Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Ulfa Iqoh(1*), Achi Rinaldi(2), Rizki Wahyu Yunian Putra(3)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi peserta didik pada mata pelajaran matematika masih relatif rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran WEE ditinjau dari Curiosity terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova (Analysis of Variance) dua arah sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran WEE ditinjau dari Curiosity terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Keywords


WEE; Curiosity; Ability; Mathematical Concepts;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Damayanti, I., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Probing-Promting Learning Berbantuan Bahan Ajar Desain Didaktis: Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 46–53.

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843

Husni, M. A. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi dan Curiosity. PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 11–21.

Indonesia, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: BP Panca Usaha. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Insani, S. U. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas X MIA 2 MAN Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 1161–1171.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898

Kurniati, A., Jannah, N., & Fitraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 51–62. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/777

Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya. Konstruktivisme, 10(1), 113–129.

Mardhiyana, D. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177.

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17.

Novesar, M. R. (2020). Students Emotional Intelligence as Catalisator for Academic Achievement. Management Sustainable Development Journal, 2(2), 53–68. https://doi.org/10.46229/msdj.v2i2.188

Nugroho, H. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 213. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.620

Nurkamilah, M. (2017). Upaya Meningkatkan Keingintahuan Matematis Siswa Menggunakan Guided Discovery Learning Setting Kolaboratif. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 51–63.

Rinaldi, A., Novalia, S. P., & Syazali, M. (2021). Statistika Inferensial untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan. PT Penerbit IPB Press.

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 245. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405

Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111.

Suharni. (2020). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 13 Tegal. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Sumarli, Kusumawati, I., & Yanto, T. (2021). Pengaruh Model Generative Learning (GL) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika. Variabel, 4(1), 9–14.

Syazali, M., Iqoh, U., Mufty, V. F., & Rahmawati, Y. (2021). Auditory intellectually repetition learning model and trade a problem learning model on row and series algebraic material: The influences on numerical skills. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012104

Tama, A. M., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2018). Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 91. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2041

Wahyuni, T., Anggoro, B. S., & Komarudin. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model WEE Dengan Strategi QSH Ditinjau Dari Self Regulation. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ulfa Iqoh, Achi Rinaldi, Rizki Wahyu Yunian Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter