Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Workshop

Annisa Annisa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui workshop di SMP Negeri 1 Tambun Selatan. Subjek penelitian adalah 20 orang guru SMP Negeri 1 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari instrumen kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh data adanya peningkatan dari kelima aspek pada tiap siklusnya yaitu pra siklus diperoleh rata-rata skor 2,91 dengan keberhasilan 58,14%, meningkat siklus I menjadi 3,85 dengan keberhasilan 76,91% dan meningkat kembali siklus II menjadi 4,38 dengan keberhasilan 87,65%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui workshop yang diselenggarakan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri 1 Tambun Selatan.

Kata Kunci: Kemampuan, pembelajaran, workshop

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

As’adi, Muhammad. 2010. Panduan Praktis Simulasi Otak Anak. Yogyakarta: Diva Press.

Dessler. 2004. Human Resource Management, 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2009. Jakarta: Balai Pustaka.

Lynton & Pareek. 2008. Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman.

Mangkunegara. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan. Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.

Siagian, Sondang P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugandi, Achmad, dkk. 2005. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT Unnes Press.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Indeks.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wandi. 2015. Pengertian Belajar Menurut Ahli. http://www.whandi.net.

Yufiarti, Chandrawati Titi. 2009. Profesionalitas Guru. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annisa Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.