Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sikap mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata kuliah Kewirausahaan. 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Kewirausahaan. 3) Mengetahui pengaruh sikap mahasiswa terhadap prestasi belajar bidang studi mata kuliah Kewirausahaan.
Metode dalam penelitian ini adalah metode survey penjelasan (explanatory survey method) dengan pendekatan kuantitatif melalui metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Jakarta, yaitu Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Kusuma Negara Jakarta. Sampel yang digunakan adalah 100 orang mahasiswa yang berasal dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Kusuma Negara Jakarta.
Hasil penelitian : 1) Pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan sikap mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan perolehan nilai Fo = 52,823 dan Sig. 0,000 < 0,05. Secara bersama-sama motivasi belajar dan sikap mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 52,1% terhadap variable hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. 2) Pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 6,792 dan Sig. 0,000 < 0,05. Variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 35,36 % dalam peningkatan hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. 3) Pengaruh yang signifikan sikap mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan perolehan thitung = 3,962 dan Sig. 0,000 < 0,05. Variabel sikap mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 16,80 % dalam peningkatan hasil belajar mata kuliah Kewirausahaan..
Kata kunci: Motivasi Belajar, Sikap Mahasiswa, Prestasi Belajar.
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahman dan Indriani. 2008. Ekonomi Akuntansi, Membina Kompetensi Ekonomi. Jakarta : Grafindo.
Anton Dajan. 2001. Pengantar Metode Statistik Jilid I. Jakarta : LP3ES.
Anton Dajan. 2001. Pengantar Metode Statistik Jilid II. Jakarta : LP3ES.
Azwar , Saifuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Jakarta: Gema Pertama
Handoko. Hani. 2001. Manajemen. Yogyakarta : BPFE.
Iska, Zikri Neni. 2006. Psikologi Pengantar Pemahaman Diri Dan Lingkungan, Jakarta: Kizi Brother’s, Cet. I.
Masri Singarimbun, Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survai, Jakarta : Pustaka LP3ES, Cet. 3.
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 2005. Metode penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia
Poerwodaarminto,2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Richard Daft. 2006. Management. Jakarta : Salemba Empat.
S. Nasution. 2003. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara.
Satria Hadi. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : PT Gramedia.
Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.
Semuel, Hatane., Foedjiawati. 2007. Pengaruh Sikap, Persepsi Nilai dan Persepsi Peluang, Surabaya : Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2 No. 1 Hal 45
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Stoner. J. Manajemen. Jakarta. PT Gramedia. 2004
Suharsimi Arikunto. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsono. 2002. Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok : Inisiasi Press.
Sumadi, Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Sutrisno Hadi. 2000. Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset.
UU No. 20. 2003. 2003. Sisdiknas, Jakarta : Departemen Agama.
Winkel, WS. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i2.2684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 siti istianah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |