Pengembangan Media Game "Pluvio" Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Nadya Fasha Fitria(1*), Babang Robandi(2), Aprilia Eki Saputri(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains siswa tentang materi siklus air, serta keterbatasan media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media game Pluvio berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Metode Design and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) diterapkan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, ahli bahasa, praktisi pembelajaran, dan siswa kelas V sekolah dasar. Secara keseluruhan, media game Pluvio sangat layak digunakan dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Adapun ketercapaian aspek kompetensi sains pada hasil pretest sebesar 45%, mengalami peningkatan pada hasil posttest sebesar 82%. Tingkat efektivitas media game Pluvio melalui uji N-gain memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,66 yang berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media game Pluvio efektif dan sangat layak untuk digunakan sebagai media dalam meningkatkan literasi sains siswa pada aspek kompetensi sains mengenai materi siklus air.

Keywords


Media Game; Problem Based Learning; Literasi Sains; Siklus Air

References


Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1).

Amaludin. (2021). Model Pembelajaran Problem Base Learning Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Tangerang: Pascal Books.

Astuti, R., Sujana, A., & Hanifah, N. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Hubungan Makanan Dengan Kesehatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 261-270.

Fauzi, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fikih Berbasis Macromedia Flash Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Mts Riyadhul Jannah Parit Iv Bram Itam Raya. Jurnal Ar-Rahmah, 2(1), 51-66.

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal penelitian pendidikan, 8(1).

Handiyati, T., Qomariyah, S., & Kurniawan, J. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di MI Cimahi Peuntas Kabupaten Sukabumi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 86-105.

Islam, N. P., & Setiawan, A. M. (2023). URGENSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF SCRATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. Proceedings of Life and Applied Sciences, 1.

Jamilah, J. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI PERWANIDA BLITAR. Pemijar: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Pembelajaran, 1(1), 25-36.

Najib, M., Syawaluddin, A., & Raihan, S. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasis literasi sains untuk siswa SD. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(1), 1-13.

Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 205-211.

OECD. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework (Reading, Mathematics And Science). OECD Publishing, Paris.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Combined Executive Summaries Volume I, II & III). OECD Publishing, Paris.

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing, Paris.

OECD (2023). PISA 2022 Results: Factsheets Indonesia. OECD Publishing, Paris.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pratiwi, C. P., & Widyaningrum, H. K. (2022). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan menulis kelas IV. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 211-216.

Rahman, M. Y. A., Syaripudin, T., & Riyadi, A. R. (2022). Permainan Petualangan di Ivalice Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 35-40.

Rosada, M., Devina, M., Alfania, N., & Akhsan, H. (2024). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK BERBASIS KUIS BOOMBAZLE UNTUK MENDUKUNG PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 858-863.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

WEFUSA. (2015). Unlocking the Potential of The Smart Grid. AIP Conference Proceedings, 1702.

Widagdo, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Tai Pada Muatan Ips. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 182189.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198-206.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 1119.

Zalzabila, B. N., & Hasyim, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Solar System Scope untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Topik Bumi dan Tata surya. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 369-374.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i3.25711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nadya Fasha Fitria, Babang Robandi, Aprilia Eki Saputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.