptive qualitative . Data was collected by in the interview, observation, and literatue study. Data analysis was performed by data reduction, data presentation and conclusion on verifications. The results of this research are 1) implementation clinical supervision applied step by step of principal Ganesa Satria junior high school to develop the teachers increase their job performance on learning process, 2) The principal by cinical supervision can increase job performance of teachers, 3) The principal as a implementer must be understand and have best some strategics to get better changes for teachers.
Keywords: clinical supervision, job performance, teacher
Abstrak
Supervisi klinis sangat dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan kinerja guru yang profesional. Melalui supervisi klinis, kepala sekolah dapat melakukan pembinaan kinerja guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah di SMP Ganesa Satria dapat dilakukan menjadi beberapa kegiatan antara lain pertemuan, observasi, evaluasi dan analisis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini antara lain 1)Implementasi supervisi klinis diterapkan dengan bertahap oleh kepala sekolah di SMP Ganesa Satria sebagai upaya pembinaan bagi guru-guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pengajaran, 2) Kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis mampu meningkatkan kinerja guru lebih baik, 3) Kepala sekolah sebagai pelaksana dari supervisi klinis harus paham dan memiliki strategi yang mampu memberikan perubahan bagi guru.
Kata Kunci: Supervisi klinis, kinerja, guru
Full Text:
PDFReferences
Donni Juni dan Sonny Suntani.2018. Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, AA. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Machali, Imam dan Hidayat Ara. 2016.The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenada Media Group
Mukhtar, Muchneri. 2011. Supervision. Jakarta: Prodi Manajemen Pendidikan.
Salma, Putri, dkk. Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MAN Beureunueun dalam Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0156.Vol.6 No.1 Februari 2018. Pp.18-23
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto, Bambang S. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol.27 No.2 Desember 2017. p-ISSN :1412-3835;e-ISSN: 2541-4569. 38-47. Salatiga.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Hary. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK dalam Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.2 No.2 Juni 2012. Kalimantan Selatan.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 IIS DEWI LESTARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |