Agresivitas Perempuan dalam Cerita Rakyat Jawa terhadap Laki-Laki: Kajian Maskulinitas-Feminitas
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Ahmadi, A. (2024). Masculinities to trans-femininities: Evidence through the “Girl” Film. Masculinities & Social Change, 13(1), 63–82. https://doi.org/10.17583/mcs.11837.
Angelianawati, Desca. (2020). Kekerasan Simbolik Terhadap Karakter Homoseksual dalam Novel Lelaki Terindah karangan Andrei Aksana. Jurnal Kajian Sastra. Vol 9 No 1. https://doi.org/10.26499/jentera.v9i1.1740.
Amri, T. Z. (2024). Konflik Sosial Tokoh Utama pada Naskah Drama Sandek, Pemuda Pekerja Karya Arifin C. Noer. Deiksis, 16(1), 117-129.
Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1).
Arifin, Imamul., Yudani, AlicianP.,dkk. (2022). Patriarki Sebagai Pemicu Kekerasan Pada Wanita Dalam Rumah Tangga Menurut Perspektif Al-Qur’an Dan Kemasyarakatan. ISTIGHNA : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Vol 5 (1), 18-31. Https://Doi.Org/10.33853/Istighna.V5i1.213.
Chidi Ezegwu, F.Melis Cin. (2022). Maskulinitas pascakolonial dan akses terhadap pendidikan dasar di Nigeri. Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan. Jilid 115, 102052. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102052.
Damayanti, E., Sudikan, S. Y., & Rengganis, R. (2024). BELENGGU PATRIARKI DALAM KARYA-KARYA OKA RUSMINI: KAJIAN FEMINISME RADIKAL KATE MILLET. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 278-297.
Dancy, J. (2017). 4 NON-NATURALISME. Handbook Teori Etika Oxford, 149.
Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta Grafitipers.
Effendy. (2017). Peran kepemimpinan kepala madrasah: studi tentang kedisiplinan guru di Mts Negeri 1 Lampung Utara. Repository UIN Raden Intan Lampung. 1–23.
Esma, Junaini., Agustina, Emi.,Dkk. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1 (1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202.
Glorymarch, R. R., Hadi, P. K., & Furinawati, Y. (2017). Posisi Perempuan Dalam Prostitusi Lesbi Pada Novel Perempuan Karya Maman Suherman Dalam Perspektif Feminisme. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 98-107.
Gusal, L. O. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika. 15(3). 1-1.
Gusnetti, Syofiani, dan R. I. (2018). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2), 183–192. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238.
Herawati, Yudianti. (2019). Cerita Rakyat ”Aji Batara Agung Dewa Sakti” Dan ”Putri Karang Melenu” Dari Kutai Kartanegara (Kajian Motif Indeks Thompson). Jurnal Kajian Sastra. Vol 8 No 1. https://doi.org/10.26499/jentera.v8i1.928.
Intan, Tania. (2021). Stereotip Gender dan Wacana Maskulinitas dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Vol 16 No 1 Juni 2021. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i1.4058.
Marlina., Supriadi,Dedi., dkk. (2022). Belenggu Patriarki Dalam Novel Perempuan-Perempuan Harem Karya Fatima Mernissi.Az-Zahra. Jurnal Kajian Gender Dan Keluarga. Vol 3, No 1 1-2. https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i1.14265.
Mohajan, H.(2018): Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial dan Mata Pelajaran Terkait. Jurnal Pembangunan Ekonomi, Lingkungan dan Manusia. Jilid. 7 No.1 (31 Maret 2018): hlm.23-48.
Musyarrof, A., Fitriani, I., & Fauziyah, S. (2023). CERITA RAKYAT “DEWI RENGGANIS”: KAJIAN FEMINIS. Jurnal Tradisi Lisan Nusantara, 3(2), 69-84.
Owen, C., & Riley, S. (2020). Keberagaman tari di YouTube: Bagaimana budaya partisipatif mendorong maskulinitas inklusif. Buku pegangan Palgrave tentang maskulinitas dan olahraga , 261-282.
Puigvert L., Gelsthorpe L., Soler-Gallart M., Flecha R. (2019). Persepsi anak perempuan terhadap anak laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku kekerasan, serta ketertarikan seksual. Komunitas Palgrave. 5 :56. https://doi.org/10.1057/s41599-019-0262-5.
Qomariah, Fitri., Rokhmansyah, Alfian.,Dkk. (2023). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Paser Putri Petung di Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Jurnal Sastra Indonesia (1), 81-88. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i1.56461.
Qur’ani, Budi Hidayah. (2021). Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Rakyat Jawa Timur. Jurnal Kajian Sastra. Vol 10 No 22 https://doi.org/10.26499/jentera.v10i2.1468.
Ramdhani, Sandy., Yuliastri, Nur Adiyah,.Dkk. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal OBSESI : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jilid 3 No 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.
Rifa’i, Ahmad., Ahmadi, A., Dkk. (2022). Laki-laki Madura dalam Kumpulan Esai Madura Niskala Karya Royyan Julian Studi: Maskulinitas. Jurnal Ilmiah Mandala Pendidikan. Vol 8 No 3. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3542.
Rios-Gonzalez, O., Torres, A., Aiello, E. Dkk. (2024). Tidak semua laki-laki: perdebatan di jejaring sosial tentang maskulinitas dan persetujuan. Humanit Soc Sci Commun 11, 67 https://doi.org/10.1057/s41599-023-02569-y.
Salam, Salmaoui, R., Salam, S. (2024). The ‘Mascara Boys’: Kinerja, Subversi, dan Maskulinitas Pakistan Baru. Gen. Edisi 41, 3. https://doi.org/10.1007/s12147-024-09320-0.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supriyanto, Teguh.,Suryaningsih., Dkk (2022). Cerita Rakyat Berbasis Potensi Lokal untuk Adaptasi Sosial Anak Generasi Alfa di Kabupaten Kudus. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa. Vol 9 No 2. (2021). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sutasoma.
Syahputra, D., Bangun, M., & Handayani, S. (2023). Budaya Patriarki Dan Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Desa Bontoraja, Kabupaten Bulukumba. Jurnal Berkelanjutan Kajian Mutu Pendidikan, 6 (2), 608-616. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4028.
Syarifah, S., Syifanaya, R., Fahira, DA, & Mulyaningsih, I. (2023). Mantra Pengasih Mandi Ular Cintamani: Kajian Struktural, Fungsi, Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tradisi Lisan Nusantara , 3 (2), 113-124.
Taum, Y. Y. (2011). Studi sastra lisan : Sejarah, Teori, Metode dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Lamalera.
Ulya, Rifatul. (2021). Literasi Sastra Cerita Rakyat Sendang Jodo Kabupaten Kudus Untuk Anak Sekolah Dasar. Magister Andalusia : Jurnal Ilmu Sastra. Vol 3 No 2. https://doi.org/10.25077/majis.3.2.58.2021.
Umniyyah, Zahratul. (2024). Kekerasan Berbasis Gender : Belenggu Patriarki Terhadap Perempuan Dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini. Jurnal Kajian Feminisme dan Gender. Vol 1 No 1. https://doi.org/10.19184/fgs.v1i1.22323.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan , 2 (2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i1.23376
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Robiatun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |