Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMKN 22 Jakarta dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi SPLDV

Fachrurrozi Arief Setiawan(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita spldv beserta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan subjek, dipilih 3 dari 21 peserta didik kelas X OTKP yang dibagi menjadi 3 kategori kemampuan matematika yakni tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika tinggi meliputi kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan. Jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika sedang meliputi kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. Jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika rendah meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. Faktor penyebabnya meliputi tidak teliti dalam membaca soal, tidak mampu membuat kalinat matematika, dan tidak memahami konsep penyelesaian.


Keywords


Analisis kesalahan; Soal cerita; Sistem persamaan linier dua variabel.

Full Text:

Untitled

References


Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah

matematika siswa SMP negeri 4 sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika

realistik. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1-7.

Doi:10.31604/eksakta.v1i1.%25p

Faradila, S. N. (2019). Menilik kualitas pendidikan indonesia menurut PISA 3 periode terakhir.

Diakses pada 5 November 2020 melalui https://m.kumparan.com/kumparansains/menilik-

kualitas-pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir

Jumiati, Y. & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita

persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif, 3(1), 11-18. Doi:10.22460/jpmi.v3i1.p%25p

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis kesalahan peserta didik dalam

menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok di kelas VIII–F semester II SMP

negeri 2 jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2 (1), 22-31.

Rahmi, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier

dua variabel ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP negeri 9 mandau. (Skripsi). Jurusan

Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sabrina, A. (2021). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal cerita

sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas X SMK muhammadiyah suruh. (Skripsi).

Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga..

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV.

Nata Karya.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four

pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and

Behavioral Sciences, 8, 264-271.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam

menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Doi:10.30998/fjik.v5i3.2719




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i2.10971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fachrurrozi Arief Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.