Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Fajri Elang Giriansyah(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika, 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) mengetahui pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara bersamaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey dan pendekatan korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa SMP yang dipilih menggunakan simple random sampling. Uji statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika sebesar 63,90%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 65,70%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama sebesar 77,60%.

Keywords


Mathematics Anxiety; Learning Motivation; Mathematics Learning Achievement;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anita, I.W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3 (1): 125–132.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ashcraft, M.H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Directions in Psychological Science, 11, 181-185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, K.H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325

Ego, I. D. & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Kebiasaan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 197-202. Retrieved from: http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, W., & Rochmahwati, P. (2020). Metode Permainan Dengan Papan Angka Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 201-215. Retrieved from: http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/18

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22-32. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 45–56. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1894

Kartiwi, D.P. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Bakat Numerik dan Kecemasan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–11.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). PENGARUH BERPIKIR KREATIF DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312

Marliani, N., & Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Metode Belajar dan Kecemasan Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 136-150. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i1.899

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.592

Priyani, Y. (2013). Hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Solikah, M. (2012). Pengaruh Kecemasan Siswa pada Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Journal UNESA, 1(1), 1–8.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trujillo, K.M. & Hadfield, O.D. (1999). Tracing the Roots of Mathematics Anxiety through In-depth Interviews with Preservice Elementary Teachers. College Student Journal, 33(2), 219-232. Retrieved from: https://www.semanticscholar.org/paper/TRACING-THE-ROOTS-OF-MATHEMATICS-ANXIETY-THROUGH-Trujillo-Hadfield/2944ec25f8c597306caf341bdc7f3be274d1a0eb#citing-papers

Turmudi. (2008). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuseur Cipta Pustaka.

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Yanti, D., & Yunita, H. (2020). Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam melakukan Pembuktian Matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 68–79. Retrieved from: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/915/480




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajri Elang Giriansyah, Heni Pujiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter