Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMKN 22 Jakarta dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi SPLDV
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita spldv beserta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan subjek, dipilih 3 dari 21 peserta didik kelas X OTKP yang dibagi menjadi 3 kategori kemampuan matematika yakni tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika tinggi meliputi kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan. Jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika sedang meliputi kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. Jenis kesalahan peserta didik berkemampuan matematika rendah meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. Faktor penyebabnya meliputi tidak teliti dalam membaca soal, tidak mampu membuat kalinat matematika, dan tidak memahami konsep penyelesaian.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah
matematika siswa SMP negeri 4 sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika
realistik. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1-7.
Doi:10.31604/eksakta.v1i1.%25p
Faradila, S. N. (2019). Menilik kualitas pendidikan indonesia menurut PISA 3 periode terakhir.
Diakses pada 5 November 2020 melalui https://m.kumparan.com/kumparansains/menilik-
kualitas-pendidikan-indonesia-menurut-pisa-3-periode-terakhir
Jumiati, Y. & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif, 3(1), 11-18. Doi:10.22460/jpmi.v3i1.p%25p
Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis kesalahan peserta didik dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok di kelas VIII–F semester II SMP
negeri 2 jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2 (1), 22-31.
Rahmi, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier
dua variabel ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP negeri 9 mandau. (Skripsi). Jurusan
Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Sabrina, A. (2021). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal cerita
sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas X SMK muhammadiyah suruh. (Skripsi).
Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga..
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV.
Nata Karya.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four
pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and
Behavioral Sciences, 8, 264-271.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam
menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.
Doi:10.30998/fjik.v5i3.2719
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i2.10971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fachrurrozi Arief Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |