Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Kooperatif Learning Dan Kemandirian Belajar Siswa

Samin Samin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan kemungkinan bahwa siswa hasil studi matematika disebabkan oleh model pembelajaran kooperatif dan kemandirian belajar. Penelitian telah dilaksanakan menggunakan variabel eksperimental setelah semua dimasukkan ke dalam rancangan faktorial 2 x 2 penelitian, siswa SMP telah dipilih sebagai unit analisa sampel 60 dipilih. Hasil analisis menemukan bahwaterdapat: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar matematika, 2) pengaruh belajar kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dan 3) pengaruh interaksi dari pembelajaran model kooperatif STAD dan kemandirian belajar terhadap hasil studi matematika siswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 Kata kunci: eksperimen, pembelajaran kooperatif, kemandirian belajar, dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka:

Agustinawati, N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 7 Cirebon. Jurnal pendidikan sejarah. 3 ( 2), 1-7.

Bey, A. dan Narfin, L. (2013). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika Terhadap Hasil Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika Terhadap Hasil. MIPMIPA, Vol. 12, No. 2, hal. 173 – 183.

Ernawati, E. .2012. Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Giyanti, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 37-52.

Haerudin, 2013. Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika Serta Kemandirian Belajar siswa SMP. Jurnal Ilmiah, 2(2), 30-32.

Handayani, R.S. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolitoli Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4(11), 109-118.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika. 1 ( 2), 30-42.

Huda, K. 2010. Pembelajaran Bahasa arab dengan Cooperatif. Jurnal Pendidikan, Nomor 1, (Juli),11-13.

Irwanti, F &Kusmanto, B. (2017). Efekrivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Vii Smp Piri Sleman. Jurnal Pendidikan Matematik, 5 (3), 271-283

Isjoni. 2012. Cooperative Learning efektivitas pembelajaran kelompok. Bandung : Alfabeta.

Joyce, J., Gitomer,D.H, & Iaconangelo, C.J. (2018). Classroom assignments as measures of teaching quality. Learning and Instruction, 54 (2018), 48-61.

Maulana, Z. 2012. Meningkatkan kemandirian Belajar melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas IX IPS Negeri 1 Tolangogula Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, ( 3) hlm.40-45.

Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surkarta: UNS Press.

Mutmainnah., F (2015). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 11 Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Nirwanti, M. (2013). Efektivitas model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran think pair share menggunakan media lembar kerja siswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Nomor 3, Juli, hlm.112-130

Nugroho, (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5 (2): 108-112.

OECD, (2015). https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.

Ratnaya, I., G. (2013). “Implementasi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli, hlm.125-135 .

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar. Bandung : Remaja rosdakarya

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning teori & aplikasiPaikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Gruru.

Sooksomchitra, A. (2015). The Results of Learning by Serving Society. Procedia Economics and Finance, 26 ( 2015 ), 1164 – 1167

Tahar, Irzan. 2006. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume. 7, Nomor 2, hal. 91-101.

Totok. (2018), https://news.detik.com/berita/d-4042222/kemendikbud-nilai-rata-rata-un-smp-2018-alami-penurunan.

Undang-undang nomor Repulik Indonesia nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

V. Virgana. (2017). Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran dan Disiplin Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 4 No. 3, hal 273-282.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Samin Samin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.