Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy
(1) Pascasarjana Universitas Lampung
(2) Pascasarjana Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan Computer Self-Efficacy. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan Correlational Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes pemecahan masalah, tes pemahaman konsep, dan angket Computer Self-Efficacy. Teknik sampling penelitian ini yaitu probability sampling. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan Computer Self-Efficacy, terdapat hubungan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kemampuan Computer Self-Efficacy, dan terdapat hubungan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis dengan Computer Self-Efficacy peserta didik. Besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan Computer Self-Efficacy yaitu sebesar 55,6%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 900–913. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.330
Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p91-98
Amalia, R., Zaki, M., & Agustin, T. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Dimensi Matematika, 3(01), 172–181. https://doi.org/10.33059/jdm.v3i01.2454
Anggalia, F., Bharata, H., & Rosidin, U. (2020). Developing PBL to improve mathematical problem solving and self efficacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v3i1.129
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. http://eprints.umg.ac.id/3241/
Arahman, E. (2020). The Effect of Online Learning Using Zoom on Undergraduate Students’ Ability to Understand Mathematical Concepts. (IJLI) International Journal of Learning and Instruction, 2(2), 72–78. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/IJLI/article/view/43371
Arifin, S., & Aprisal. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98.
Bunyamin, M., & Sauda, S. (2019). Pengaruh Dimensi Computer Self Efficacy (CSE) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bina Komputer, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33557/binakomputer.v1i2.453
Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (2 ed.). Pustaka Pelajar.
Diana, N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2021). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 38–47.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Febriantika, A. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian. AlphaMath, 5(2), 1–8.
Habibi, Triyana, I. W., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 99–110.
Hulaikah, M., Degeng, I. N. S., Sulton, & Murwani, F. D. (2020). The effect of experiential learning and adversity quotient on problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13156a
Inayatusufi, C., Hakim, L. El, & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 28–37.
Indah, L., Rahmadhani, P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 289–297.
Novalia, & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Anugrah Utama Raharja (AURA).
Novindra, N. P. B., & Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacy Pada Minat Penggunaan E-Spt. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1116–1143.
Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T., & Meiliasari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13–20.
Prasadi, A. H., Wiyanto, W., & Suharini, E. (2020). The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Primary Education, 9(3), 227–237. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37712
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati. (2020). Pengembangan LKPD pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 846–856.
Selfia, R., Jazuli, L. O. A., & Samparadja, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 135–148.
Setiani, A., & Lukman, H. S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135.
Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ mathematical problem-solving ability based on teaching models intervention and cognitive style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222
Sukaesih, E. S., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310–320.
Sundary, P., Jatmiko, A., & Widyastuti, R. (2020). Metaphorical Thinking Approach With Google Classroom: Its Effect Towards Students’ Understanding Of Mathematical Concept Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 37–47.
Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2018). Effect of media scaffolding on increasing understanding of students’ geometry concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102.
Wahyu, M. N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2020). Pembelajaran Soft Skill Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 406–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.228
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020).
Pengaruh Model CORE dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979
Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath, 6(1), 1–13.
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N.,
Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 22–33.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Hubungan Konsep Matematis terhadap Kemampuan Komputer Self-Efficacy
- Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Hubungan Konsep Matematis terhadap Kemampuan Komputer Self-Efficacy
- Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Hubungan Konsep Matematis terhadap Kemampuan Komputer Self-Efficacy
Copyright (c) 2021 Ahmad Safi'i, Haninda Bharata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530