Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anita, I.W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3 (1): 125–132.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ashcraft, M.H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Directions in Psychological Science, 11, 181-185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basuki, K.H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Ego, I. D. & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Kebiasaan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 197-202. Retrieved from: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715
Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, W., & Rochmahwati, P. (2020). Metode Permainan Dengan Papan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 201-215. Retrieved from: http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/18
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22-32. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 45–56. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1894
Kartiwi, D.P. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Bakat Numerik dan Kecemasan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–11.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.
Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). PENGARUH BERPIKIR KREATIF DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312
Marliani, N., & Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Kecemasan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 136-150. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i1.899
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.592
Priyani, Y. (2013). Hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Solikah, M. (2012). Pengaruh Kecemasan Siswa pada Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Journal UNESA, 1(1), 1–8.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trujillo, K.M. & Hadfield, O.D. (1999). Tracing the Roots of Mathematics Anxiety through In-depth Interviews with Preservice Elementary Teachers. College Student Journal, 33(2), 219-232. Retrieved from: https://www.semanticscholar.org/paper/TRACING-THE-ROOTS-OF-MATHEMATICS-ANXIETY-THROUGH-Trujillo-Hadfield/2944ec25f8c597306caf341bdc7f3be274d1a0eb#citing-papers
Turmudi. (2008). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuseur Cipta Pustaka.
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Yanti, D., & Yunita, H. (2020). Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam melakukan Pembuktian Matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 68–79. Retrieved from: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/915/480
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fajri Elang Giriansyah, Heni Pujiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530