Agresivitas Perempuan dalam Cerita Rakyat Jawa terhadap Laki-Laki: Kajian Maskulinitas-Feminitas
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2024). Masculinities to trans-femininities: Evidence through the “Girl” film. Masculinidades y cambio social, 13(1), 63-82.
Amri, T. Z. (2024). Konflik sosial tokoh utama pada naskah drama Sandek, Pemuda Pekerja karya Arifin C. Noer. Deiksis, 16(1), 117-129.
Angelianawati, D. (2020). Kekerasan Simbolik terhadap Karakter Homoseksual dalam Novel Lelaki Terindah karangan Andrei Aksana. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 9(1), 58-72.
Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1).
Arifin, I., Yudani, A. P., & Aziza, F. M. (2022). Patriarki sebagai Pemicu Kekerasan pada Wanita salam Rumah Tangga Menurut Perspektif Al-Quran dan Kemasyarakatan. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), 18-31.
Damayanti, E., Sudikan, S. Y., & Rengganis, R. (2024). Belenggu Patriarki Dalam Karya-Karya Oka Rusmini: Kajian Feminisme Radikal Kate Millet. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 278-297.
Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta Grafitipers.
Dancy, J. (2017). 4 NON-NATURALISME. Handbook Teori Etika Oxford, 149.
Effendy. (2017). Peran kepemimpinan kepala madrasah: studi tentang kedisiplinan guru di Mts Negeri 1 Lampung Utara. Repository UIN Raden Intan Lampung. 1–23.
Ezegwu, C., & Cin, F. M. (2022). Postcolonial masculinity and access to basic education in Nigeria. International Journal of Educational Research, 115(102052).
Glorymarch, R. R., Hadi, P. K., & Furinawati, Y. (2017). Posisi Perempuan dalam Prostitusi Lesbi pada Novel Perempuan Karya Maman Suherman dalam Perspektif Feminisme. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 98-107.
Gusal, L. O. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. 15(3). 1-1.
Gusnetti, S., & Isnanda, R. (2015). Struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1. i2, 183, 192.
Herawati, Y. (2019). Cerita Rakyat” Aji Batara Agung Dewa Sakti” dan” Putri Karang Melenu” dari Kutai Kartanegara (Kajian Motif Indeks Thompson). JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 8(1), 48-66.
Intan, T. (2021). Stereotip Gender dan Wacana Maskulinitas dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 71-88.
Julian, F. (2023). Representasi Nilai-Nilai Budaya Suku Bugis Terkait Konsep Maskulinitas di Film “Tarung Sarung”(2020) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39-43.
Marlina, M., Supriadi, D., Khomisah, K., & Karman, K. (2022). Belenggu Patriarki dalam Novel Perempuan-Perempuan Harem Karya Fatima Mernissi. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(1), 24-40.
Mohajan, H. K. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu-ilmu sosial dan mata pelajaran terkait. Jurnal Pembangunan Ekonomi, Lingkungan dan Manusia, 7(1), 23-48.
Musyarrof, A., Fitriani, I., & Fauziyah, S. (2023). Cerita Rakyat “Dewi Rengganis”: Kajian Feminis. Jurnal Tradisi Lisan Nusantara, 3(2), 69-84.
Owen, C., & Riley, S. (2020). Keberagaman tari di YouTube: Bagaimana budaya partisipatif mendorong maskulinitas inklusif. Buku pegangan Palgrave tentang maskulinitas dan olahraga , 261-282.
Puigvert L., Gelsthorpe L., Soler-Gallart M., Flecha R. (2019). Persepsi anak perempuan terhadap anak laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku kekerasan, serta ketertarikan seksual. Komunitas Palgrave. 5:56. https://doi.org/10.1057/s41599-019-0262-5.
Qomariyah, F., Rokhmansyah, A., & Purwanti, P. (2023). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Paser Putri Petung di Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Jurnal Sastra Indonesia, 12(1), 81-88.
Qur'ani, H. B. (2021). Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Rakyat Jawa Timur. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 10(2), 176-187.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153.
Rifai, A., Ahmadi, A., & Rengganis, R. (2022). Laki-laki Madura dalam Kumpulan Esai Madura Niskala Karya Royyan Julian Studi: Maskulinitas. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Rios-Gonzalez, O., Torres, A., Aiello, E. Dkk. (2024). Tidak semua laki-laki: perdebatan di jejaring sosial tentang maskulinitas dan persetujuan. Humanit Soc Sci Commun 11, 67 https://doi.org/10.1057/s41599-023-02569-y.
Salam-Salmaoui, R., & Salam, S. (2024). The ‘Mascara Boys’: Performance, Subversion, and the New Pakistani Masculinity. Gender Issues, 41(1), 3.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, T. (2021). Cerita Rakyat Berbasis Potensi Lokal untuk Adaptasi Sosial Anak Generasi Alfa di Kabupaten Kudus. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa, 9(2), 240-248.
Syahputra, D., Bangun, M., & Handayani, S. (2023). Budaya Patriarki Dan Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Desa Bontoraja, Kabupaten Bulukumba. Jurnal Berkelanjutan Kajian Mutu Pendidikan, 6 (2), 608-616.
Syarifah, S., Syifanaya, R., Fahira, DA, & Mulyaningsih, I. (2023). Mantra Pengasih Mandi Ular Cintamani: Kajian Struktural, Fungsi, dan Implementasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tradisi Lisan Nusantara , 3 (2), 113-124.
Taum, Y. Y. (2011). Studi sastra lisan : Sejarah, Teori, Metode dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Lamalera.
Ulya, R. (2021). Literasi Sastra Cerita Rakyat Sendang Jodo Kabupaten Kudus Untuk Anak Sekolah Dasar. Magister Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 3(2): https://doi.org/10.25077/majis.3.2.58.2021.
Umniyyah, Z. (2021). Kekerasan berbasis gender: Belenggu patriarki terhadap perempuan dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini. Journal of Feminism and Gender Studies, 1(1), 22-29.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i1.23376
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Robiatun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |