Gaya Bicara dan Penggunaan Alat Retoris Caleg Perempuan pada Reels Instagram 2024

Jauza Zulfa Nafia(1*), Hindun Hindun(2), Sarah Sabrina(3), Astri Juliarahma Pangesti(4)

(1) 
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(4) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berfokus pada gaya bicara dan alat retoris caleg perempuan pada reels instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gaya bicara dan penggunaan alat retoris yang digunakan oleh caleg perempuan di akun instagramnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan retorika. Data berasal dari reels akun instagram caleg perempuan, Atalia Praratya dengan username @ataliapr. Peneliti mengambil 5 data reels dari akun tersebut yang diupload pada saat kampanye, yang kemudian data diolah berdasarkan video yang ada ditranskripsikan terlebih dahulu kemudian dianalisis sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Hasil penelitiannya ditemukan adanya penggunaan gaya bahasa dan gaya bicara caleg perempuan untuk meyakinkan masyarakat.

Keywords


Retorika, Gaya Bicara, Alat Retoris, Atalia Praratya

Full Text:

PDF

References


Aristoteles. (2018). Retorika. Yogyakarta: Basabasi.

Aritonang, A. I. (2018). Gaya Retorika Pasangan Kandidat Cagub & Cawagub DKI Dalam Acara Debat Politik. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 7(2), 154-186.

Fathurrijal, F. (2019). Analisis Penerapan Prinsip Retorika di Panggung Debat Antar Calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 29-46.

Jelantik, S. K. (2020). Retorika Politik Calon Legislatif Hindu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mataram dalam Pemilihan Umum 2014. Media Bina Ilmiah, 14(8), 2981-2990.

Jhoshella, P. (2018). Gaya Komunikasi Jokowi Dalam Program Kartu Indonesia Pintar. In National Conference of Creative Industry.

Marta, I. N. (2010). Retorika dan penggunaannya dalam berbagai bidang. Prasi, 6(12).

Pamungkas, A. (2022). Pemasaran Retorika Politik dalam Iklan Baliho Tokoh Politik Indonesia. Kalijaga Journal of Communication, 4(2), 133-154.

Saputra, R. A V. W. (2024). Retorika: Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Saputra, R. A V. W. (2024). Retorika: Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Sembodo, A. P., Faisal, T., Swarnawati, A., Riandi, R. N., & El Hassan, I. N. (2022). Gaya Komunikasi Nadiem Makarim. Communication, 13(1), 55-69.

Syarif, I. A., Utomo, E., & Prihartanto, E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 225-232.

Tarigan, G. H. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Ulfiyah, M., Saripah, S., & Syarifudin, E. (2023). Komunikasi Formal dan Informal Dalam Jaringan Komunikasi. Journal on Education, 6(1), 6619-6628.

Utami, W. S., & Diana, J. (2023). Gaya Bahasa Hiperbola dalam Buku About Love Karya Tere Liye. Journal of Education Research, 4(2), 563-569.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i1.24505

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jauza Zulfa Nafia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.